Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

  • 26/10/2018
  •  149 views

20181025 1 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

Selain memperkenalkan Katana 2019, Suzuki juga memperkenalkan ‘Katana’ lain di ajang Intermot, Jerman pada 2 Oktober, 2018.

Motor Berkapasitas Mesin 645cc yang Dinamai SV650 Tanto, Bukan Katana

Selain motor-motor terbaru, motor-motor custom dan suku cadang serta perlengkapan motor juga dipamerkan di ajang Intermot tersebut. Berikut penampilan ‘Katana’ yang dirakit oleh S2 CONCEPT, produsen suku cadang motor asal Prancis. SV650 Tanto memiliki sentuhan kuat Katana GSX1100S di bagian fairing lampu depan dan mesin V-twin berkapasitas 645cc milik SV650X. Selain bagian fairing yang menyangga subframe, indikator, dan lampu depan, motor ini juga dilengkapi dengan handguard, knalpot full system stainless steel, dan aksesoris lainnya.

20181025_2 20181025 2 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

Sentuhan SV650X terlihat di bagian cover steering stem hingga tangki, sementara itu upper cowl-nya menghadirkan nuansa Katana. Tampaknya S2 CONCEPT tidak melakukan modifikasi terhadap stang SV650X yang terpasang pada motor ini.

20181025_3 20181025 3 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

[Suzuki SV650X 2018 spesifikasi Eropa] Gambar di atas merupakan Suzuki SV650X 2018 spesifikasi Eropa. Motor yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show pada Oktober 2017 tersebut memiliki warna glass sparkle black dikombinasikan dengan metallic alt gray nomor 3 yang merupakan warna eksklusif seri Eropa. (Spesifikasi: Berpendingin Cairan, 4 Tak, Mesin V-Twin 2 Silinder, DOHC 4 Katup, Kapasitas Mesin 645cc, Output 76,1ps/8500 rpm, Harga Sekitar 130 Juta Rupiah)

Katana-Look di Bagian Seat Cowl

Kelebihan lain motor bergaya Katana ini adalah stang jepit khas SV650X-nya dan bodinya yang ramping berkat penggunaan mesin V2 dan tangki bahan bakar yang berukuran panjang. Selain itu, kesan ramping pada motor ini kemungkinan juga disebabkan oleh posisi box filter udara yang tidak terlalu di atas. Meski tidak menggunakan mesin 4 silinder Katana, performa Tanto terbilang impresif meski hanya dengan mesin 2 silinder. Hal-hal tersebutlah yang mungkin membuat para rider asal Jepang menginginkan motor ini untuk dirilis di Jepang.

20181025_4 20181025 4 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

Bagian ujung stang yang agak rendah merupakan ciri khas SV650X. Tak ada perubahan yang dilakukan pada area stang. Posisi stang pun tidak terlalu rendah dan terbilang pas.

20181025_5 20181025 5 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

Upper cowl-nya terlihat serasi dengan tangki yang digunakan, menghadirkan nuansa GSX1100 Katana yang kuat meski bagian tail cowl-nya merupakan adaptasi dari SV650X.

20181025_6 20181025 6 - Mengulik ‘Katana’ Versi SV650 Tanto di Ajang Intermot

[Suzuki GSX1100 Katana 1982] Sebagai referensi, gambar di atas merupakan Katana model pertama yang dipamerkan di booth Suzuki di ajang Intermot beberapa waktu lalu. Jika posisi standar SV650X Tanto dibuat lebih rendah, maka Anda akan dapat melihat bahwa motor ini sangat mirip dengan Katana!

Sumber [Young Machine]

Lihat Laman Indeks Motor Suzuki
Lihat Aksesoris untuk Suzuki SV650X

Related post

Return Top