Ducati Umumkan Rangkaian Motor Terbaru untuk 2020
- 25/10/2019
263 views
Menjelang EICMA 2019 yang akan diadakan di Milano-Rho Trade Fair Centre (Fiera) dari 7 hingga 10 November 2019, Ducati telah mengumumkan rangkaian sepeda motor dan Ebike (sepeda listrik) yang akan dilepas ke pasaran tahun 2020. Terdiri dari berbagai motor keluaran tahun-tahun sebelumnya dengan spek terbaru serta satu motor terbaru, para kuda besi Ducati ini siap meluncur dalam balutan teknologi modern dengan gaya yang sporty.
Ducati World Première 2020 adalah acara puncak Konferensi Dealer Sedunia, sebuah acara yang mempertemukan para petinggi dealer Ducati yang berjumlah lebih dari seribu orang yang mewakili 71 negara di dunia. Disiarkan langsung via internet, acara ini diadakan pada Rabu 23 Oktober di atas panggung Palacongressi di Rimini yang dipimpin oleh CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali.
Pembukaan oleh Claudio Domenicali
Inilah kata sambutan dari Claudio Domenicali saat Ducati World Première 2020:
“Untuk Ducati World Première 2020 kami telah memutuskan untuk kembali mengadakannya di Motor Valley, sebuah area eksklusif yang menyatukan berbagai brand otomotif terkemuka yang tidak tertandingi di dunia, tempat di mana kami dengan bangga bisa menjadi salah satu bagiannya. Hari ini kami akan meluncurkan beberapa motor impian ditambah tiga Ebike yang akan menemani Ducati MIG-RR yang diluncurkan tahun lalu. Seri MIG-RR Limited Edition mewakili motor kelas atas dengan komponen premium seperti penggunaan velg carbon dan sistem perpindahan gigi elektronik, pengaturan suspensi yang canggih dan serta kustomisasi motor menambahkan nama pemilik di bodinya. Seri MIG-S dibalut oleh berbagai part premium dengan harga yang terjangkau, dan terakhir ada City Bike dari rangkaian Scrambler®.
Kawasaki Z H2: Era Baru Kelas Hypernaked
Di ranah sepeda motor, Diavel akan diluncurkan dalam kelir baru begitu juga dengan Multistrada 1260 S Grand Tour yang memiliki tiga warna tambahan. Panigale V2, dengan mesin 955cc Superquadro twin silinder, juga siap diluncurkan dengan desain bodi dan upgrade mesin terbaru.
Kami juga akan meluncurkan versi terbaru Panigale V4 yang merupakan sport bike terlaris di dunia selama dua tahun berturut. Kami telah mengumpulkan dan menganalisis data serta feedback yang didapatkan dari pelanggan Ducati berdedikasi tinggi kami di seluruh dunia, sehingga kami dapat mempersembahkan Panigale V4 2020 yang telah diubah agar tidak terlalu melelahkan dan bisa dengan mudah melibas jalanan dengan kontur tidak rata. Jika diukur dengan stopwatch motor ini jelas telah lebih cepat dari sebelumnya dan cocok untuk rider amatir yang senang mengebut. Panigale V4, yang dikendarai oleh Michele Pirro dalam settingan standar dengan knalpot homologasi dan ban slick, adalah motor yang berhasil menembus respon kronometrik sebesar 3 detik lebih cepat dari rekor versi Superbike-nya yang dicetak saat tes di sirkuit Vallelunga tahun lalu.
Motor terakhir yang akan kami perkenalkan adalah Streetfighter V4 yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya. Motor yang luar biasa ini telah kami lengkapi dengan, istilah yang biasa kami sebut di Borgo Panigale, “The Fight Formula”: kami menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.130cc, menambahkan piranti elektronik generasi terbaru dari Panigale V4, meringankan beratnya menjadi 178kg saja dalam keadaan kering serta menambahkan stang tinggi nan lebar, melepas semua fairing sehingga kecepatan 208 tenaga kuda dalam putaran 12.750 rpm dapat dengan mudah diraih.
Motor berperforma tinggi ini sangat mementingkan sisi kenyamanan pengendara berkat jok ergonomis yang empuk dan satu set suspensi untuk penggunaan di jalan raya. Motor yang mampu memberikan perlindungan mumpuni bagi si rider, sama dengan motor Ducati generasi terbaru lainnya, karena dibekali dengan peralatan elektronik yang menunjang kemudahan dan keselamatan pengendara yang merupakan prioritas Ducati saat ini.”
