JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Honda Africa Twin Kapasitas Sedang Akan Segera Hadir!

Africa Twin 790 cc

Honda sedang menggarap motor Africa Twin dengan kapasitas yang diperkecil agar bisa masuk ke pasar motor adventure yang menggiurkan. Dikutip dari MCN, Africa Twin terbaru akan menjadi salah satu dari tiga model yang berbasis desain modular. Tentu ini adalah kabar gembira bagi rider motor adventure karena selama ini ada celah besar dalam jajaran motor adventure Honda yang meliputi motor off-road CRF 250 atau 450 cc dengan Africa Twin 1100 cc yang kapasitasnya jauh lebih besar.

Honda Africa Twin merupakan motor adventure proporsional yang cocok untuk berkendara berboncengan dan seri Adventure Sports yang baru sengaja ditujukan bagi pecinta adventure tingkat tinggi. Namun, motor ini masih memiliki kekurangan, seperti body yang bongsor, bobot yang berat, tenaga yang terlalu besar bahkan bagi rider berpengalaman dan juga harganya yang mahal. Honda mengerti semua kekurangan itu membuat rider muda tak tertarik untuk membelinya dan maka dari itu mereka menciptakan sesuatu yang baru.

Basis untuk motor terbaru ini merupakan evolusi dari seri NC yang memiliki dua tipe yaitu NC750S dan NC750X yang bergaya adventure. Namun, ada beberapa perubahan pokok yang membuat motor ini berbeda dan terasa lebih tangguh. Kapasitas mesinnya akan diperbesar menjadi 790 cc, yang seharusnya bisa memberikan tambahan tenaga dan torsi, serta mengimbangi standar emisi Euro5. Mengikuti versi 1100, Africa Twin versi mini akan memiliki opsi transmisi DCT seperti yang sudah ada di model NC saat ini.

[Baca Juga]
Honda Rebel 1100 Bakal Pakai Mesin Africa Twin?

Kenji Morita - Pimpinan Proyek CRF1100L Africa Twin

Kenji Morita yang merupakan ketua pengembangan Africa Twin 1100 cc mengaku bahwa Honda memang mempunyai ketimpangan dalam jajaran motor adventure yang sekarang berniat mereka isi. “Saat kami membahas tentang motor adventure yang sesungguhnya, kami tidak punya banyak pilihan model. Jadi, kami putuskan untuk membuat model kapasitas sedang supaya bisa menarik perhatian kaum muda.” MCN memperkirakan harga model ini akan sepadan dengan komponen yang dipakai seperti windshield non-adjustable, dashboard simple dan suspensi non-adjustable.

Hadirnya motor adventure 790 cc ini akan membawa Honda di tengah ketatnya persaingan segmen motor adventure ukuran sedang yang mencakup BMW F850GS, Triumph Tiger 900-an terbaru dan Yamaha Ténéré 700 dan juga KTM 790 Adventure. Walaupun tenaga Africa Twin kapasitas lebih kecil ini tidak setangguh keempat saingannya, tapi motor ini akan lebih mudah dikendarai dan lebih cocok untuk rider pemula di segmen motor sport.

Ini bisa jadi cara cerdik Honda untuk keluar dari terjangan KTM 790 Adventure yang memang dibuat oleh pabrikan asal Austria ini untuk menandingi Africa Twin, seperti yang diakui oleh sang CEO. Dua model NC terbaru lainnya juga sedang direncanakan. Kemungkinan besar motornya bermodel naked roadster dan ‘klasik’. Honda masih bungkam tentang model-model ini, namun kita harap mereka akan menguaknya di pameran motor EICMA pada November mendatang. Karena Yamaha Ténéré 700 adalah motor adventure berkapasitas sedang yang paling baru meluncur ke pasaran, motor ini jelas akan menjadi saingan utama Africa Twin terbaru. MCN memperkirakan harga Africa Twin kapasitas sedang ini sekitar Rp156 juta.

[Baca Juga]
Modifikasi Honda Monkey: Rekomendasi Set Fork/ Shockbreaker Original Mulai 2 Jutaan!

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top