Mirip Sepeda, Motor Unik Bermesin Sangar yang Sempat Beredar di Indonesia

  • 22/08/2019
  •  623 views

J.C Potter Motor Legandaris jc potter motor legendaris - Mirip Sepeda, Motor Unik Bermesin Sangar yang Sempat Beredar di Indonesia

J.C Potter motor legendaris sebelum era kemerdekaan Republik Indonesia.

Mumpung masih dalam suasana kemerdekaan Republik Indonesia, ternyata di zaman penjajahan dulu sebelum Indonesia merdeka, banyak motor-motor lawas dari Eropa yang banyak ditemukan. Bukan cuma Harley-Davidson, tapi ada beberapa merek lain yang dipakai penjajah di Indonesia.

Nah salah satu yang menarik adalah sosok motor yang mirip sepeda dan sudah ada di Indonesia sebelum era kemerdekaan. Adalah J.C Potter motor yang bentuknya mirip seperti sepeda. Fakta lainnya juga J.C Potter bisa dibilang motor pertama di Indonesia dan ditemukan di Probolinggo tahun 1893.

J.C Potter Motor Pertama di Indonesia jc potter probolinggo 1893 - Mirip Sepeda, Motor Unik Bermesin Sangar yang Sempat Beredar di Indonesia

Uniknya motor ini menggunakan ukuran ban yang berbeda, depan lebih besar dan belakang berukuran kecil.

Motor dengan tahun produksi 1898 itu ditemukan di Indonesia tanpa merek dan motor klasik ini dipesan langsung di pabrik Hildebrand und Wolfmuller Jerman oleh J.C Potter.

Seiring dengan perkembangan sejarah ternyata J.C. Potter bukanlah sebuah merek motor tersebut, melainkan John C Potter nama pemilik motor tersebut yang mana merupakan warga negara Inggris yang bekerja sebagai masinis pabrik gula pada saat itu.

Meskipun sangat klasik tetapi spesifikasi motor J.C Potter cukup mencengangkan karena mengusung mesin Twin Cylinder 1.488 cc, 4T Watercooled. Uniknya motor ini enggak menggunakan kopling dan untuk menghidupkan mesinnya motor harus didorong terlebih dahulu. Wih keren..

Untuk yang penasaran melihat bentuknya langsung bisa mengunjungi Museum Tantular Sidoarjo dan masih tersimpan rapi.

J.C Potter di Museum Tantular Sidoarjo jc potter museum tantular sidoarjo - Mirip Sepeda, Motor Unik Bermesin Sangar yang Sempat Beredar di Indonesia

Sumber [ Motorplus ]

Related post

Return Top