Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

  • 17/01/2020
  •  1,814 views

Perbandingan CT125 dan CT110 perbandingan ct125 dan ct1101 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Honda CT125 adalah kakak dari CT110 atau yang dijuluki sebagai “Hunter Cub” yang booming pada era 80-an. Model konsep Honda CT125 pernah diperkenalkan pada bulan September 2007 lalu dan menarik banyak perhatian ketika ditampilkan di Tokyo Motor Show 2019. CT125 merupakan pembaruan dari CT110 dengan beberapa tambahan part yang dirancang khusus.

Dalam waktu dekat ini, rencananya Honda akan meluncurkan CT125 yang menemani motor Honda 125 cc lainnya seperti Monkey 125 dan Super Cub C125 yang kehadirannya membangkitkan kembali tren motor bebek di Indonesia. Artikel ini akan membahas secara rinci perbandingan luar dalam antara CT125 dengan CT110.

[Berita Terkait]
Honda CT125: Reinkarnasi CT110 “Hunter Cub” yang Kekinian

Sekilas tentang CT110: Motor trail klasik yang tak lekang oleh waktu

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbandingan CT125 dan CT110, ada baiknya kita mengetahui seluk-beluk motor CT series terlebih dahulu. CT110 yang merupakan model basis CT125 ini pertama kali muncul sebagai CA100T pada tahun 1961, kemudian hadir sebagai CT110 pada tahu 1980. CT110 khusus dikendarai di medan-medan menantang sehingga knalpotnya dipasang naik ke atas dan juga dilengkapi oleh berbagai pelindung. Transmisinya juga dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi rasio gir sehingga dapat mendaki lembah dan pegunungan dengan lincah.

Honda CT110 Hunter Cub honda ct110 hunter cub - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Honda CT110 “Hunter Cub”

Model konsep CT125

Model konsep CT125 pertama kali diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019 dan dapat dilihat bahwa motor ini mirip Super Cub C125 dengan tambahan perlengkapan yang mewarisi pendahulunya, CT110.

Motor Baru Honda CT125 motor baru honda ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Gambar di atas adalah gambar model konsep CT125. Menurut Masahiro Natsukawa yang merupakan spesialis dari CT series, CT125 memiliki beberapa part yang didesain secara khusus seperti knalpot dan intake duct, yang merupakan ciri khas dari CT series. CT125 juga menghadirkan penampilan dan konsep yang mengikuti motor-motor bebek lainnya yang sudah lebih dulu dipasarkan bertahun-tahun yang lalu.

Honda CT125 Berbasis CT110 honda ct125 berbasis ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Honda CT125 Berbasis CT110

Pada dasarnya, CT series diciptakan untuk penggunaan di trek-trek menantang dan berburu di pegunungan. Dari situlah nama julukan “Hunter Cub” untuk CT110 berasal. Lalu, motor ini juga digunakan untuk keperluan bertani dan mengantarkan barang. CT110 dilengkapi perlengkapan yang mendukung, seperti suspensi depan belakang dengan stroke panjang, karet shock depan, stang dan knalpot tipe tinggi, intake duct yang ditempatkan di sisi atas dan bracket belakang yang memuat banyak barang. CT110 adalah motor yang lebih mengedepankan sisi fungsionalitasnya sebagai motor trail yang tangguh.

Dan, nampaknya CT125 akan setia mewarisi konsep dan fungsionalitas dari CT110. Desain CT125 ditangani oleh Thai Design R&D Center yang juga membuat rancangan untuk Super Cub C125 dan Monkey 125.

CT125 dan CT110 Tampak Samping Kiri ct125 dan ct110 tampak samping kiri - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

CT125 dan CT110 Tampak Samping Kanan ct125 dan ct110 tampak samping kanan - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Perbandingan Part CT125 dengan CT110

Kapasitas tangki yang lebih besar dengan frame unik

Jika membandingkan antara CT125 dan motor Honda dengan cc sama lainnya seperti Super Cub 125, sepertinya area dari basis rangka backbone hingga bagian bawah jok terlihat lebih ramping dan tangki bahan bakarnya nampak lebih besar. Ada kemungkinan rangka jok dirancang secara khusus untuk CT125. Rangka Super Cub C125 dibuat untuk mengoptimalkan kekokohan berdasarkan rangka Super Cub 110. Sebaliknya, rangka CT110 adalah tipe steel press frame dengan teknologi terdahulu dengan spakbor belakang terintegrasi.

Frame Super Cub 125 frame super cub 125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Rangka CT125 berbasis dari rangka Super Cub C125

Frame CT125 frame ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Rangka CT110 terintegrasi dengan spakbor belakang

Body diperkuat dengan penambahan rangka dan pelindung

Seperti CT110, CT125 mengusung subframe untuk lebih memperkokoh dan melindungi body motor serta skid plate untuk menjaga mesin dari bebatuan atau benda-benda asing lainnya selama di perjalanan. Desainnya juga dibuat secara khusus. CT110 terbuat dari baja, sedangkan CT125 berbahan doff dengan desain yang nampak berbeda, seperti tidak adanya lubang di bagain skid plate-nya.

Pelindung dan Heat Guard CT125 dan CT110 pelindung dan heat guard ct125 dan ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Memakai meshed heat guard

Knalpot tipe up dan heat guard CT125 memiliki desain yang baru dan khusus. Sudutnya sedikit lebih tinggi dibanding CT110 dan heat guard-nya memiliki rancangan pola mesh yang berbeda. CT110 memiliki heat guard yang terbuat dari besi dengan aksen lubang vertikal. Ngomong-ngomong, CT110 dan CT125 terlihat sama di bagian tangki bahan bakarnya.

