JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP 2019 di Red Bull Ring Austria

statistik pengereman brembo motogp 2019 di red bull ring austria

Enam minggu setelah diselenggarakannya Formula 1 di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria, giliran MotoGP seri ke-11 musim ini yang akan dijamu di sirkuit tersebut.

MotoGP 2019 seri ke-11 dimulai dari tanggal 9 hingga 11 Agustus, hanya 7 hari berselang setelah balapan di Republik Ceko. Dimulai dari sesi latihan bebas pada Jumat (9/8/2019) dan diakhiri dengan balapan pada Minggu (11/8/2019).

Sirkuit Red Bull Ring berlokasi di dekat bandara militer Zeltweg dan baru saja direnovasi berkat arahan dari Dietrich Mateschitz.

Balapan MotoGP pertama kali diselenggarakan di sirkuit ini pada 2016 lalu dan para pembalap rata-rata memacu motor mereka hingga 186 km/jam di sesi kualifikasi.

Lintasan sirkuit ini mempunyai 10 tikungan dengan banyak lintasan lurus terletak di dekat garis finish. Tidak semua tikungan memerlukan pengereman.

Uniknya, pembalap MotoGP dan Formula 1 melakukan pengereman di titik yang sama. Namun, tentu saja dengan intensitas yang tidak sama karena perbedaan kecepatan saat berbelok antara mobil F1 dan motor MotoGP.

Banyak tikungan di lintasan menyulitkan timing pengereman para pembalap: ada perbedaan 65 meter antara titik tertinggi dan titik terendah dan turunan paling curam memiliki kemiringan 9,3 persen.

Menurut teknisi Brembo yang menangani pembalap MotoGP 2019, sirkuit Red Bull Ring sangat menuntut kerja rem. Dalam skala 1 sampai 5, sirkuit ini memiliki tingkat kesulitan 5, sama seperti sirkuit di Barcelona, Motegi, dan Sepang.

statistik pengereman motogp 2019 sirkuit austria red bull ring

Penggunaan rem selama balapan MotoGP

Dalam satu lap penuh, pembalap MotoGP melakukan pengereman sebanyak 7 kali dengan total waktu 28 detik.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembalap Formula 1 juga melakukan pengereman dengan jumlah yang sama, namun total waktu pengeremannya hanyalah 9,8 detik.

Sampai akhir balapan, total pengereman yang dilakukan oleh pembalap MotoGP adalah sekitar 800 detik atau 13 menit.

Bulan lalu di sirkuit yang sama, juara pertama Formula 1 menyelesaikan 71 lap menggunakan kaliper Brembo dengan total waktu pengereman 10,5 menit.

Deselerasi rata-rata tiap lap untuk ajang balapan MotoGP di sirkuit ini adalah sebesar 1,23g yang membuatnya menempati posisi kedua paling tinggi. Jika dilihat lagi, angka ini sangatlah besar mengingat Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio melakukan pengereman dari kecepatan 200 km/jam ke 0 km/jam dengan deselerasi 1,15g.

Jika dijumlahkan, gaya yang diaplikasikan pada handle rem Brembo oleh pembalap sejak start hingga garis finish adalah sebesar 0,9 ton.

Pengereman paling menantang

Dari 7 sesi pengereman di sirkuit Red Bull Ring, 3 tikungan pertama dan 1 tikungan tajam memiliki tingkat kesulitan pengereman tinggi, sedangkan 3 lainnya memiliki tingkat kesulitan rendah.

Bagian yang paling menantang adalah Castrol Edge (tikungan 1) karena terletak di poin tercepat di lintasan ini walaupun treknya agak menanjak. Pembalap MotoGP memasuki tikungan tersebut pada kecepatan 312 km/jam lalu mengerem selama 4,4 detik untuk mengurangi kecepatan ke 99 km/jam.

Tekanan yang dilakukan pada handle rem untuk sesi ini adalah sebesar 5,9 kg dan deselerasi sebesar 1,5g. Sedangkan pembalap Formula 1 memasuki tikungan tersebut pada kecepatan 331 km/jam, namun mereka hanya perlu mengurangi kecepatan sampai 158 km/jam. Dan, yang terpenting adalah pembalap F1 tidak memiliki kekhawatiran akan terpental saat menginjak rem dengan gaya yang lebih besar. Pengereman hanya berlangsung selama 1,57 detik sejauh 99 meter. Setengah dari jarak yang diperlukan oleh pembalap MotoGP, yakni 229 meter.

Waktu dan jarak pengereman bahkan lebih lama dan jauh untuk tikungan Rauch (tikungan 4) karena lintasannya yang menurun. Pengereman dilakukan selama 5,7 detik sejauh 274 meter untuk menurunkan kecepatan dari 292 km/jam ke 85 km/jam.

Di tikungan Rauch, deselerasi untuk MotoGP adalah sebesar 1,4g, sedangkan untuk Formula 1 adalah sebesar 5,2g. Tekanan minyak rem 64T HTC Brembo di motor MotoGP naik hingga 11,9 bar dan 12,6 bar di tikungan Castrol Edge.

Tikungan Remus (tikungan 3) adalah tikungan dengan kecepatan terendah di sirkuit ini. Pembalap memasuki tikungan Remus pada kecepatan 64 km/jam. Lalu, mereka melakukan pengereman selama 5,5 detik dan memberi beban sebesar 5,1kg pada handle rem. Untuk F1, pengereman berlangsung selama 2,59 detik untuk mengurangi kecepatan ke 84 km/jam.

kaliper rem brembo sparepart motor

Performa Brembo

Motor dengan rem Brembo telah memenangkan 11 seri MotoGP Austria. 4 kemenangan pertama diraih tim Yamaha (3 kali dimenangkan oleh Eddie Lawson), dan diikuti tim Honda dengan jumlah kemenangan yang sama (3 kali dimenangkan oleh Michael Doohan).

Selama 3 tahun terakhir, tim yang memenangkan balapan di sirkuit ini hanyalah tim Ducati dengan pembalap mereka, yakni Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, serta Jorge Lorenzo. Sementara itu, Valentino Rossi dan Marc Marquez belum pernah memenangi kejuaraan di sirkuit Austria ini.

Sumber [ Brembo ]

Related post

Return Top