JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

5 Alasan Brembo Jadi Pilihan Brand-Brand Motor Terbaik di Dunia

20181130_a_featured

Dari Aprilia hingga Suzuki, Ducati hingga Harley-Davidson, KTM hingga Triumph, MV Agusta hingga BMW Motorrad, semuanya menggunakan lebih dari satu komponen rem Brembo.

Bagi kebanyakan orang, Brembo merupakan brand yang identik dengan dunia balap. Brand ini telah mendominasi sistem pengereman motor-motor balap di berbagai ajang balap dunia selama bertahun-tahun, di antaranya MotoGP dan Superbike World Championship.

Meski demikian, pihak Brembo sendiri menyatakan bahwa akan menjadi kepuasan tersendiri bila teknologi dan inovasi produk-produk Brembo tidak hanya digunakan pada motor-motor balap namun juga digunakan pada motor-motor yang biasa digunakan di jalan umum untuk aktivitas sehari-hari.

[Baca Juga]
Ini Dia Daftar Honda Big Bike Terbaru 2020. Berapa Harga Motor & Sparepart Modifikasinya?

Itu sebabnya Brembo menawarkan berbagai suku cadang sistem pengereman untuk berbagai jenis motor, mulai dari motor buatan Eropa, Amerika, hingga Jepang.

Inovasi teknologi yang dikembangkan dan diterapkan dalam kejuaraan balap motor terbesar di dunia secara konstan dituangkan ke dalam produk-produk Brembo yang terpasang di jutaan motor di dunia.

Nah, berikut ini adalah alasan mengapa teknologi dan kiprah brand asal Italia ini membuatnya menjadi brand suku cadang rem yang paling disukai di dunia baik oleh pengendara maupun produsen motor.

1. BERMULA DARI ALUMINIUM

Semuanya berawal dari aluminium, bahan yang bersifat ringan dan kuat.

Brembo merupakan salah satu produsen suku cadang rem di dunia yang telah memproduksi kaliper rem (untuk mobil dan motor) berbahan aluminium.

Sejak 1972, saat sistem rem cakram motor belum sepopuler sekarang, Brembo telah menjadi salah satu produsen yang pertama kali membuat sistem rem cakram dengan kaliper rem aluminiumnya yang inovatif. Sistem rem ini pertama kali diadopsi oleh Moto Guzzi dan kemudian diikuti oleh Laverda dan Ducati.

Saat itu, Italia merupakan produsen motor utama di wilayah Eropa, dan dalam beberapa tahun, Brembo telah memiliki pencapaian yang luar biasa meskipun dibutuhkan upaya yang luar biasa baik dari segi teknis maupun produksi.

pinza-2-pistoni-classe-500-1980

Sejak saat itu kaliper rem aluminium Brembo banyak digunakan baik di ajang balap maupun di jalan umum. Kaliper rem Brembo pun diproduksi dalam berbagai ukuran, jumlah piston, jenis finishing permukaan, warna, dan desain.

Singkatnya, produk-produk Brembo telah banyak mengalami evolusi tanpa perubahan pada bahan inti yakni aluminium. Penggunaan aluminium memungkinkan terciptanya produk yang bersifat ringan dan kuat tanpa perlu mengorbankan aspek keindahan di bagian finishing permukaan. Semakin ringan bahan yang digunakan, maka akan semakin baik pula performa rem dan akselerasi yang dihasilkan. Motor menjadi lebih lincah saat mengubah arah dan konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih hemat karenanya.

Mayoritas pengendara motor mengetahui hal ini. Perubahan pada benda sekecil ini mungkin kedengarannya tidak terlalu berarti, namun perlu diingat bahwa kaliper adalah benda dengan bobot unsprung. Artinya, penambahan sekian ratus gram saja pada kaliper dapat meningkatkan jarak pengereman, mengurangi percepatan dan membuat perubahan arah menjadi kurang mulus.

[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mudah Beli Sparepart Motor Gede Original Terlengkap?

