Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

  • 11/12/2020
  •  2,614 views

Cara Merawat Kabel Speedometer cara merawat kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

Kabel speedometer berfungsi untuk mentransmisikan jumlah rotasi ban ke speedometer tipe mekanis dan umumnya kabel ini terbuat dari bahan logam. Masih banyak jenis motor yang menggunakan kabel speedometer jenis ini, mulai dari motor mini hingga motor besar.

Karat dan lubrikasi yang tidak maksimal di dalam kabel dapat menyebabkan tidak mulusnya pergerakan speedometer dan mengakibatkan kabel putus. Oleh sebab itu, penting merawat kabel speedometer secara efektif dengan cara membersihkan dan melumasinya.

Penting untuk diperhatikan bahwa air hujan sering masuk ke dalam kabel ketika motor diparkir di luar ruangan.

Poin Penting
・ Penting merawat kabel speedometer motor Anda
・Jika kabelnya terlihat bengkok atau berkarat, ini akan menyebabkan jarum speedometer goyang atau tidak bekerja sama sekali
・Membersihkan dan melumasinya adalah kunci perawatan kabel speedometer

[Baca Juga]
Cara Mudah Bersihkan Piston Kaliper Rem Motor

Tips merawat kabel speedometer langsung dari ahlinya

Speedometer Suzuki RG250 Gamma 1980 speedometer suzuki rg250 gamma 1980 - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Suzuki RG250 Gamma yang dirilis pertengahan tahun 1980-an memiliki speedometer dan tachometer manual yang dijalankan oleh kabel. Penting untuk menjaga kondisi kabelnya dengan cara membersihkan dan melumasinya agar dapat mencegah kerusakan karena akumulasi gesekan.

Kabel speedometer yang menghubungkan gearbox roda depan dan speedometer adalah bagian yang tak terlepaskan dari motor yang memakai panel meter tipe mekanis, mulai dari motor mini seperti Monkey dan Super Cub hingga motor-motor bongsor 1000 cc.

Selain kabel speedometer, kabel berbahan stainless steel juga digunakan untuk kabel kopling dan gas. Bedanya, kabel kopling dan gas mentransmisikan gaya dorong dan tarik, sedangkan kabel speedometer mentransmisikan gaya rotasi. Kabel speedometer bagian dalam dibuat melingkar seperti per.

Kabel speedometer harus memiliki sifat yang fleksibel seiring dengan pergerakan tarik ulur stroke shock depan. Layout kabel yang menghubungkan gearbox dan speedometer ini juga harus diperhatikan agar fleksibilitas kabel tetap terjaga.

Sudah biasa jika panel meter beserta kabelnya dilepas sementara ketika mengganti stang atau saat perawatan shock depan. Namun, hati-hati ketika memasangnya kembali jangan sampai kabel tertekuk karena akan mengakibatkan jarum speedometer goyang atau tidak bergerak sama sekali.

Jika arah kabel tiba-tiba naik atau berubah, copot kembali kabelnya dan perhitungkan jalur pemasangan yang baik agar transmisi kabel sempurna.

Kabel Speedometer Motor kabel speedometer motor - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Kabel bagian luar dan fitting logam tersambung seperti ini. Jika kabel tidak berada pada jalur yang semestinya, gaya yang diaplikasikan akan semakin besar sehingga memberi dampak pada kabel bagian dalam.

Jumlah putaran kabel speedometer ditentukan oleh standar JIS. Untuk motor, kabelnya didesain untuk berotasi pada 1.400 rpm ketika roda berputar pada kecepatan setara dengan 60 km/jam baik untuk jenis motor mini maupun motor 750 cc.

[Baca Juga]
Tips Menghilangkan Bunyi Decit Pada Rem Langsung dari Mekanik Profesional

Air hujan yang masuk dapat menyebabkan karat di dalam kabel

Bersihkan Kabel Speedometer cuci kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Kotoran keluar dari bagian yang melingkar di kabel bagian dalam, sehingga lebih baik jangan hanya membersihkan permukaannya saja, namun juga merendamnya dengan cairan pembersih untuk memcucinya. Jika permukaan kabel dipenuhi karat berwarna merah, sudah dapat dipastikan bahwa umurnya sudah tidak lama lagi, jadi lebih baik ganti saja dengan yang baru.

Selain kabel kopling dan kabel gas, kabel speedometer adalah kabel penting lainnya di motor yang termasuk rentan. Pengoperasian motor Anda bergantung pula pada kondisi kabel ini, sehingga rawatlah secara rutin.

