M1000RR: Jagoan Racing Baru BMW
- 23/09/2020
493 views
BMW baru saja memperkenalkan M1000RR, versi terupdate, lebih ringan, dan super mahal dari S1000RR yang secara resmi melebarkan eksistensi seri M dari roda empat ke roda dua.
Dirancang khusus untuk pegiat balapan amatir maupun profesional semacam tim WSB, BMW M-RR juga dapat dipacu di jalanan biasa karena juga dilengkapi dengan lampu sein dan dudukan plat nomor.
Mesinnya menggunakan miliki S1000RR yakni ShiftCam 999 cc yang telah dirancang ulang.
BMW Motorrad Upgrade Banyak Seri untuk 2021
Berbagai perubahannya meliputi desain piston forging dengan dua ring, ruang bakar yang sudah disesuaikan, stang seher yang dibuat lebih panjang nan ringan, rocker arms baru, cam profile baru, compression ratio yang lebih tinggi dan katup intake yang sudah dimodifikasi sehingga semburan tenaganya mencapai lebih dari 500 rpm dan 5 hp lebih cepat dari S1000RR.
Kurva tenaganya memperlihatkan besaran yang lebih tinggi di bagian top end, yang merupakan hal bagus bagi motor spek racing, plus knalpot yang kini lebih gahar berbahan full titanium dari Akrapovic dengan bobot 4 kg lebih ringan.
Fact Sheet M1000RR
Mesin ShiftCam 999cc inline four
209 bhp @ 14.500rpm
112,5 Nm @ 11.000rpm
192 kg
Piranti elektroniknya juga sakti mandraguna, termasuk mode Race Pro yang hanya bisa Anda aktifkan ketika part khusus jalanan biasa atau road spec dilepaskan. Jika modenya sedang menyala, Anda bisa mengatur berbagai macam hal seperti respon gas, pengereman mesin, dan semburan tenaga pada tiap girnya.
Winglet carbon fiber juga kian menyempurnakan spek racing M1000RR dengan downforce sebesar 16,3 kg. Settingan sasis juga sudah diubah untuk mengakomodasi handling yang lebih baik di kecepatan tinggi, shock depan diperpanjang dan dikurangi offsetnya, dan juga swingarm satu sisi. Pusat berat motor dibuat di belakang, mungkin untuk mencegah wheelie.
Sementara itu, kaliper rem warna M Sport blue menggunakan versi yang dirancang bareng Nissin. Perlengkapan tambahan lainnya termasuk Competition pack, perangkat mesin, timer, dan level race kit WSB.
Dengan harga sekitar Rp600 jutaan di Inggris, motor ini hanya Rp50 juta lebih murah dari Panigale V4R.
Bimota Siap Lepas Tesi H2 Mulai Oktober 2020
Sumber [ MCN ]