Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

  • 27/03/2020
  •  349 views

Stay at Home Ngapain ya? Cuci Motor Yuk! tips mencuci motor hingga kinclong - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

Banyak dari kita yang harus mengisolasi diri dan bekerja di rumah sebagai imbas dari pandemi Covid-19. Bosan tentu saja datang menghampiri, tetapi Anda jadi punya banyak waktu untuk melakukan hal lain yang biasanya tidak sempat Anda lakukan sendiri. Salah satunya adalah mencuci motor!

Memang biasanya alasan kita mencuci motor bukan untuk menangkal virus, tetapi dalam situasi yang seperti ini tidak ada salahnya mencuci motor secara menyeluruh sebagai langkah preventif dan mempersiapkan motor turun kembali ke jalanan saat keadaan sudah membaik. Yuk kita simak!

Basahi semua bagian motor..
…atau tidak, jika produk pembersih yang Anda gunakan tidak memerlukan air. Saat menyiram motor, pastikan mesin dan knalpot dalam keadaan dingin karena jika masih panas, air yang disemprotkan akan menguap dan meninggalkan noda.

Posisikan motor di atas standar tengah sehingga kedua ban tidak menyentuh tanah. Semprotkan air, khususnya di bagian-bagian yang penuh tanah, hingga agak bersih.

Semprotkan air ke seluruh bagian-bagian motor cuci motor - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mengganti Filter Oli Motor Sendiri? – Bagian 1

Gunakan sabun khusus motor
Pastikan Anda menggunakan sabun yang khusus dibuat untuk sepeda motor dan hindari memilih produk pembersih yang memiliki kandungan penghilang minyak maupun lemak mineral. Jangan gunakan sabun yang ada seperti sabun pencuci piring atau sabun colek ya. Ketika sabun menyentuh permukaan motor yang basah, ia akan langsung bereaksi dengan air yang ada.

Diamkan sabun selama dua atau tiga menit. Akan lebih baik jika Anda membersihkan motor sisi per sisi. Jika Anda balut motor Anda dengan sabun dalam satu waktu, maka ada kemungkinan sabun akan menguap, apalagi jika sedang panas-panasnya.

Gunakan sabun pencuci yang tepat gunakan sabun yang tepat - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

Cuci bagian mesin dan rangka terlebih dahulu
Pertama-tama, usapkan sabun pada bagian rangka dan mesin. Gunakan busa maupun sikat yang tepat dan gosok-gosok sedikit. Jangan terlalu bernafsu dalam menggosoknya karena nanti malah timbul goresan-goresan yang tidak diinginkan. Zat kimia yang terkandung dalam sabun akan membuat noda lebih mudah dibersihkan.

Untuk area yang sangat kotor dan memiliki gumpalan tanah, bilas terlebih dahulu lalu gosok kembali menggunakan sabun sampai benar-benar terangkat. Untuk noda bekas serangga, serpihan aspal, dan oli rantai kita bisa bersihkan belakangan jadi jangan digosok dahulu.

Sikat tuntas bagian-bagian sikat bagian yang paling kotor - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

Menghilangkan noda bekas serangga
Noda serangga bisa sulit dihilangkan tanpa digosok dan prosesnya bisa merusak permukaan motor. Gunakan cairan khusus penghilang noda serangga di body motor. Semprotkan lalu diamkan selama 30 menit sebelum dilap. Biasanya serangga yang sudah membatu ini akan menghiasi area shock depan, saklar stang, dan spion.

Gunakan cairan pembersih khusus serangga gunakan cairan pembersih noda serangga - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

[Baca Juga]
Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

Bersihkan noda aspal
Berkendara di cuaca panas bisa membuat serpihan aspal yang terkelupas menempel di panel motor Anda. Cairan serbaguna atau khsusus pembersih tar yang ada di pasaran bisa membantu melonggarkan kelengketan aspal yang menempel yang biasanya susah dibersihkan hanya dengan sabun.

Ikuti instruksi produk yang Anda gunakan dan bersihkan pada bagian seperti bagian bawah knalpot, pipa bawah, mesin, dan fairing bawah yang biasanya memiliki endapan aspal yang banyak.

Bersihkan leher knalpot
Kami merekomendasikan menggunakan produk khusus untuk membersihkan leher knalpot agar bisa mencegah kerusakan knalpot dan membuatnya bersih bersinar.

Gunakan cairan pembersih khusus tar gunakan cairan pembersih noda aspal - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

Pastikan motor bersih kesat
Bilas motor Anda yang sudah dicuci hingga ke bagian dalam. Bersihkan radiatornya dari arah belakang sehingga kotoran keluar ke arah depan atau nanti malah menempel di dalam. Saat proses membilas, coba rasakan permukaan motor dengan jari Anda apakah sudah kesat atau belum. Kalau masih ada tekstur licin, bilas lagi hingga tidak ada residu sabun yang tersisa.

Gunakan produk khusus pembersih rantai
Ketika motor sudah dibilas, cek bagian roda belakang dan panel samping untuk melihat noda oli rantai. Biasanya sabun pencuci motor saja tidak cukup, jadi kami sarankan daripada Anda menggosoknya sekuat tenaga menggunakan sabun lalu timbul baret, untuk menggunakan cairan pembersih khusus oli rantai. Produk seperti ini banyak dijual dipasaran. Ikuti peraturan penggunaannya dan jangan oleskan di area lain yang tidak terkena noda oli.

Gunakan cairan pembersih khusus noda rantai gunakan cairan pembersih noda oli - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

Keringkan motor
Setelah semuanya bersih, keringkan motor Anda dengan cara biasa, yakni menggunakan lap atau kanebo. Pastikan Anda mengeringkan semua bagian motor hingga ke sela-sela, seperti tutup tangki karena biasanya kalau tidak dilap sampai kering akan menimbulkan bekas dan nantinya menimbulkan karat.

Poles hingga kinclong!
Nah, ini adalah proses yang biasanya suka dilewatkan karena membutuhkan waktu ekstra. Gunakan cairan poles sepeda motor favorit atau pilihan Anda. Hati-hati, jangan sampai mengenai bagian sticker atau embos dan baut karena cairan ini bisa meninggalkan bekas putih di sisi-sisi bagian tersebut.

Tunggu hingga kering lalu lap permukaan dengan kain poles yang bersih agar body motor lebih bersinar.

Poles motor hingga mengkilap poles hingga kinclong - Bosan Physical Distancing? Cuci Motor yang Benar Yuk!

[Baca Juga]
Tips Menghilangkan Bunyi Decit Pada Rem Langsung dari Mekanik Profesional

Sumber [ Motorcycle News ]

Related post

Return Top