4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

  • 28/02/2020
  •  4,150 views

4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu cara membedakan knalpot yoshimura asli dan palsu - 4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

Yoshimura adalah brand knalpot ternama asal Jepang yang sangat populer di kalang pecinta motor, baik yang berkapasitas rendah seperti Honda Monkey maupun rider sportbike 1000 cc. Kualitas knalpot Yoshimura sudah dikenal luas dan telah membawa tim-tim balap memenangkan berbagai kejuaraan dunia. Untuk memenuhi keinginan pasar yang terus meningkat, Yoshimura yang awalnya hanya mempunyai pabrik di Jepang dan Amerika Serikat memutuskan untuk mendirikan pabrik di Thailand untuk menjawab kebutuhan para pecinta motor di Asia, khususnya Asia Tenggara, dan hadir dalam brand Yoshimura Asia.

Seiring dengan meningkatnya permintaan, semakin besar pula celah bagi oknum nakal untuk mencari keuntungan dengan memalsukan knalpot Yoshimura dan menjualnya dengan harga yang sama atau lebih murah. Pemalsuan produk, selain melanggar undang-undang juga memiliki implikasi yang melibatkan keselamatan pengguna. Produk palsu tidak dibuat mengikuti regulasi atau SOP apapun sehingga kerusakan tidak bisa diprediksi dan bisa membahayakan nyawa.

Agar tidak tertipu, ada empat aspek yang wajib Anda cek saat memilih knalpot Yoshimura untuk menjamin keasliannya.

[Baca Juga]
Yoshimura Asia Kini Hadir di Webike Indonesia

1. Batch Code

Batch Code Knalpot Yoshimura Original batch code knalpot yoshimura - 4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

Hal pertama yang harus kamu cek pada knalpot Yoshimura adalah micro batch kode atau kode produksi yang terletak pada bagian knalpot yang pipih. Kode ini terdiri atas huruf dan angka unik penanda keaslian produk dari manufaktur. Batch code memiliki ukuran yang sangat kecil dan diukir menggunakan laser sehingga tidak bisa dipalsukan. Knalpot Yoshimura palsu tidak akan memiliki kode ini, ataupun jika ada, wujudnya tidak meyakinkan dan kodenya tidak akan sesuai dengan kode asli yang dibuat Yoshimura.

2. Plat Logo “ヨシムラYOSHIMURA”

Plat Logo Knalpot Yoshimura Original plat logo original yoshimura - 4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

Plat logo yang menjadi ciri khas Yoshimura juga menjadi penanda keaslian produk. Huruf yang tercetak di atas plat logo harus memiliki garis tegas yang mengelilingi tiap huruf. Kemudian, huruf yang tercetak harus memiliki kesan timbul. Sebaliknya, logo yang tercetak di atas knalpot palsu tidak memiliki garis di sekeliling huruf sehingga kesannya polos. Selain itu, logo palsu hanya berupa tempelan biasa dan tidak memiliki kesan timbul.

3. Mur Rivet Spesial Khas Yoshimura

Mur Rivet Khusus Knalpot Yoshimura Original mur rivet yoshimura - 4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

Knalpot Yoshimura menggunakan mur rivet khusus berbahan stainless steel yang amat ringan. Tampilan mur rivet knalpot Yoshimura juga unik karena memiliki permukaan yang dikelilingi oleh cekungan. Sementara itu, knalpot Yoshimura palsu menggunakan mur rivet bulat biasa dengan permukaan yang mulus.

4. Bekas Las

Tiap knalpot original Yoshimura memiliki bekas pengelasan yang dilakukan oleh profesional. Bekas las pada knalpot asli akan terlihat minimalis, rapi, halus, dan memiliki pola. Sementara itu, bekas las yang ada di knalpot Yoshimura palsu akan terlihat berantakan, kasar, dan bergelombang dengan pola besar-besar yang tidak bisa ditebak.

Ciri Knalpot Yoshimura Asli dan Palsu ciri knalpot asli dan palsu yoshimura - 4 Cara Membedakan Knalpot Yoshimura Original dan Palsu

Jadi, ketika Anda akan membeli knalpot Yoshimura maupun Yoshimura Asia, cek dengan jeli terlebih dahulu kondisi batch code, plat logo, mur rivet, dan bekas pengelasan. Jika Anda menemukan bagian yang sekiranya tidak meyakinkan, Anda bisa melanjutkan pencarian Anda.

Saat ini knalpot Yoshimura bisa didapatkan di mana-mana, terlebih toko online yang biasanya memasang harga lebih rendah daripada di toko. Ketika berbelanja melalui toko online, kekurangannya adalah Anda tidak bisa melihat langsung barang dan ini adalah lahan empuk bagi para penipu. Namun jangan khawatir, Webike Indonesia hadir sebagai jawaban atas keraguan Anda karena seluruh produk yang ditawarkan 100% diimpor langsung dari manufaktur. Yuk jadi pembeli yang bijak!

[Webike Shopping]
Beli Knalpot Yoshimura Asia

Related post

Return Top