Heat Guard CT125 dan CT110 heat guard ct125 dan ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Swingarm dan tutup rantai

Swingarm CT125 terbuat dari baja dan memiliki bagain yang dikhususkan untuk pemasangan footstep belakang agar motor dapat dinaiki dua orang. Sedangkan swingarm CT110 adalah jenis Monaka yang berbahan besi. CT110 versi Australia adalah motor yang diperuntukkan untuk satu orang dengan dilengkapi tutup rantai. Mungkin Anda dapat memodifikasi sendiri CT125 Anda jika Anda lebih suka ada tutup rantainya.

Swingarm dan Tutup Rantai CT125 dan CT110 swingarm dan tutup rantai ct125 ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Spakbor, shock depan dan rem

Spakbor depan CT125 terbuat dari besi dan berfungsi sebagai stabilizer. Shock depan tipe upright-nya memiliki tampilan luar yang berbeda bentuk dari Super Cub C125 dan Cross Cub serta memakai karet shock yang mirip dengan CT110. Rem depannya dilengkapi dengan ABS dan kaliper 1 pot. Velgnya merupakan tipe H dan terbuat dari aluminium berwarna hitam. CT110 AG memiliki suspensi tipe per luar dengan pengaturan yang lebih kuat dan rem jenis tromol. Sedangkan CT125 memakai rem belakang jenis cakram.

Spakbor, Shock Depan dan Rem CT125 dan CT110 spakbor shock depan rem ct125 ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Rem Cakram CT125 rem cakram ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Suspensi belakang

Suspensi belakang CT125 mengadopsi per yang dapat diatur dalam dua tingkat. Sedangkan CT110 tidak memiliki mekanisme pengaturan namun dilengkapi dengan pre-load adjuster lima tingkat. CT125 berbeda di bagian rem belakangnya: CT125 memakai rem belakang jenis cakram. Ini adalah kali pertamanya sistem tersebut diaplikasikan. Biasanya, motor Cub memakai rem belakang tromol, termasuk Super Cub C125.

Suspensi Belakang CT110 dan CT125 suspensi belakang ct125 ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Rem Belakang Cakram CT125 rem belakang cakram ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Sistem kemudi yang lebih trendy

Stang CT110 dan CT125 sama-sama bertipe tinggi dan dicat hitam. Bedanya, CT125 memiliki stabilizer yang lebih trendy dan praktis untuk dipasangkan berbagai macam piranti digital. Selain itu, CT125 memiliki kunci kontak di segitiga atas dan tidak memakai smart key seperti Super Cub C125. Sedangkan kunci kontak CT110 terletak di sisi kiri tengah rangka.

Sistem Kemudi CT125 sistem kemudi ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Sistem Kemudi CT110 sistem kemudi ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Panel meter full LCD berbentuk bulat mirip punya Monkey 125

Panel meter CT125 dipasang agak condong ke kiri. Sayangnya, kita tidak dapat melihat rincian tampilan panel meternya. Batok dan layout panel meter CT125 lumayan mirip panel meter Monkey 125. Tidak ada kabel, jadi sepertinya CT125 memakai panel meter elektronik. Sedangkan panel meter CT110 dipasang di bagian batok lampu depannya. Panel meter CT110 masih berjenis analog yang hanya terdiri dari speedometer, odometer, lampu peringatan, lampu netral dan lampu jauh.

Panel Meter CT125 panel meter ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Panel Meter CT110 panel meter ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Saklar kanan dan kirinya nampak lebih modern

Saklar kanan dan kiri CT125 memiliki spesifikasi standar yang dimiliki motor Honda sekarang-sekarang ini. Tidak ada hazard switch. Sedangkan kotak saklar CT110 berdesain a la tahun 80-an dengan kill switch tipe putar dan saklar lampu di sisi kanan.

Saklar CT125 saklar ct125 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Saklar CT110 saklar ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Footstep dan pedal

Di bagian footstep, CT125 mempunyai tambahan karet di atasnya untuk menutupi footstep tipe bergerigi warisan dari CT110. Pedal operan gigi CT125 juga dilingkupi karet dan bentuknya sangat mirip dengan CT110. Sistem hidrolik untuk cakram belakangnya dipasang di sekitar footstep sebelah kanan dan pedal remnya sangat khas Cub series. CT125 tidak dilengkapi dengan pedal kick starter, namun sepertinya akan ditambahkan untuk versi Australia agar dapat digunakan saat situasi darurat.

Footstep CT125 dan CT110 footstep ct125 dan ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Pedal CT125 dan CT110 pedal ct125 dan ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Bracket belakang bergaya mewah

Bracket belakang yang berukuran besar ini merupakan rancangan baru khusus untuk CT125. Bracket belakang CT125 memiliki desain berbentuk huruf X di permukaannya, memberi kesan lebih modern. Terdapat tekukan di sisi kanan dan kirinya yang berfungsi untuk kait barang. Ada tulisan “Trail Hunter” di bagain belakangnya. Sedangkan bracket belakang CT110 berukuran lebih besar dibanding motor Cub series lainnya untuk dapat membawa muatan banyak sehingga lebih praktis.

Bracket Belakang CT125 dan CT110 bracket belakang ct125 dan ct110 - Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Sumber [ Young Machine ]

[Berita Terkait]
Honda Tembus 400 Juta Unit Penjualan Sepeda Motor di Seluruh Dunia

Related post

Return Top