2. ASAL-USUL INOVASI

Salah satu keunggulan Brembo di bidang motor adalah kemampuannya untuk mengembangkan inovasi yang patut ditiru (yang kadang sangat futuristik sehingga tidak sepenuhnya dipahami), yang secara harfiah mampu merevolusi sistem pengereman untuk sepeda motor.

Brembo merupakan perusahaan pertama yang menciptakan kaliper rem yang dapat dipasang secara aksial, perusahaan pertama yang menciptakan kaliper aluminium yang dibuat melalui proses machining sebagai pengganti proses casting, dan perusahaan pertama yang menciptakan kaliper monoblok dan merancang master cylinder rem radial.

Di akhir tahun 80an, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi teknisi produk dan teknisi proses untuk dapat menciptakan kaliper yang dapat digunakan di ajang balapan.

Berkat dorongan untuk terus berinovasi dan mencari tantangan baru, Brembo menjadi perusahaan pertama yang menciptakan kaliper rem berbahan padat melalui proses machining.

[Baca Juga]
5 Alasan belanja sparepart & aksesoris motor online, lebih murah dan menguntungkan. Kamu harus tahu!

racing-old

Setelah melewati serangkaian proses penyempurnaan yang melelahkan, pada tahun 1983, Brembo akhirnya berhasil menciptakan kaliper 2P berbahan solid pertama yang dibuat melalui proses machining untuk Formula 1. Empat tahun kemudian tepatnya di tahun 1987, Brembo juga berhasil membuat kaliper sejenis untuk kendaraan roda dua berkapasitas 500cc.

Saat ini, proses machining masih digunakan dalam pembuatan kaliper Brembo, baik dalam pembuatan kaliper 2P maupun monoblok.

Tujuannya agar teknologi yang digunakan dalam pembuatan suku cadang rem untuk MotoGP dapat dinikmati oleh seluruh pengendara motor secara umum. Sebaliknya, kaliper monoblok Brembo mewakili tingkat kinerja tertinggi yang dapat dicapai oleh kaliper motor.

Setelah kaliper monoblok pertama diperkenalkan di ajang Formula 1 pada tahun 1988, Brembo sekali lagi memperkenalkan kaliper rem monoblok motor pertama menjelang akhir tahun 1992.

processo-pinza-moto-monoblocco-1

Kaliper monoblok Brembo pertama kali dipasang di motor Honda milik Mick Doohan dan Darril Beattie dan motor Cagiva milik Doug Chandler untuk melintasi Eastern Creek, Australia pada tanggal 28 Maret 1993.

Berkat inovasi yang luar biasa ini, Brembo kembali menjadi produsen pelopor untuk kaliper monoblok. Setelah berhasil merevolusi sistem rem mobil, Brembo juga berhasil merevolusi sistem rem motor. Selanjutnya, Brembo mulai berencana kembali menciptakan kaliper radial di awal tahun 90an.

Setiap gagasan revolusioner yang ditakdirkan mengubah cara berpikir tradisional selalu dipenuhi dengan kesulitan, keraguan, dan kegagalan kecil. Butuh beberapa tahun bagi Brembo untuk meyakinkan pelanggannya mengenai kualitas produk yang kini diadopsi di seluruh motor berkapasitas besar.

processo-pinza-moto-monoblocco-2

Sama seperti sebelumnya, Brembo berperan penting dalam memperkenalkan apa yang saat ini kita kenal sebagai master cylinder rem radial. Produk yang ditawarkan Brembo ini mampu mengurangi massa dan meningkatkan ergonomi pengendara serta membuat pengoperasian tuas menjadi lebih efektif.

Sejarah master cylinder rem radial dimulai pada 1985 ketika Brembo mengajukan paten pertama untuk merevolusi sistem pengereman.

Brembo 19 RCS adalah master cylinder rem pertama dengan rasio variabel yang pertama kali diperkenalkan. Produk tersebut baru-baru ini diperbaharui menjadi Corsa Corta dan merupakan master cylinder pertama yang memungkinkan penyesuaian putaran tuas.

processo-pinza-moto-monoblocco-3

3. RISET BERLANJUT

Brembo terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang futuristik.