Mulai dari Ebike Hingga Streetfighter V4
Mengikuti kesuksesan Ducati MIG-RR yang diperkenalkan di EICMA tahun lalu, Ducati kembali meluncurkan serangkaian Ebike untuk 2020. Ebike nomor 1 untuk tahun depan adalah Ducati MIG-RR Limited Edition yang hanya dibuat sebanyak 50 unit; motor ini dirangkai sepenuhnya di Itali dengan tambahan suspensi Ohlins, velg carbon, gearbox elektronik, dan dibalut dengan desain Ducati Corse rancangan D-Perf Aldo Drudi. Selain itu ada juga Ducati MIG-S yang merupakan sepeda gunung elektrik yang dirancang untuk seluruh medan, termasuk yang paling berat sekalipun. Ebike ketiga adalah E-Scramble yang merupakan versi ‘trekking’ dengan komponen mewah; sepeda ini ditujukan bagi mereka yang senang bersepeda di jalanan kota atau perumahan dengan tunggangan ala Ducati Scrambler.
Sepeda motor pertama yang diperkenalkan malam itu adalah Icon Dark terbaru yang dibekali dengan mesin 800cc “Land of Joy” dari rangkaian Ducati Scrambler, bersama dengan sketsa dua motor konsep yang dibuat oleh Centro Stile Ducati untuk EICMA 2019. Kemudian giliran Multistrada 1260 S Grand Tour yang merupakan versi spesial 1260 S bagi mereka yang ingin menempuh jarak jauh dengan motor yang nyaman. Selanjutnya ada Diavel 1260 yang hadir dalam warna baru untuk 2020 bernama Dark Stealth (tersedia untuk versi standar) dan Ducati Red dengan velg putih (untuk versi S). Keduanya telah mengalami peningkatan dari segi mesin dan kesan sporty yang ditampilkan cruiser super ini membuatnya menjadi lebih unik.
Selanjutnya ada Panigale V2 dari rangkaian motor terbaru Ducati 2020. Panigale dengan silinder dua silinder ini memiliki tampilan yang benar-benar baru dan dilengkapi dengan piranti elektronik platform inersia, jok yang nyaman, serta suspensi dengan pengaturan khusus yang menjamin riding menjadi lebih nyaman dan mudah dikendalikan. Dipersembahkan oleh mesin Superquadro 995cm³ dengan tenaga maksimum 155hp dalam 10.750 rpm dan torsi maksimum 104 Nm dalam torsi 9.000rpm (sesuai dengan regulasi Euro 5).
Dirangkai menggunakan frame monocoque, sasinya memiliki desain baru yang sporty. Fairingnya dengan sempurna menutupi mesin sembari menonjolkan betapa rampingnya mesin Superquadro twin-cylinder ini.
Keunggulan Panigale V2 lainnya adalah swingarm satu sisi dan knalpot single super ramping dengan silencer bawah mesin. Garis-garis tegas khas superbike Ducati semakin diperkuat dengan warna Ducati Red dan velg hitam.
YAMAHA Luncurkan MW-VISION, Tricity 300, dan 4 Model World Premiere Lainnya di Tokyo Motor Show 2019
Beralih ke motor selanjutnya, salah satu kejutan EICMA 2019 adalah Panigale V4. Seri tahun 2020 ini dibuat menjadi lebih ramah terhadap rider dan tidak mudah melelahkan sekaligus menjadi lebih cepat.
Insinyur Ducati dan Ducati Corse telah memperhitungkan dengan baik segala statistik yang dikumpulkan dari pelanggan di seluruh dunia dan Kejuaraan Dunia Superbike. Hasil analisis mereka berujung pada perubahan aerodinamis, sasis, susunan kabel peralatan elektronik untuk Ride by Wire. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan dan membuat saat meningkung lebih mudah ditambah kontrol gas yang lebih fleksibel.
Panigale V4 sekarang juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dari V4 R mulai dari aero pack (aerofoil, windshield Plexiglas, fairing, lubang angin samping yang lebih efisien). Semua produk ini memberikan perlindungan terhadap terpaan angin yang lebih baik dan secara keseluruhan meningkatkan keseimbangan motor dan membuat rider lebih percaya diri.
Untuk melengkapi pembaruan ini ditambahkan juga Front Frame yang dibuat lebih kokoh dengan garis-garis ramping. Berkat sistem kontrol ‘prediktif’, kinerja Kontrol Traksi Ducati (DTC) EVO 2 menjadi lebih baik. Selain itu, Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2 membuat waktu menaikkan gear menjadi lebih cepat dan memungkinkan putaran gear mencapai kecepatan 10.000rpm tanpa kehilangan keseimbangannya. Motor ini juga dilengkapi dengan pemetaan baru kabel Ride by Wire.
