Honda V-Twin Supercharger Siap Diproduksi?

  • 17/01/2020
  •  300 views

Desain Mesin Supercharger Honda V-Twin mesin forced induction supercharger - Honda V-Twin Supercharger Siap Diproduksi?

Beberapa gambar paten yang baru-baru ini beredar menunjukkan rancangan sepeda motor Honda bermesin V-Twin dengan metode forced induction (induksi paksa) supercharger. Rumor bergabungnya Honda ke ranah mesin forced induction sudah berhembus dari beberapa waktu yang lalu dengan tersebarnya desain paten yang bertujuan untuk menunjukkan rancangan mesin motor dalam bentuk utuh atau sebagian.

Motor rancangan Honda ini terlihat lebih matang dari yang kita duga karena gambar paten baru yang beredar memperlihatkan tampilan motor yang hampir sempurna, bukan sekedar motor aneh dengan desain super wah yang biasa pabrikan gunakan untuk menyembunyikan rahasia internal.

[Baca Juga]
MV Agusta Siap Luncurkan Motor Hyper Naked Rush 1000

Desain Motor Honda V-Twin Supercharger desain motor honda v twin supercharger - Honda V-Twin Supercharger Siap Diproduksi?

Jika dilihat dari desainnya, mesin ini dapat dengan mudah digunakan untuk motor kelas naked maupun sportsbike. Desain rangkanya sangatlah mengesankan dan sudah lama kita tidak lihat dari Honda. Motor ini menggunakan sasis model pipa trellis, yang sebenarnya sudah cukup biasa, tapi yang menarik adalah posisi pemasangan dan layoutnya. Rangka dipasang dengan kokoh di atas mesin. Penggunaan mesin dalam posisi seperti ini hanya bisa diaplikasikan dengan konfigurasi tertentu, salah satunya adalah V-Twin yang mampu menahan gempuran torsi dengan mapan.

Dilihat dari model jok, bentuk tangki bahan bakar dan garis bodi, mesin ini bisa dipasang ke salah satu model motor naked Neo Sports Cafe Honda seperti CB650R. Meski begitu, mesin ini juga bisa diterapkan ke CBR650R, jadi kemungkinan mesin motor ini dipasang ke motor sportbike cukup tinggi.

Setelah bertahun-tahun enggan mengeluarkan motor dengan mesin V-Twin, rasanya menyenangkan sekali jika akhirnya Honda mewujudkan hal tersebut sehingga kita bisa kembali ke era emas VTR1000 SP1 dan SP2! Dan untuk menambah bumbu di balik beredarnya gambar-gambar paten ini, sebenarnya mereka telah mengajukan hak patennya sejak tahun 2017, tetapi baru dipublikasikan awal tahun ini. Waktu penundaan yang cukup lama, ya? Tetapi mungkin rentang waktu tersebut dihabiskan untuk menyelesaikan rancangan motor ini.

[Baca Juga]
Motor Dirtbike Terbaru yang Patut Dinantikan di 2020

Sumber [ Visordown ]

Related post

Return Top