Kijima Mondavi, Perpaduan Antara Honda Monkey 125 dengan Harley-Davidson
- 22/04/2019
534 views
Di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 bulan Maret lalu, produsen suku cadang motor Kijima menampilkan Mon x Davi (Mondavi) yang merupakan motor hasil modifikasi Honda Monkey 125 dengan tampilan bodi Harley-Davidson. Jumlah model motor yang akan dirilis akan tergantung pada respon konsumen. Sebelumnya, Kijima juga pernah merilis model motor Monkey dengan bodi Harley-Davidson Ultra series pada tahun 2011 lalu.
Cocok digunakan untuk touring
Ultra merupakan model motor touring Harley-Davidson yang paling terkenal. Electra Glide Ultra FLHTCU dan FLHTK yang ikonik dipandang sebagai simbol status yang menawan. Ultra series yang memiliki fairing depan khas ini didesain untuk mengakomodasi touring jarak jauh sehingga tergolong nyaman dan juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang cukup besar. Ultra series juga merupakan model motor terbesar di antara motor Harley-Davidson lainnya. Namun kali ini, tampilan moge khas Harley-Davidson tersebut dapat dijumpai pada motor Monkey yang dinamai Mondavi ini. Mondavi merupakan singkatan dari Monkey dan Harley-Davidson.
Kijima Mondavi sebelumnya dirilis pada tahun 2011 dengan jumlah terbatas, yakni 50 buah saja. Modifikasi berkualitas tinggi tersebut menjadi perbincangan di mana-mana. Delapan tahun kemudian, Mondavi yang berbasis Honda Monkey 125 dipamerkan di Tokyo Motorcycle Show 2019. Model baru ini menjadi cukup populer dengan fairing khas dan box motor yang nampak stylish dan memiliki fungsionalitas yang tinggi.
Perbedaan Mondavi lama dengan Mondavi baru
Mondavi memiliki konsep memproduksi ulang tampilan Ultra motor Harley-Davidson pada spakbor depan dan belakang, fairing, box motor, knalpot, dan lain-lain. Kijima Mondavi versi 2019 memiliki rincian perbekalan tampilan Ultra pada: fairing, windshield, spakbor depan, spakbor belakang, bumper depan, knalpot fishtail, lampu kabut LED, bracket box motor, center box belakang, side box, bumper belakang, single seat, shock belakang NITRON, tutup aki, standar samping pendek, reflektor depan, spion oval, dan berbagai macam tipe bracket.
Perbedaan antara model lama 50cc dan baru terletak pada bagian jok dan standar samping. Selain itu, versi 125cc terbaru ini memakai shock belakang produk keluaran NITRON. Shock depannya dibuat lebih tinggi untuk menyeimbangkan shock belakang yang dibuat lebih rendah. Selain itu, knalpot model fishtail yang unik ini diadopsi di kedua versi, baik di 50cc maupun 125cc. Bedanya, versi 125cc merupakan knalpot single.
Foto: Mayumi Satoshi
Monkey-Davidson 1980
Model basisnya adalah Monkey, walaupun tidak terlalu terlihat pada tampilan akhirnya. Tangki dan joknya standar, namun unsur Harley-Davidson pada model motor ini lebih dominan seperti pada bagian windshield, side box, dan velg racing. Tenaga mesinnya tidak terlalu mumpuni, mungkin hanya bisa dipacu rata-rata 30 km/jam. Motor ini menjadi pusat perhatian kala itu. (Sumber: Artikel Young Machine Edisi Februari 1980).