Hati-hati terhadap air yang dapat masuk ke dalam kabel. Jika Anda sering memarkir motor Anda di luar ruangan atau berkendara saat hujan, air dapat masuk dari gearbox speedometer atau dari mur yang menghubungkan panel meter dengan kabel.

Jika ini terjadi, bagian dalam kabel dapat terbenam air sehingga menimbulkan karat. Apalagi untuk motor-motor trail yang sering off-road di mana air sering membasahi bagian sekitar roda, sehingga Anda wajib untuk memerhatikan tingkat kelembapan di dalam kabel.

Ada cara mudah untuk mengeceknya. Jika kabel terputus di bagian gearbox, lalu air bercampur karat menetes, atau jika ada karat di kabel bagian dalamnya, itu sudah pasti air hujan sudah masuk ke dalam kabel. Karat di kabel bagian dalam dapat merusak fleksibilitas kabel itu sendiri dan menyebabkan putaran yang tidak sempurna.

Saat kecepatan rotasi kabel tinggi, kabel akan berotasi dengan momentum, namun saat motor berada pada kecepatan rendah, kecepatan rotasi kabel juga rendah dan ini tidak akan stabil sehingga ada kemungkinan jarum speedometer juga menjadi goyah.

Memang karatlah yang menjadi sumber masalahnya. Namun, gejala yang sama mungkin terjadi bahkan jika adanya gesekan karena lubrikasi yang tidak cukup di bagian yang terkena kontak antara kabel dalam dan kabel luar. Jadi, bahkan jika tidak ada air di dalam kabel, perlu juga diaplikasikan pelumas.

Bersihkan kabel sebelum dilumasi. Lepas kabel bagian luarnya terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Kabel Speedometer cara membersihkan kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Setelah melepas kabel luar, bersihkan dengan pembersih sparepart. Jika kabel luar terlihat ada bagian yang terkelupas, air dengan mudah akan masuk, jadi lebih baik ganti kabel lama dengan yang baru. Untuk motor yang sudah tidak diproduksi lagi dan sparepartnya sudah tidak tersedia, setidaknya lindungi area yang rusak dengan selang bakar.

Tiup Sisa Pembersih Kabel Speedometer tiup sisa pembersih kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Setelah dibersihkan, tiup sisa-sisa pembersihnya dengan air blow. Jika masih ada yang tersisa, oli dapat menghilangkannya.

Perawatan kabel speedometer terdiri dari proses pembersihan dan pelumasan seperti perawatan kabel-kabel lainnya. Ketika kabel bagian dalam berkarat, Anda bisa bayangkan karat itu juga menempel pada bagian dalam dari kabel luar dan bahkan jika tidak ada karat pun, kotoran yang timbul karena gesekan dapat menempel di mana kabel luar dan dalam bersinggungan. Pertama-tama, lepas kabel bagian luar dari panel meter lalu tarik keluar kabel dalamnya.

Kabel bagian dalam sering kali ditarik keluar ke bagian gearbox atau bagian bawah body motor. Namun, tergantung dari modelnya, o-ring, seal oli dan washer mungkin dipasangkan di ujung kabel, jadi tariklah secara hati-hati agar part-part yang kecil tidak terjatuh dan hilang.

Selanjutnya, semprot pembersih sparepart ke dalam kabel luar untuk membersihkannya. Jika karat berwarna merah keluar bersamaan dengan kotoran dari dalam, itu tandanya kondisi kabel sudah berkarat parah sehingga lebih baik Anda menggantinya dengan kabel yang baru jika ingin terus berkendara dengan motor Anda dalam waktu yang lama.

Jika komponen pembersih sparepart masih tersisa di dalam kabel, olinya akan menghilangkannya. Jadi, tiup dengan air blow setelah proses pembersihan.

Lumasi Kabel Speedometer lumasi kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲Aplikasikan pelumas di kabel bagian dalam secara tipis dan menyeluruh sehingga tidak menutupi gap dengan kabel bagian luar dan menyebabkan friction loss.

Pembersih sparepart juga digunakan untuk membersihkan kabel bagian dalam, namun cara efektif lainnya adalah rendam kabel dengan pembersih slow-dry dan diamkan sementara waktu untuk mengeluarkan kotoran yang masuk ke dalam kabel.

Ketika kotoran sudah dihilangkan seluruhnya, lap dengan kain. Jika Anda punya kompresor, tiup cairan pembersih yang tersisa di dalam kabel dengan air blow.

