FIM Wajibkan Helm Homologasi Mulai 2020

  • 13/02/2020
  •  318 views

FIM Wajibkan Seluruh Helm Balap Motor Lolos Uji Homologasi homologasi helm fim ewc - FIM Wajibkan Helm Homologasi Mulai 2020

Per 1 Januari 2020, penggunaan helm yang sesuai dengan standar homologasi FIM wajib digunakan dalam kejuaraan FIM Endurance World Championship dan Endurance World Cup. Helm homologasi adalah helm yang telah diidentifikasi dengan label FIM FRHPhe (FIM Racing Homologation Programme). Kewajiban menggunakan helm homologasi akan diterapkan pada ronde FIM EWC berikutnya yang akan diselenggarakan di Le Mans pada 18 dan 19 April.

FIM, yang hingga saat ini mengikuti standar internasional yang telah ada untuk helm standar biasa, telah mengeluarkan program sertifikasi khusus untuk helm balap mulai tahun 2019. Program ini menggabungkan jenis tes baru dan kriteria yang jauh lebih ketat untuk helm yang diperuntukkan untuk ajang balapan, yang tentunya di atas standar helm jalanan. Program ini dibentuk berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian terbaru khusus tentang bentuk kepala manusia.

FIM FRHPhe-01 menerapkan protokol homologasi yang menggabungkan uji dampak dalam kemiringan 45° baru serta uji dampak dalam berbagai posisi yang dilakukan dalam kecepatan tinggi. Kapasitas peredam benturan juga ditingkatkan untuk mengurangi resiko terjadinya cedera otak ketika kecelakaan terjadi. Bagian busa kepala helm sekarang dilapisi oleh silikon yang mengikuti ketebalan kulit kepala manusia, dan zona benturannya juga telah diubah untuk menangkal koefisien gesek permukaan aspal.

Manufaktur yang mendaftarkan helm balapnya untuk lolos tes homologasi FIM FRHPhe-01 diwajibkan untuk menyerahkan sample helm untuk diuji di laboratorium Aragon Institute of Engineering Research (University of Zaragoza) di Spanyol. Tiap ukuran model helm harus melalui tes homologasi terpisah dan dikirimkan bersama seluruh perlengkapan balap lainnya.

Helm yang sudah lolos homologasi akan diberi label FIM FRHPhe-01 yang dijahitkan di bagian tali dagu bersama dengan sertifikat helm standar.

Klik DI SINI untuk melihat daftar helm yang sudah lolos homologasi FIM dan DI SINI untuk mengetahui lebih lanjut tentang homologasi helm.

Penggunaan helm homologasi akan termasuk dalam pengecekan teknis menjelang 24 Heures Motos di Le Mans pada April nanti.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top