JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Kembalinya Sang Legenda: Ini Bocoran Paten Suzuki Hayabusa Terbaru

Konsep Suzuki Hayabusa 2020

Sudah setahun belakangan ini penjualan Suzuki Hayabusa di Eropa dihentikan setelah motor superbike legendaris ini tidak lulus aturan standar emisi Euro 4, namun bukan berarti motor ini tidak akan diproduksi lagi. Para insinyur Suzuki sedang bekerja keras untuk merombak versi Street Triple baru yang jauh lebih baik.

Beberapa bulan belakangan, gambar paten Suzuki menguak tampilan dan teknologi yang dimiliki oleh generasi terbaru Hayabusa. Motor hyperbike ini tidak dibuat 100 persen baru. Letak mesin dan part dengan finishing casting dalam motor masih mengadopsi model sebelumnya. Upaya tersebut dilakukan untuk memangkas biaya pengembangan dan tetap mempertahankan orisinalitasnya.

Sumber terpercaya di Jepang mengatakan bahwa kapasitas Suzuki Hayabusa 2020 akan ditingkatkan menjadi 1440cc. Cara ini digunakan oleh beberapa produsen untuk bisa lulus kebijakan standar emisi yang semakin ketat tanpa kehilangan performa terbaik motor. Tenaga yang dihasilkan Hayabusa 2020 sepertinya akan tetap 200 hp, tapi dengan adanya tambahan kubikasi tersebut akan membawa peningkatan torsi dan kualitas berkendara terbaik.

Dari gambar-gambar yang muncul, ada beberapa perubahan pada elemen-elemen khusus emisi yang meliputi canister carbon untuk menyaring uap bahan bakar dan knalpot yang dirancang ulang dengan memperbesar ruang pengumpul tempat dua konverter katalitik tersimpan.

[Baca Juga]
Suzuki Katana 125R – ‘Baby’ Katana Sedang dalam Proses Produksi?

Rancangan Motor Suzuki Hayabusa 2020
Suzuki Hayabusa terbaru menggunakan sasis baru dengan lampu depan yang lebih ramping dibanding model sebelumnya. Bagian yang hilang dari motor teranyar ini adalah sambungan cast-alloy yang ada di bawah jok dan sebagai gantinya adalah subframe bolt-on konvensional.

Fokus utama Hayabusa terbaru ini terletak pada top speed, namun motor superbike 1000cc lain sudah bisa menyainginya, sehingga Suzuki akan memberikan perhatian lebih pada aspek kenyamanan motor dan kemampuan Hayabusa dalam menempuh jarak jauh tanpa rider harus mengeluarkan banyak tenaga. Gearbox semi otomatis menjadi kunci dari perubahan itu.

Suzuki Hayabusa 2020 masih menggunakan gearbox enam percepatan, tapi kali ini dilengkapi dengan aktuator elektronik untuk mengganti roda gigi dan memanipulasi kopling dengan hanya menekan sebuah tombol yang serupa dengan Yamaha FJR1300A.

Jika semua berjalan sesuai rencana, maka motor Hayabusa ini akan hadir di akhir 2020 sebagai model 2021 dengan gaya mirip seperti mock-up ‘Concept GSX’ yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015 lalu.

[Baca Juga]
Daftar 6 Motor Terbaru Februari 2020

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top