JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Detail Spesifikasi dan Test Ride Ninja 1000SX, Motor Sport Tourer Sempurna dengan Teknologi Tinggi!

Test Ride Kawasaki Ninja 1000SX

Detail Spesifikasi dan Test Ride Kawasaki Ninja 1000SX

Ninja 1000 adalah model motor sport yang sangat populer. Generasi keempat dari seri ini mendapatkan ubahan model secara keseluruhan pada April lalu dan muncul sebagai Ninja 1000SX. Perubahan besarnya termasuk electronic control, seperti cruise control dan quick shifter serta perlengkapan lainnya yang mengalami peningkatan fungsi.

Di artikel ini, kami akan bahas tuntas Ninja 1000SX terbaru ini secara mendetail dan perbandingannya dengan Ninja 1000.

[Baca Juga]
Kawasaki Hidupkan Kembali Meguro Setelah 55 Tahun

Style yang lebih ringan

Kawasaki Ninja 1000SX

Ninja 1000SX Tampak Samping

Ninja 1000SX Tampak Depan

Ninja 1000SX Tampak Belakang

Panjang x lebar x tinggi

Ninja 1000SX: 2.100 mm/830 mm/1.190 mm (1.225 mm saat windshield di posisi tinggi)

Ninja 1000: 2.100 mm/790 mm/1.185 (1.235 mm saat windshield di posisi tinggi)

Berat

Ninja 1000SX: 236 kg

Ninja 1000: 235 kg

Perbedaan signifikan terlihat pada gaya Ninja 1000SX terbaru yang mengusung satu knalpot dibandingkan Ninja 1000 yang memakai dua knalpot. Walau dual knalpot Ninja 1000 menyuguhkan tampilan belakang yang mengesankan, Ninja 1000 SX tidak kalah kerennya dengan knalpot tunggal yang menambah kesan sporty pada motor.

Performa aerodinamisnya makin ditingkatkan dengan desain windshield dan cowl yang memungkinkan udara yang panas akibat mesin dialirkan ke luar jauh dari area rider agar berkendara bisa lebih nyaman.

Tinggi Jok

Ninja 1000SX: 820 mm

Ninja 1000: 815 mm

Foot Grounding

Awalnya, kami berpikir bahwa mesin 4 silinder segaris dan tangki jumbonya tidak akan memberikan banyak ruang di kaki, namun ternyata masih ada ruang yang cukup lega walau harus berjinjit sedikit. Jok Ninja 1000SX lebih tinggi 5 mm dari Ninja 1000, namun motor masih bisa diseimbangkan dengan baik.

Stang Ninja 1000SX berjenis stang jepit yang diposisikan lebih naik ketimbang model motor super sport sehingga masih terasa nyaman baik ketika berkendara di perkotaan maupun touring.

Foot Grounding Ninja 1000SX

Tinggi jok: 820mm (tinggi staf Webike: 173cm)

Posisi Berkendara Ninja 1000SX

Tinggi jok: 820mm (tinggi staf Webike: 173cm)

Test Ride Kawasaki Ninja 1000SX

Test rider sudah pernah mencoba Ninja 1000 sebelumnya dan ia masih ingat bagaimana ia sangat terkesan dengan kesempurnaan desain barunya dan fakta bahwa inilah motor pertama yang dilengkapi dengan electronic control. Sembari mengenang masa-masa itu, ia lalu menaiki Ninja 1000SX untuk pertama kalinya. Dibanding dengan mendeskripsikannya sebagai terlahir kembali atau berevolusi, ia lebih suka menyebutnya sebagai “matang”. Poin-poin yang bagus dari model sebelumnya tetap dipertahankan sekaligus meningkatkan kenyamanan dan pengoperasian motor sport tourer terbaru ini.