Mesin Desmosedici Stradale 1.103cm³ menjadi sumber tenaga Panigale V4. Mesin ini mengadopsi mesin V4 90° MotoGP dengan timing Desmodromic yang memiliki noken as dengan putaran terbalik dan Twin Pulse firing order. Mesinnya dapat menghasilkan kecepatan 214 tenaga kuda dalam putaran 13.000 rpm dan torsi 12,6 Kgm dalam putaran 10.000 rpm yang membuat siapapun pengendaranya merasa sangat puas.
Bintang lainnya di Ducati World Première 2020 adalah motor super naked Streetfighter V4 yang dinanti-nanti dan merupakan kandidat terdepan motor dengan tampilan terbaik di EICMA 2019.
Dasar motor Streetfighter V4 adalah Panigale V4 yang fairingnya dibuang dan ditambahkan stang model tinggi dan lebar. Dengan berat 178kg, motor ini ditenagai oleh mesin Desmosedici Stradale 1103cc, di mana kecepatan 208hp yang dihasilkan berhasil dikontrol oleh aerofoil biplane dan serangkaian peralatan elektronik penunjang lainnya yang disebut ‘Fight Formula’ oleh Ducati. Hasilnya adalah motor naked Ducati yang modern, canggih, dan mengesankan. Motor seperti ini tidak ragu untuk memperlihatkan mesin yang menjadi sumber performanya dan lebih mengedepankan sisi praktis untuk dipakai sehari-hari.
Lampu depan full LED-nya dilengkapi dengan lampu LED DRL berbentuk V yang menangkap semangat Streetfighter V4 dengan tepat. Di satu sisi, bagian depannya mirip dengan Panigale V4 yang sekilas terlihat seperti seringai Joker (karakter komik yang menjadi inspirasi Ducati Style Center dalam pembuatan motor yang dirakit di Bologna ini).
Front Frame dan mesin Desmosedici Stradale adalah dua hal yang menonjol dari Streetfighter V4. Secara keseluruhan tampilannya begitu ramping dan gagah berkat garis-garis tegas dari strukturnya. Setiap bagiannya saling melengkapi satu sama lain.
Motor dengan tampilan garang seperti ini tentunya butuh mesin yang sama garangnya dan keputusan untuk memasangkan Desmosedici Stradale 1103cc 208hp adalah keputusan yang sangat tepat. Dengan berat kosong 178kg (versi ‘S’), motor ini mampu menghasilkan rasio tenaga/berat sebesar 1.17. Performanya dapat dikembangkan lagi dengan penggunaan knalpot full-racing Ducati oleh Akrapovič, yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 220 hp dan mengurangi berat sebesar 6 kg.
YAMAHA Luncurkan MW-VISION, Tricity 300, dan 4 Model World Premiere Lainnya di Tokyo Motor Show 2019
Performa motor petarung ini diseimbangkan dengan berbagai peralatan elektronik dari Panigale V4 dan aerofoil biplane yang dikembangkan oleh tim aerodinamika Ducati Corse. Aerofoil ini bisa menghasilkan downforce sebesar 28 kg dalam kecepatan 270 km/jam yang mengurangi kemungkinan roda depan terangkat. Aerofoil ini juga berfungsi untuk meningkatkan kestabilan pengereman saat menikung. Di jalanan, kemampuan ini membuat rider menjadi percaya diri. Sebaliknya di atas trek, peningkatan performanya dikendalikan oleh perangkat elektronik dan memungkinkan adanya perlambatan pengereman.
Perangkat elektronik generasi terbaru yang dimiliki Streetfighter V4 mengacu pada platform inersia 6 sumbu yang dapat dengan seketika mendeteksi sudut roll, yaw, dan pitch motor. Piranti ini juga mengawasi segala aspek motor; beberapa mengendalikan fungsi start, akselerasi, dan pengereman, lainnya mengatur kontrol traksi, membantu saat menikung dan lain sebagainya. Aspek keselamatan, performa, dan desain yang mencengangkan memberikan motor ini kepribadian yang begitu agresif dan menantang. Selamat datang, Ducati Streetfighter V4!
Selain motor-motor mengagumkan yang siap diluncurkan tahun depan, Ducati juga menyediakan aksesoris dan apparel dengan desain original Ducati bagi para pengunjung EICMA di Fiera Milano-Rho, 7/10 November 2019 – Hall 15 Stand N06.
Sumber [ DUCATI ]
Kawasaki Z H2: Era Baru Kelas Hypernaked
YAMAHA Luncurkan MW-VISION, Tricity 300, dan 4 Model World Premiere Lainnya di Tokyo Motor Show 2019