JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Husqvarna Vitpilen 701 Spesial untuk Bintang F1 Charles Leclerc

Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Usianya boleh baru menginjak 22 tahun, tapi Charles Leclerc adalah salah satu dari segelintir pembalap muda Formula 1 tercepat dalam beberapa dekade terakhir. Ia memulai debutnya di dunia jet darat pada tahun 2018, dan dalam waktu satu tahun ia mampu mengamankan kursi pembalap Ferrari. Ia juga berhasil mencetak poin dan memenangkan lebih banyak balapan dibandingkan rekan setimnya, sang juara dunia empat kali Sebastian Vettel.

Seperti kebanyakan pembalap F1 dengan talenta super, Leclerc juga menyenangi dunia sepeda motor. Pembalap masa lalu dan kini seperti Senna, Schumacher, Hamilton, Button, dan Webber juga mempunyai ketertarikan besar terhadap dunia roda dua, tetapi Leclerc tergabung dalam grup yang lebih eksklusif lagi.

Tampilan Motor Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Bersama dengan Kimi Raikkonen, yang ironisnya pergi dari Ferrari karena kedatangannya, pembalap asal Monako ini adalah penggemar motor custom.

Hal ini terungkap karena Leclerc baru saja mengumumkan bahwa Walid dari Bad Winners, bengkel ahli motor custom top asal Prancis, telah membuatkannya motor custom dari Vitpilen 701.

[Baca Juga]
Kawasaki ER6N “Bully” Hasil Modifikasi AMS Garage dari Bali

Tampilan Depan Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

“Semuanya bermula dari Instagram,” kata Walid. “Charles Leclerc mengirimkan pesan ke akun Bad Winners! Awalnya saya kira spam atau bohongan.”

“Charles bilang, ‘Saya sudah mengikuti kalian cukup lama, dan saya suka motor-motor rakitan kalian. Boleh tidak kalau saya minta dibuatkan satu?’”

Lampu Depan Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Walid tidak percaya kalau yang menghubunginya adalah Charles Leclerc sungguhan. Ia kemudian mengirimkan nomor pribadinya, dan tak lama sebuah panggilan pun masuk. Ternyata Leclerc sendiri yang menelponnya.

Ia mengungkapkan ke Walid kalau motor custom favoritnya adalah “The Apex”, yakni Yamaha FZS600 Fazer custom yang dibuat sekitar tiga tahun lalu. Leclerc ingin menggunakan motor tersebut sebagai inspirasi untuk Husqvarna Vitpilen 701 impiannya. Tak lama, proyek ‘Apex 2.0’ pun resmi berjalan.

Pembalap F1 Charles Leclerc

Setelah menghabiskan beberapa hari menyiapkan ide, Walid mulai menggambar lekukan-lekukan body motor. Ia kemudian mempresentasikan konsepnya kepada Charles yang kemudian memberikan lampu hijau.

Instrumen elektronik untuk motor ini dibuat unik, dan perubahan paling besar ada di siluet motor secara keseluruhan. “Kami merancangnya menggunakan 3D modeling terlebih dulu, baru kami cetak menggunakan printer 3D untuk dijadikan acuan pembuatan bodywork,” jelas Walid.

Rangka Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Bodywork hasil rancangan baru pun terlihat lebih tegas dan futuristik dibandingkan dari studio desain Kiska dari Husqvarna dan dari bagian lampu depan yang menggunakan miliki KTM Duke 790 hingga ke ujung belakang motor semuanya terbuat dari bahan karbon. Semua pembalap tahu betul kalo berat adalah musuh nomor satu.

“Charles ingin menggunakan sparepart berbahan karbon, termasuk velgnya,” jelas Walid. “Kami sudah bekerja sama cukup lama dengan Dymag dari Inggris, jadi saya meminta mereka untuk membuatkan kedua velgnya. Bagian motor berbahan karbon lainnya dibuat sendiri oleh kami.” Velg CA5 dengan lima palang yang digunakan memiliki berat kurang dari tiga kilogram.