Soal kenyamanan, cruise control dan quick shifter terbarunya amatlah impresif. Di jalanan lurus saat Ninja 1000SX bisa digeber dengan maksimal, motor ini masih bisa dikendarai dengan asyik dan tidak membuat rider cepat lelah berkat cruise control yang membuatnya tidak perlu mengoperasikan throttle terlalu sering sehingga tangan tidak mudah pegal.

Torsinya yang melimpah merupakan salah satu keuntungan dari seri ini yang membuat Ninja 1000SX mampu melaju dari 60 km/jam ke 100 km/jam dengan cepat dengan menyisakan ruang yang cukup untuk akselerasi lebih tinggi lagi. Selain itu, berbagai electronic control yang ditawarkan di motor ini membuatnya sebagai teman andalan ketika Anda harus menempuh jarak jauh dan berkendara pagi dan malam pada kondisi cuaca yang berubah dari hari ke hari.

Kekurangannya hanya terletak di harga karena Ninja 1000SX lebih mahal dari model sebelumnya. Namun, jika diperhitungkan bahwa Ninja 1000SX dilengkapi dengan peralatan canggih kelas dunia, memang wajar harganya segitu. Jadi, ini termasuk kekurangan bukan, ya?

Lampu

Lampu Depan Ninja 1000SX

Lampu Depan Ninja 1000SX Low Beam

Low Beam

Lampu Depan Ninja 1000SX High Beam

High Beam

Lampu Belakang Ninja 1000SX

Mika Smoke

Lampu Belakang dan Lampu Sein LED Ninja 1000SX

Seri model sebelumnya juga sudah memakai lampu depan dan lampu belakang LED. Namun, poin tambahan di Ninja 1000SX, lampu seinnya juga sudah diubah ke LED. Lampu belakang Ninja 1000SX memiliki mika warna smoke yang terlihat mewah.

Panel Meter

Panel Meter Ninja 1000SX

Mode Touring

Panel Meter Ninja 1000SX Mode Sport

Mode Sport

Panel meternya memiliki layar LCD TFT color full digital 3 inci yang dapat ditampilkan dalam dua mode dengan pilihan warna dasar hitam atau putih. Di mode Sport, layar akan menampilkan informasi dari tiap sensor, seperti posisi throttle, sudut kemiringan, dan akselerasi/deselerasi. Untuk mengubah mode dan display, bisa dilakukan dari saklar stang kiri.

Ditambah lagi, Anda juga bisa menghubungkan motor dan smartphone lewat sambungan Bluetooth dengan menggunakan aplikasi smartphone “Rideology the App”.

[Baca Juga]
Wajib Tahu! 6 Sparepart & Aksesoris Modifikasi Kawasaki Z125 Pro Paling Banyak Dicari 2020

Mesin

Mesin Ninja 1000SX

Knalpot Ninja 1000SX

Tipe mesin: 4 katup DOHC 4 silinder segaris, 4-tak berpendingin cairan

Output maksimum: 104 kW (141 PS)/10.000 rpm
Torsi maksimum: 111N-m(11),3kgf-m)/8.000 rpm

Dengan output maksimum 141 ps, mesinnya yang bertenaga mudah dikendalikan di sepanjang rentang kecepatan berkat electronic throttle untuk mengontrol powernya. Bahkan dari motor dibawa pelan mengelilingi kota, akselerasi yang ditawarkan amat mulus.

Knalpotnya diubah dari tipe dual menjadi tunggal di satu sisi. Namun, knalpot ini masih mampu menyemburkan power yang garang dan suara knalpot yang terdengar enak di telinga.

Assist & Slipper Clutch yang juga dapat dijumpai di Ninja 1000, mengurangi back torque selama downshift sekaligus membuat pengoperasian kopling terasa lebih ringan.

Electronic Control

Electronic Control Ninja 1000SX

Ada enam electronic control yang dipasang di Ninja 1000SX, yakni:

Power Mode Selection
Kawasaki Traction Control
Integrated Riding Mode
Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System
Electronic Cruise Control
Kawasaki Quick Shifter

Di antara enam fitur ini, cruise control dan quick shifter up & down yang baru ditambahkan membuat perjalanan panjang semakin mudah dan nyaman untuk dilalui.

