Koleksi Model Terbaru Motor Super Sport Ringan 2019 [Part 2]
- 16/08/2019
502 views
Kelas 600cc memiliki karakteristik motor yang lebih ringan dan ramping daripada kelas 1000cc. Walaupun jumlah motor yang dirilis tahun ini tidak banyak, tetapi beberapa perubahan model seperti YZF-R6 2017 dan Ninja ZX-6R 2019 menyuguhkan berbagai update feature yang pantas ditunggu-tunggu.
Tidak hanya motor pabrikan saja, tetapi modifikasi non-standar dan bergaya retro pun juga muncul.
Kelas super sport 600cc-800cc memiliki daya tarik bodi yang lebih ringan dan ramping dengan output yang lebih mudah dikendalikan ketimbang motor 1000cc yang terlihat sangat sulit dikontrol dengan adanya power tambahan. Harga motor kelas ini juga lebih terjangkau.
Motor 600cc populer di Eropa tahun 1900-an hingga pertengahan tahun 2000. Namun, saat ini perubahan pasar cukup membuat motor tipe ini menghilang karena tidak bisa mengikuti perubahan regulasi emisi EURO4 pada tahun 2016. Dalam situasi mencekik seperti ini, YAMAHA YZF-R6 2017 menjadi motor pertama yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan regulasi tersebut. Langkah itu pun diikuti oleh KAWASAKI dengan perubahan pada Ninja ZX-6R tahun 2019.
Tren terbaru 2019
– Motor super sport kelas 600cc, yang tidak ada matinya
– Akankah gaya kelas ini terpengaruh dengan tren gaya neo klasik?
Kapasitas motor 600cc awalnya dibuat untuk regulasi balapan seperti Kejuaraan Dunia Supersport yang mempunyai masalah putaran torsi yang tidak begitu baik dalam range low-mid karena rotasinya dibuat begitu tinggi agar motor lebih cepat. Jadi, saat ini tersedia banyak model dengan kapasitas yang cukup untuk memenuhi regulasi balapan.
KAWASAKI Ninja ZX-6R / KRT Edition: Tambahan Tenaga 36cc / 126ps yang Lebih dari Cukup.
KAWASAKI Ninja ZX-6R KRT Edition memiliki mesin 4 silinder in-line kapasitas 636cc yang membuatnya tidak hanya nyaman digunakan untuk balapan, tetapi juga dikendarai di jalan umum. Model 2019 berhasil menaikkan powernya sebesar 36cc/126ps tanpa menyalahi aturan EURO4. ZX-6R ini memiliki desain yang radikal dengan moncong slanted terbalik yang dilengkapi dengan lampu depan full LED seperti miliki Ninja 400 / 500 2018. Performanya diperkuat dengan KQS (quick shifter), dan ban BRIDGESTONE S22. Motor ini juga memiliki 2 settingan mode power dan sistem kontrol traksi 3-step dengan mode off yang merupakan turunan dari edisi sebelumnya, dan juga memiliki peralatan standar EDC.
YAMAHA YZF-R6 yang Gesit: Model pertama dari generasi baru super sport kelas menengah
Yamaha YZF-R6 dikenal sebagai motor super sport 600cc untuk balapan. Modelnya mengalami perubahan pada tahun 2017 setelah 9 tahun, dengan beberapa teknologi turunan dari YZF-R1. Model tahun 2017 memiliki 3 settingan mode power, sistem kontrol traksi 6-step, electronic control throttle, dan air funnel variable. Desain bodinya lebih baru dari R1 yang sekarang dengan tambahan lampu depan LED yang gahar dan tangki aluminium.
Kecepatan maksimumnya berhasil dinaikkan berkat peningkatan hambatan udara sebesar 8%. Sedangkan untuk warna, matte grey menjadi yang paling baru, dan warna birunya memiliki beberapa perubahan untuk tahun ini. Selain dua warna di atas, tersedia pula warna putih dan matte black yang merupakan warna model 2018.
SUZUKI GSX-R750: Satu -satunya kelas 750 dalam daftar ini. Warna baru telah tersedia di pasar Amerika Serikat.
SUZUKI GSX-R750 terus mengalami perkembangan sejak kehadiran model pertamanya tahun 1985, yang sebenarnya tipe super sport yang jauh lebih besar. Untuk pasar Eropa model ini sudah tidak tersedia lagi karena kegagalannya dalam menyesuaikan regulasi ERUO4. Model keluaran Amerika memiliki warna baru yakni hitam-putih dan hitam.
Akankah model yang saat ini dijual di Amerika lolos uji emisi EURO5?
Walaupun CBR600RR dan GSX-R600 sudah tidak dijual lagi di Eropa karena tidak memenuhi persyaratan regulasi emisi EURO4, mereka tetap dijual di pasar Amerika karena perbedaan regulasi. Dengan adanya perubahan regulasi di Eropa menjadi EURO5 pada 2020, maka ada harapan tren motor super sport 600cc akan kembali.
Sumber [ Young Machine ]