Dorongan untuk terus berinovasi dan hasil luar biasa yang dicapai tidaklah muncul secara kebetulan atau karena keberuntungan.

Hal-hal tersebut muncul karena sikap, dedikasi, dan semangat yang setiap hari mendorong para personel Brembo untuk menantang batas, mengeksplorasi berbagai kemungkinan, dan menemukan solusi yang tak pernah terpikirkan oleh siapa pun.

Brembo memiliki rahasia dalam keterampilannya menciptakan sistem pengereman canggih yang selalu menjadi acuan standar: setiap tahun, perusahaan menginvestasikan omzetnya yakni sebesar 5% untuk Bidang Penelitian dan Pengembangan, bidang yang melibatkan 10% karyawannya.

[Baca Juga]
7 Cara Cek Motor Bekas Banjir, Yang Belum Kamu Tahu!

Disco-Pinza-Brembo-Racing-MotoGP-2018__-991x1024

Kemampuan Brembo untuk menemukan ide-ide dan solusi baru juga menjadi salah satu faktor penting dan hal-hal tersebutlah yang ditanamkan di dalam DNA perusahaan.

Hasilnya, pertukaran pengetahuan terjadi secara intens dan sinergis di antara berbagai area bisnis perusahaan.

Penelitian menyeluruh Brembo difokuskan untuk menghasilkan inovasi tanpa batas. Penelitian yang dilakukan pun tidak terbatas hanya pada pengembangan dan fine-tuning sistem pengereman untuk menghasilkan tingkat kinerja yang semakin tinggi.

Penelitian yang dilakukan juga mencakup tahap pengujian untuk meningkatkan kenyamanan atau penerapan desain yang mampu menggabungkan fungsionalitas dan keindahan.

processo-pinza-moto-monoblocco-4

Sepuluh, dua puluh, seratus hak paten? Brembo telah melampauinya. Sejak didirikan lebih dari lima puluh tahun yang lalu, Brembo telah mengajukan lebih dari 400 hak paten. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan kehebatan teknologi yang telah diperoleh selama bertahun-tahun.

4. PELOPOR DALAM DESAIN DAN WARNA

Produk-produk buatan Italia dihargai di seluruh dunia karena standar kualitasnya yang tinggi, detail, dan yang tak kalah pentingnya, keindahan desainnya. Oleh karena itu, wajar jika perusahaan Italia seperti Brembo meyakini pentingnya estetika bahkan dalam sistem pengereman.

Brembo menawarkan bentuk dan makna yang istimewa di setiap produknya melalui desain dan inovasi yang konstan. Brembo beranggapan bahwa keindahan akan timbul dengan sendirinya jika bahan dan bentuk yang digunakan tepat. Pencapaian luar biasa Brembo diperoleh setelah melewati bertahun-tahun komitmen untuk menyesuaikan desain dengan performa produk-produknya.

processo-pinza-moto-monoblocco-5

Pada tahun 2004, Brembo bahkan memenangkan Compasso d’oro (Golden Compass), penghargaan tertua di dunia dan paling bergengsi di bidang desain industri. Hal ini berkat sistem pengereman keramik karbon yang dirancang untuk mobil-mobil umum.

Usaha untuk menghasilkan kinerja terbaik dan inovasi yang berkelanjutan adalah poin tak tergoyahkan dalam filosofi Brembo selain aspek keindahan dalam desain. Namun, Brembo menyadari bahwa dengan penggunaan bahan yang tepat dikombinasikan dengan sensitivitas dan intuisi desain yang baik, keindahan akan muncul dengan sendirinya, terutama jika desain tidak dilihat sebagai fokus utama namun juga harus membawa kontribusi terhadap fungsionalitas dan kinerja.

Fitur lain yang membedakan sistem pengereman Brembo adalah penggunaan warna. Brembo menggunakan warna yang memikat dan menyenangkan pada produk-produknya. Di pertengahan tahun 80an, Brembo menjadi perusahaan pertama yang menciptakan kaliper mobil berwarna. Kaliper rem berwarna merah milik Brembo sukses terjual di seluruh dunia dan membuatnya menjadi merek dagang yang identik dengan sportivitas, kinerja, dan keunikan.

