Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Chang International Cicuit

  • 04/10/2019
  •  184 views

Statistik Pengereman MotoGP Thailand oleh Brembo statistik brembo gp thailand - Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Chang International Cicuit

Setelah balapan yang penuh pengalaman positif pada 2018, MotoGP kembali ke Thailand untuk ronde ke-15nya dalam Kejuaraan Dunia 2019 yang diadakan dari 4 hingga 6 Oktober di Sirkuit Internasional Chang.

Sirkuit ini dibuat dengan dana investasi sebesar €54 juta (setara $60 juta) dan resmi dibuka pada Oktober 2014. Penamaannya sendiri merujuk ke pembuat bir lokal. Sirkuit ini didesain oleh arsitek ternama asal Jerman Helman Tilke dan terletak 410km (225 mil) utara Bangkok, di provinsi Buriram, yang dalam bahasa lokal memiliki arti “kota kebahagiaan”.

Pada MotoGP tahun lalu, temperatur udara di sirkuit selalu berada di antara 30°C dan 32°C sedangkan temperatur trek berkisar 45°C hingga 53,8°C.​

Trek ini memiliki sebuah lintasan lurus yang amat panjang dan diakhiri dengan sesi pengereman yang cukup sulit di mana bentuk lengkungan gear kedua dan ketiga saat mencapai kecepatan yang tepat sangatlah penting.​

Beberapa pembalap menyadari kemiripan sirkuit ini dengan Red Bull Ring, dan sebagian lainnya dengan Circuit of the Americas. Teknisi Brembo, yang melayani 100% pembalap MotoGP 2019, percaya bahwa Sirkuit Internasional Chang cukup menuntut kinerja rem.

Dari skala 1 sampai 5, sirkuit ini menempati posisi 3 dalam tingkat kesulitan, sejajar dengan Valencia, Misano, dan Silverstone. ​

Statistik Pengereman MotoGP Thailand oleh Brembo statistik pengereman motogp thailand 2019 - Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Chang International Cicuit

Penggunaan rem selama balapan
Dari 12 tikungan yang ada, pembalap menggunakan rem hanya pada 7 kesempatan, sama seperti dalam kejuaraan Superbike: perbedaannya hanya dalam durasi penggunaan per lap, di mana sebuah motor MotoGP membutuhkan waktu 27 detik dan Superbike 25 detik untuk mengerem.

Presentase penggunaan sistem pengereman selama balapan adalah 30% di MotoGP dan 28% di Superbike.

Terlepas dari sistem pengereman berbahan karbon, rata-rata puncak deselerasi untuk motor MotoGP dan Superbike memiliki angka yang sama yakni 1,27G.

Sedangkan untuk tekanan yang diterima handle rem dari awal hingga akhir lomba MotoGP mencapai 860kg, lebih besar 160kg daripada yang ditumpukan pembalap Superbike dengan catatan balapan Superbike lebih pendek 6 putaran.

Walaupun begitu, tenaga yang diberikan setiap lapnya hampir sama: 33,3kg untuk MotoGP, dan 34,9 untuk Superbike.

Sistem Pengereman Brembo di MotoGP Thailand sistem pengereman brembo motogp thailand - Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Chang International Cicuit

Pengereman paling menantang​
Dari 7 titik pengereman, 4 diantaranya masuk dalam kategori sangat menantang bagi rem. 2 titik lainnya memiliki tingkat kesulitan medium dan 1 tergolong mudah.

Titik pengereman yang paling menantang adalah tikungan ketiga, yang berada di ujung trek lurus sepanjang satu kilometer: para rider MotoGP mengerem dari kecepatan 297km/jam ke 79km/jam dalam waktu 5,8 detik sejauh 282 meter.

Para pembalapan memberikan handle rem beban sebesar 5kg dan mengalami deselerasi sebesar 1,5 G sementara suhu minyak rem HTC 64T Brembo mencapai 10,8 bar. Kecepatan motor saat memasuki tikungan terakhir sebelum finish lebih rendah (70km/jam). Kecepatan motor saat memasukinya adalah 163km/jam dan melakukan pengereman selama 5,1 detik sepanjang 223 meter. Beban handle rem adalah sebesar 5,2kg dan deselerasinya sebesar 1,4G.


Walaupun motor melambat dalam kecepatan yang “hanya” 149km/jam, nilai pengereman di tikungan pertama mendekati nilai beberapa bagian dari tikungan ketiga: deselerasinya 1,4G, beban handle rem sebesar 5,2kg, dan tekanan pada minyak rem sebesar 11,1 bar.

Keempat titik pengereman ini tidak boleh diremehkan, karena waktu pengereman selalu lebih dari 2,6 detik dengan puncak 3,4 detik dengan tingkat deselerasi antara 0,9G dan 1,4G.

Kaliper dan Piringan Rem Carbon Brembo rem carbon brembo - Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Chang International Cicuit

Performa Brembo
GP Thailand baru mulai diadakan tahun 2018 dengan Marc Marquez dari Honda sebagai juaranya: pembalap kebanggaan Spanyol ini memenangan 52 balapan MotoGP dengan menggunakan rem Brembo.

Kemenangan terakhir di kelas 500cc tanpa rem Brembo terjadi pada 21 Mei 1995.​

Sumber [ Brembo ]

Related post

Return Top