JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Hujan, Musuh Terbesar Para Rider dan Tips Melewatinya

  • 05/07/2019
riding in the rain

Musim hujan datang setiap tahun. Cuaca menjadi lembab dan tidak nyaman terutama untuk berkendara.

Sebelum touring, ada baiknya Anda memantau berita perkiraan cuaca agar terhindar dari hujan lebat saat touring.

Berkendara di Situasi Hujan dan Petir

Di artikel ini, penulis akan berbagi seputar tips berkendara saat hujan lebat.

Di musim hujan, hujan lebat biasanya datang diiringi petir. Air menggenangi permukaan jalan dan membuat jalanan terlihat seperti sungai, menyebabkan Anda sulit bergerak. Jika hujan datang dengan petir, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tempat berteduh yang aman dari sambaran petir. Hindari berteduh di bawah pohon yang tinggi karena pohon dan tempat-tempat yang tinggi sangat rawan terkena sambaran petir.

Banjir Setinggi 10cm dan Tak Bisa Bergerak!

Anda juga harus berhati-hati saat melewati jalanan yang terendam banjir. Pertama, Anda tidak tahu kedalaman banjir tersebut. Kedua, kondisi jalanan yang kemungkinan berlubang dan Anda tidak dapat melihatnya. Di jalanan yang terendam banjir, motor Anda akan mengalami kesulitan saat belok dan bergerak maju meski ketinggian banjir hanya 10cm. Semakin tinggi kecepatan motor, semakin besar pula gaya yang diterima roda depan. Hal ini akan membuat motor Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh.

Jangan Terburu-buru Saat Hujan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat berkendara di musim hujan.

Pertama, jangan terburu-buru. Jalanan menjadi licin di musim hujan dan jika Anda melakukan akselerasi atau mengerem secara tiba-tiba, ban motor Anda akan kehilangan daya grip-nya.

Sebaliknya, Anda harus berhati-hati dan menekan handle rem motor Anda sedalam mungkin. Contohnya, jika Anda menekan sebuah penghapus karet sekuat mungkin ke atas permukaan meja, maka kemungkinan bagi penghapus tersebut untuk tergelincir sangatlah kecil.

Prediksi Kemiringan Jalan Sebelum Melewatinya

Hindari jalanan yang terlalu miring terlepas dari sekuat apa pun daya grip ban motor Anda. Kondisi jalanan saat terendam air berbeda dengan kondisi jalanan saat kering.

Pada dasarnya, jalanan dengan groove/pattern garis lebih aman dilewati saat cuaca hujan. Namun, ban-ban motor yang digunakan saat ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman digunakan di jalanan licin tanpa groove sekalipun. Meski demikian, untuk menghindari berbagai risiko, akan lebih aman jika Anda dapat memprediksi kemiringan jalan sebelum melewatinya.

Related post

Return Top