Pelumas di kabel bagian dalam memang efektif dalam mencegah karat jika diaplikasikan dalam jumlah yang banyak. Namun, hal ini dapat menyebabkan friction loss saat kabel berotasi sehingga debu baru dapat berakumulasi. Jadi, lebih baik aplikasikan pelumas dalam jumlah yang tipis asal menyeluruh ke permukaan kabel.

Masukkan kabel dalam yang sudah dilapisi pelumas ke dalam kabel luarnya dan putar dengan jari Anda. Setelah yakin bahwa kabel terputar secara mulus, pasangkan kembali ke body motor.

Poin Penting
・Rawat kabel motor Anda dengan cara dibersihkan dan dilumasi
・Kawat dan kotoran dapat berakumulasi di kabel bagian dalam
・Disarankan untuk menggantikan kabel lama dengan kabel baru jika kondisi karatnya sudah parah
・Pelumas yang digunakan setelah kabel dibersihkan harus diaplikasikan secara tipis dan merata

Pasang secara hati-hati ujung kabel speedometer dengan panel meter dan gearbox

Washer Oil Seal Kabel Speedometer washer oil seal kabel speedometer - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲Jika Anda lupa memasukkan washer atau o-ring di bagian gearbox, rasio panjang kabel dalam dan luar kemungkinan menjadi berbeda. Jika motor Anda adalah motor bekas yang terindikasi kabel speedometer pernah putus sebelumnya, cek komponen-komponen yang ada apakah masih lengkap dengan mengacu pada daftar suku cadangnya.

Cara Masukkan Kabel Speedometer ke Gearbox cara masukkan kabel speedometer ke gearbox - Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

▲ Masukkan kabel setelah menghubungkan bagian minus gearbox speedometer dan kabel bagian dalam. Jika tidak cocok, putar roda depan untuk menyesuaikannya dan jangan pernah paksakan masuk. Selain itu, mur di kabel bagian luar mungkin saja pecah jika Anda mengencangkannya dengan tenaga ekstra, jadi lebih baik kencangkan secara perlahan dengan tang.

Ketika memasang kabel speedometer yang sudah dilapisi pelumas, cek jalur kabel bagian luarnya agar tidak tertekuk parah.

Penting untuk diingat bahwa kabel bagian luar harus dalam posisi lurus atau tidak tertekuk parah di bawah panel meter. Sama seperti di bagian gearboxnya, pastikan kabel luar tidak tertarik kencang atau terlalu kendor.

Ketika memasukkan kabel bagian dalam, pastikan washer atau seal oli terpasang di bagian gearbox speedometer.

Setelah itu, pastikan juga panel meter dan gearbox sudah tersambung sempurna.

Untuk motor ini, kabel luarnya bertipe plus di bagian panel meter dan minus di bagian gearbox speedometer, jadi pasangkan ujung-ujung ini di posisi yang benar.

Jika Anda memaksakannya ke posisi yang tidak muat, gesekannya akan menjadi bertambah dan kabel bagian dalamnya akan mendorong drive part dan menimbulkan masalah.

Dengan membersihkan dan melumasi kabel speedometer seperti ini, pergerakan akan semakin mulus dan dapat mencegah masalah seperti putusnya kabel. Jadi, sekali-kali perlu juga melepas kabel speedometer motor Anda dan periksa bagian dalamnya.

Poin Penting
・Saat memasang kabel speedometer, pastikan jangan sampai kabel tertekuk parah, tertarik kencang dan terlalu kendor
・Jika sebelumnya ada washer atau seal oli yang terpasang di bagian kabel yang tersambung dengan gearbox speedometer, pastikan Anda juga memasangnya kembali
・Speedometer akan bergerak mulus jika Anda merawat kabel speedometer dengan cara yang baik, yakni membersihkan dan melumasinya. Cara ini juga dapat mencegah terputusnya kabel

Karat di dalam kabel speedometer adalah musuh terbesar! Lawan dengan perawatan secara rutin agar lebih awet

Jika Anda merasa jarum speedometer sudah goyah atau timbul suara dari speedometer, itu tandanya Anda sudah terlambat! Bersihkan dan lumasi kabel speedometer dan jangan lupa untuk merawat kabel kopling dan kabel gas juga untuk menjaga kelancaran pengoperasian motor.

[Baca Juga]
Cara Membedakan Busi NGK Asli dan Palsu

Related post

Return Top