Brembo kemudian melakukan hal yang sama pada kaliper motor. Kaliper rem Brembo terbuat dari aluminium melalui proses casting yang teroksidasi dalam beberapa warna berbeda (hitam, emas, aluminium, dan titanium).

Perhatian khusus juga diberikan pada aspek desain yang membuat tampilan motor menjadi sangat menarik.

M50-colorate-1073-1024x531

5. UJI COBA JUTAAN MIL UNTUK SISTEM PENGEREMAN SEMPURNA

Salah satu rahasia keberhasilan sistem pengereman Brembo dan salah satu alasan mengapa Brembo menjadi favorit para produsen sepeda motor terbaik adalah proses pengujian yang panjang dan teliti.

Untuk menghasilkan sistem pengereman yang sempurna, produk-produk Brembo harus melewati tahap uji coba yang paling berat yang dilakukan di semua kondisi penggunaan bahkan di kondisi ekstrim. Pengujian ini dimaksudkan untuk mengukur kualitas, kinerja, dan efisiensi produk. Selain dilakukan di laboratorium dengan peralatan lengkap, pengujian juga dilakukan di jalanan dan di lintasan.

Setiap tahun bahkan Brembo menghabiskan sekitar 350.000 jam kerja untuk bench test dan sekitar 200.000 jam kerja untuk road test.

Produk-produk Brembo harus melalui serangkaian tahap uji coba yang berat yang meliputi static bench test, dynamic bench test, dan on-road test. Ketiga tes tersebut diperlukan untuk menguji suku cadang sistem pengereman di kondisi penggunaan yang mirip dengan kondisi sesungguhnya.

Karena beberapa alasan di atas, Brembo tak hanya menjadi brand suku cadang sistem pengereman yang paling disukai oleh konsumen (Brembo menduduki peringkat pertama sebagai brand suku cadang sistem pengereman yang paling disukai dalam 12 edisi terakhir majalah Motorrad), namun ia juga menjadi brand suku cadang sistem pengereman yang paling disukai produsen motor dan mobil paling bergengsi di Eropa, Amerika, dan Jepang.

testing-moto-1

Dari Aprilia hingga Suzuki, Ducati hingga Harley-Davidson, KTM hingga Triumph, MV Agusta hingga BMW Motorrad, semuanya menggunakan lebih dari satu model atau komponen pengereman Brembo.

Tak terkecuali produsen asal Jepang seperti Kawasaki atau Honda yang biasanya selalu setia menggunakan rem buatan Jepang, mereka pun telah memutuskan untuk menggunakan Brembo di beberapa produk terbaik mereka seperti Honda CBR1000RR atau Kawasaki Ninja H2RR. Hal ini dikarenakan setiap jenis motor membutuhkan sistem pengereman dengan karakteristik khusus dan unik.

Brembo mampu merancang dan memproduksi suku cadang dan perlengkapan sistem pengereman yang spesifik untuk jenis motor tertentu. Produk-produk Brembo selalu menawarkan kinerja terbaik sesuai dengan kondisi penggunaan.

Fitur mekanis, kondisi penggunaan, kinerja dan, yang tak kalah penting, desain adalah hal-hal yang membuat setiap model motor berbeda sesuai dengan jenis pengendaranya.

Oe-moto-news-HD-M50-1024x402

Sistem pengereman juga harus sepenuhnya memenuhi persyaratan spesifik baik dari kendaraan itu sendiri maupun pengendaranya. Brembo mendesain dan memproduksi setiap komponen yang selalu menawarkan kinerja terbaik, dengan keandalan dan ketahanan tertinggi.

Cakram rem buatan Brembo merupakan titik acuan inovasi dan kualitas, kaliper merupakan ujung tombak desain dan kinerja, sementara master cylinder merupakan teknologi yang memberikan kenyamanan dan ketahanan.

Karena alasan inilah motor-motor paling bergengsi di dunia menggunakan suku cadang sistem pengereman Brembo.

Sumber [Brembo]

Lihat Aksesoris dari Brembo

Related post

Return Top