Stang

Stang Kiri Ninja 1000SX

Stang Kanan Ninja 1000SX

Di stang kanannya terdapat kotak saklar dengan cell/kill switch terintegrasi beserta electronic throttle. Sedangkan, stang kirinya dilengkapi dengan beragam tombol pengaturan untuk electronic control dan display panel meter. Selain itu, grip penghangatnya sudah termasuk sebagai perlengkapan standar.

Rem

Rem Depan Ninja 1000SX

Rem Belakang Ninja 1000SX

Rem depannya menggunakan rem cakram double berdiameter 300 mm dan kaliper radial mount, sedangkan rem belakangnya memakai rem cakram 250 mm. Selain itu, terdapat KIBS ((Kawasaki Intelligent Anti-Lock Braking System) dengan pengereman optimal berdasarkan berbagai macam informasi.

Suspensi

Shock Depan Ninja 1000SX

Preload Adjuster Ninja 1000SX

Shock Belakang Ninja 1000SX

Preload Adjuster Shock Belakang Ninja 1000SX

Shock depan upside down Ninja 1000SX memiliki as berukuran 41 mm. Compression & rebound damping force serta preload-nya dapat diatur kembali.

Shock belakang Ninja 1000SX dilengkapi dengan rebound damping force dan preload tipe adjustable. Preload-nya dapat dengan mudah diatur menggunakan preload adjuster yang terpisah.

Ban dan Velg

Roda Depan Ninja 1000SX

Roda Belakang Ninja 1000SX

Ukuran ban depan: 120/70ZR17M/C (58W)

Ukuran ban belakang: 190/50ZR17M/C (73W)

Ninja 1000SX memakai velg 6 palang yang lumrah dijumpai di motor super sport dan ditemani oleh ban sport BATTLAX HYPERSPORT S22 dari Bridgestone yang menyuguhkan cengkraman mantap dan handling yang ringan.

Windshield

Windshield Ninja 1000SX

Tombol Pengatur Ketinggian Windshiled Ninja 1000SX

Windshield Ninja 1000X Posisi Rendah

Posisi rendah

Windshield Ninja 1000X Posisi Tinggi

Posisi tinggi

Windshield Ninja 1000SX dapat disesuaikan hingga ke empat sudut yang berbeda sesuai dengan preferensi rider. Proses penyesuaiannya dapat dilakukan tanpa peralatan khusus, cukup menekan tombol di bagian bawah panel meter saja.

Tangki

Tangki Ninja 1000SX

Kapasitas tangki: 19L

Tangki 19 liter punya Ninja 1000SX tidak hanya dirancang untuk kapasitas yang lebih besar, namun juga dirancang untuk grip lutut yang lebih mudah sehingga handling semakin nyaman.

Jok

Jok Ninja 1000SX

Bagasi Bawah Jok Ninja 1000SX

Behel Motor Ninja 1000SX

Gembok Helm Ninja 1000SX

Jok Ninja 1000SX terbuat dari bahan urethane padat yang tahan lama dan mampu mempertahankan bentuknya. Ini sangat membantu rider agar tidak mudah lelah saat berkendara jarak jauh. Motor ini juga dilengkapi behel motor dan gembok helm yang berguna saat ingin berboncengan.

Harga

Harga Kawasaki Ninja 1000SX di dealer resmi di Jepang adalah 1,485,000 Yen atau sekitar 202 juta Rupiah per Oktober 2020.

Kesimpulan

Ninja 1000SX adalah motor sport tourer yang sempurna. Selain mengutamakan aspek kenyamanan, motor ini juga mengedepankan urusan performa yang mumpuni. Harganya sepadan dengan fitur dan kebolehan yang ditawarkan.

[Baca Juga]
Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Ninja 1000 di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Ninja 1000SX di sini

Related post

Return Top