Lampu Belakang Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Rangka belakang yang ramping juga merupakan buatan Bad Winners dan dilengkapi dengan plat baja laser-cut 1,5 mm dan jok khusus berbahan kulit. Bagian belakangnya dihiasi oleh lampu belakang Plexiglass translucent red dari CNC dengan empat lampu LED dan modul lampu belakang yang juga menutupi aki Antigravity delapan cell.

Untuk urusan mesin, Walid memutus semua sistem katalitik yang ada dan membuat pipa baja untuk membuang gas beracun hasil pembakaran. SC-Project ikut serta dalam proyek ini dengan memasangkan muffler CR-T yang amat mirip dengan versi untuk motor MotoGP. Modul injeksi bahan bakar Dynojet Power Commander V mampu menjaga keselarasan keseluruhan komponen mesin.

Knalpot SC Project Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

[Baca Juga]
BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

Bagian yang paling rumit untuk dikerjakan adalah cockpitnya, bahkan usai Walid membuatkan pengaturan speedometer yang baru.

“Siapa yang pernah bermimpi mengubah speedometer dan kontrol stang tanpa harus merombak pengkabelan yang ada di motor mereka?” katanya. “Sangatlah sulit untuk melakukan hal tersebut terlebih pada Vitpilen 701. Motor modern itu ibaratnya komputer berjalan.”

Panel Display Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Maka dengan itu, Bad Winners mengembangkan motherboard terpisah yang terhubung dengan ECU tanpa mengubah pengkabelan harness bawaan motor. Mereka kemudian melengkapinya dengan layar LED 4.3 inch ultra-bright.

Dan walaupun Anda bisa menambahkan kabel untuk tombol tekan di stang, fungsi standar lainnya seperti kontrol traksi dan ABS tidak akan mengalami gangguan.

Tampak Depan Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Untuk Vitpilen 701 milik Leclerc, speedometernya terhubung langsung ke segitiga atas stang custom yang diapit oleh stang jepit racing dari Renthal. Beberapa minggu kedepan Walid akan merilis versi standar untuk Vitpilen dan Svartpilen.

Akan hadir pula versi untuk BMW R nineT, duo kembar baru Enfield dan Ducati Scrambler 800 dan juga untuk Triumph terbaru seperti T100, T120, dan Thruxton.

Tampak Atas Panel Display Husqvarna Vitpilen 701 Custom untuk Charles Leclerc oleh Bad Winners

Vitpilen bukanlah motor yang bisa dikategorikan lambat, tetapi tunggangan baru Leclerc tentunya akan lebih cepat. Walid memperkirakan peningkatan tenaga dari 75 ke 85 tenaga kuda berkat sistem baru katalitik konverter dan penggunaan Power Commander.

Selain itu, dengan bodywork dan roda berbahan karbon, pengurangan berat knalpot dan pembuatan rangka belakang menjadi lebih kecil, berat kering motor ini turun dari 157 kg (yang sudah termasuk sangat ringan!) menjadi hanya 130 kg.

[Baca Juga]
Pembalap Wanita Asal Jepang Shizuka Okazaki Mencoba CBR250RR: “Motor yang Ideal!”

Charles Leclerc dengan Husqvarna Vitpilen 701 Custom dari Bad Winners

Bad Winners dapat membuat duplikat rancangan motor ini, termasuk Vitpilen 701 dengan seluruh komponen karbon milik Leclerc dengan harga sekitar Rp325 jutaan (garansi original Husqvarna tetap bisa berlaku). Jika dirasa terlalu mahal, tiga konfigurasi alternatif untuk motor jenis ini akan hadir dengan kisaran harga Rp228 jutaan.

Vitpilen adalah motor yang sangat keren. Bahkan dengan berat yang amat ringan dan power lebih, motor custom satu ini terlihat sangat serasi untuk digeber di jalanan Monako yang sempit dan dipenuhi pegunungan.

Monsieur Leclerc telah membuat keputusan yang sangat tepat!

Charles Leclerc dan Bad Winners dengan Husqvarna Vitpilen 701 Custom

Sumber [ BIKEEFIX ]

Related post

Return Top