Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

  • 06/03/2020
  •  223 views

Test Ride BMW S1000XR 2020 test ride bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

Memiliki performa layaknya superbike, kenyamanan ala motor touring, kelincahan bak motor adventure, dan segudang kejutan lainnya. Ya, BMW S1000XR 2020 memang sebagus itu.

Versi terbaru ini memang tidak memiliki banyak perbedaan dengan yang terdahulu, namun hal ini bukan sesuatu yang buruk karena memang S1000XR model sebelumnya sudah tergolong top. Perubahan sasis dan mesin tentunya membuat motor ini lebih mudah dikendalikan dalam kecepatan tinggi maupun rendah, walaupun sebenarnya tidak terlalu terasa bedanya dengan versi lama.

Oh iya, sebelum membeli motor ini, ada baiknya cari tahu atau jajal F900XR terlebih dahulu. Memiliki mesin twin-cylinder yang lebih kecil, memang F900XR tidak seganas saudaranya, dan dari urusan handling juga tidak berbeda jauh. Namun, untuk rider normal seperti kita, kemudahan kendali FX900R, bodynya yang keren, serta harganya yang lebih murah tentunya patut dijadikan pertimbangan.

[Baca Juga]
BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

Kualitas Berkendara & Rem 4/5

Aksi BMW S1000XR 2020 aksi bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

S1000XR memiliki body yang besar dan tinggi, tetapi nyaman sekali dibawa meliuk-liuk. Saat dipacu dalam kecepatan rendah, motor ini mampu menahan tenaga besarnya dengan baik. Saat gasnya diputar penuh, hanya dengan sekilas sentuhan motor bisa membaca arah mana yang Anda tuju dengan baik.

Suspensi semi aktifnya menggunakan piston damper yang lebih besar dan memberikan tekanan yang lebih rendah dibandingkan dengan settingan opsional sebelumnya demi memberikan rider sensasi berkendara yang lebih mulus. Rentang setelannya sekarang bisa mendekati jenis ‘soft’ dan mode berkendara Road memiliki pengaturan yang mampu meningkatkan kualitas berkendara.

Tentu saja motor menjadi lebih nyaman dipacu juga, tetapi di jalanan yang bergelombang motor bisa terasa sedikit lebih menghentak. Penggunaan Dynamic ESA yang merupakan part damping opsional bisa meminimalisir sensasi yang kurang mengenakkan tersebut.

Windshieldnya cukup mumpuni (untuk kesan sporty bisa diturunkan dan dinaikkan untuk perjalanan jarak jauh), stangnya memiliki sistem ‘decoupling’ untuk menghilangkan getaran yang muncul pada S1000XR generasi pertama, dan walaupun posisi jok tidak bisa disetel, joknya sendiri sudah nyaman. Tarik tuas rem dan motor akan berhenti seketika. Mantap!

Mesin 5/5

Bayangkan mesin gila S1000RR yang sudah dimodifikasi sedikit agar tenaganya bisa berada di tingkat yang realistis untuk motor jalanan. Itulah si XR. Rentang torsinya besar dan BMW berkata bahwa rider ‘adventure sports’ memacu XR dalam rentang 3000 hingga 10.000 rpm sehingga motor ini pun disesuaikan dengan acuan data tersebut.

Swingarm BMW S1000XR 2020 swingarm bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

Mesin langsung memberikan respon begitu ada perintah, tidak peduli jumlah rev atau tingkatan gir yang dipakai. Saya tidak menggunakan sistem ShiftCam dengan variable valve milik RR, tetapi S1000XR sepertinya juga tidak membutuhkannya; motor ini memiliki tenaga yang 10% lebih besar saat keluar tikungan dibanding dengan sang sportsbike dan juga top-end power yang tetap membuat Anda melayang.

Mewarisi tenaga sebesar 165 hp dari sang pendahulu adalah salah satu nilai plus XR 2020. Fleksibilitas tambahan yang diberikan kepada motor ini sulit untuk dirasakan tanpa membandingkannya secara langsung, tetapi yang sekarang sudah cukup. S1000XR adalah jenis motor yang kalau dibawa pelan-pelan pun masih membuat Anda terlihat seperti maniak.

[Baca Juga]
Jajaran Motor Terbaru BMW Awal Tahun 2020

Kualitas Body 4/5

Harusnya sih bagus. Model-model lama (seperti S1000RR yang menjadi basis motor ini) punya masalah pada gearbox dan piranti elektroniknya, tetapi BMW sangat paham akan hal ini dan berupaya untuk menanganinya.

Tampak Depan BMW S1000XR 2020 tameng depan bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

Perlengkapan 5/5

Daftar speknya berisi banyak perlengkapan yang memang Anda harus punya. Suspensi semi aktif sekarang sudah menjadi part bawaan. S1000XR memiliki empat mode berkendara (Rain, Rode, Dynamic, dan Dynamic Pro) yang semuanya bisa Anda atur lagi seperti banyaknya torsi yang Anda inginkan ke gir bawah dan membuat perubahan-perubahan lainnya yang bisa Anda benar-benar rasakan.

Kontrol traksi dan cornering ABS bekerja sempurna dan hanya aktif saat Anda benar-benar membuat kesalahan.

Dashboard BMW S1000XR 2020 dashboard bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

Piranti navigasi tersaji di atas dashboard dan bisa Anda buka melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi khusus yang juga membuat Anda bisa mendengarkan musik, menerima panggilan telepon, dan menikmati hiburan lainnya. Indikator self-cancelling juga sudah termasuk, plus berbagai macam informasi riding yang Anda butuhkan sudah tersaji di hadapan Anda.

Rating keseluruhan 5/5

Tampak Belakang BMW S1000XR 2020 tampak belakang bmw s1000xr 2020 - Inilah Test Ride BMW S1000XR si Serbabisa (2020- )

[Baca Juga]
Ganasnya Supercharger Kawasaki Z H2 (2020- )

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top