BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

  • 10/01/2020
  •  254 views

Prototipe BMW E-Power Roadster prototipe bmw e power roadster - BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

BMW baru saja memperkenalkan prototipe BMW E-Power Roadster dalam sebuah acara jumpa media beberapa waktu lalu. Motor listrik mewah ini masih dalam tahap pengembangan konsep. E-Power Roadster menggunakan elemen desain milik motor konsep Vision DC Roadster yang kita lihat tahun lalu, tetapi prototipe terbaru ini tidak memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya. Malah, E-Power bisa dikatakan sebagai sebuah hasil kombinasi tampilan berbagai motor BMW.

Bagian moncongnya terlihat seperti S 1000 R dan bagian belakangnya mirip seperti R1200RS. Rangkanya sendiri dibuat secara khusus dan drivetrain mesin motor datang dari departemen pengembangan mesin mobil BMW. Baterai yang digunakan adalah plug-in hybrid warisan dari 2 Series dan mesinnya datang dari 7-series yang hanya diproduksi di Cina. Karena masih bergelar prototipe, BMW saat ini hanya terpaku pada pengembangan mesin atau power train.

Charger Prototipe BMW E-Power Roadster prototipe bmw e power roadster charger - BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

[Baca Juga]
BMW Motorrad Concept R 18 /2: Intrepretasi Modern Motor Cruiser Tradisional

E-Power disebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 136 hp dan torsi 147 lb-ft. Namun, jika tenaga sudah berhasil menembus gearbox step-down single-speed, BMW mengatakan bahwa torsinya dapat mencapai 1106 ft-lb. Berbeda dengan motor listrik yang menggunakan belt maupun rantai final drive, BMW E-Power Roadster mendistribusikan tenaga ke bagian roda belakang melalui sebuah shaft.

E-bike BMW ini dilengkapi fitur aki DC fast-charging yang saat ini mampu mengisi ulang baterai hingga 13kWh dalam waktu satu jam. Menurut MotorcycleNews, baterainya tidak tahan panas (jika suhu mencapai 40°C, maka kecepatan pengisian daya akan menurun) dan BMW sedang berusaha menyempurnakan sistem pendingin untuk mengatasi masalah ini. Tujuan akhirnya adalah untuk mencapai 5,9 km per menit untuk pengisian daya, jadi Anda bisa berhenti untuk mengecas selama 30 menit yang nantinya dapat digunakan untuk menempuh jarak 178,6 km.

Powertrain Prototipe BMW E-Power Roadster powertrain prototipe bmw e power roadster - BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

Bahkan dengan beratnya yang mencapai 290 kg, BMW E-Power Roadster mampu menembus kecepatan 96,5 km/jam dalam 2,9 detik–0,2 detik lebih lambat dari S 1000 RR.

Anda harus ekstra sabar untuk melihat E-Power Roadster secara utuh. Saat ini BMW mengaku masih dalam tahap pengembangan awal dan kita bisa lihat hasilnya dalam lima tahun mendatang.

[Baca Juga]
MV Agusta Siap Luncurkan Motor Hyper Naked Rush 1000

Baterai Prototipe BMW E-Power Roadster baterai prototipe bmw e power roadster - BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

Sumber [ BMWBLOG ]

Related post

Return Top