Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

  • 18/06/2020
  •  346 views

adv150 rally young machine touratech - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

Motor custom ADV150 Rally seharusnya dicanangkan sebagai salah satu motor yang dinominasikan di kategori Machine of the Year ke-47 oleh Young Machine yang dipilih sesuai dengan suara terbanyak pada akhir tahun lalu. Namun, perwujudannya terhalang karena beberapa hal sehingga proyek customnya baru bisa dilanjutkan kembali.

[Baca Juga]
Perbandingan ADV150 dengan PCX150, Mana yang Lebih Unggul?

Dengan tema “Urban x Tough”, inilah ADV150 kolaborasi Young Machine dengan Touratech

YM Lab yang menggarap proyek custom Young Machine pernah juga mengerjakan custom Monkey 125 berkolaborasi dengan Yoshimura pada 2019 lalu. Banyak yang menyukai hasil customnya. Tahun ini, Young Machine memodifikasi Honda ADV150 berkolaborasi dengan brand kenamaan asal Jerman, Touratech. Tema customnya adalah “Urban x Tough” dan terdiri dari empat desain.

Desain Custom ADV150 Rally Young Machine dan Touratech desain custom adv150 rally young machine touratech - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

Empat desain ADV150 Rally dengan tema “Urban x Tough”

Berdasarkan gambaran ini, Young Machine berdiskusi mengenai pemilihan part bersama Mizutani dan Takahashi dari Touratech Japan. ADV150 lebih cocok dilengkapi dengan box pannier yang berukuran kecil sesuai dengan cc nya, seperti yang digambarkan di desain nomor 1 dan 2. Saat ini ada dua atau tiga top case yang sedang dipertimbangkan.

X-ADV TOURATECH JAPAN x adv touratech - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

Touratech Japan telah memproduksi box yang sesuai untuk X-ADV yang bernuansa adventure yang terlihat sangat harmonis dengan motornya.

Pemilihan Part ADV150 Rally

Pemilihan part Touratech untuk ADV150 ini harus bisa menambah kesan adventure dengan memperhatikan juga sisi fungsionalitas, kepraktisan dan ketangguhan. Pertama-tama, Young Machine pergi melihat-lihat part yang tersedia di showroom Touratech Japan di Sagamihara dan memutuskan untuk memasang soft pannier dan tool box di kanan dan kiri body motor. Top casenya dipertimbangkan mengadopsi top case Touratech ZEGA-Pro. Namun, untuk memasangnya maka diperlukan bracket box belakang yang cocok. Young Machine memilih bracket bawaan Honda lalu memprosesnya sehingga top case Touratech ini bisa dipasang.

Bracket Box Belakang Honda ADV150 bracket box belakang honda adv150 - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Bracket Box Bawaan + Mounting Kit] Mounting kit top case dirancang khusus agar bisa dipasangkan dengan bracket box bawaan seperti ini. Bracket box bawaan harganya sekitar 18.700 Yen atau setara 2,5 juta Rupiah.

Soft Pannier Tool Box ADV150 soft pannier tool box adv150 - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Soft Pannier & Tool Box] Bracket bawaan Honda akan diproses ulang agar pannier dan tool box dapat dipasang

Top Case Touratech ADV150 top case adv150 - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Top Case] Menimbang-nimbang ukuran dan kesesuaian box motor dengan bodynya. Sepertinya box berukuran kecil akan lebih cocok untuk ADV150.

Crash guard-nya yang juga berfungsi sebagai dudukan untuk lampu kabut Denali Electronics ini didapat dari produsen lokal di Thailand.

Lampu Kabut LED Denali Electronics X-ADV lampu kabut led denali electronics x adv - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Lampu Kabut] Lampu kabutnya akan dilengkapi dengan empat lampu LED dari Denali Electronics yang akan dihandle Touratech Japan. Walaupun sedikit berbeda dari yang dipasang di X-ADV, kurang lebih lampu kabut untuk ADV150 bentuknya seperti ini.

Crash Guard Power Moto ADV150 crash guard power moto adv150 - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Crash Guard] Menggunakan part POWER MOTO yang dibuat di Thailand seharga 3.900 Baht atau setara dengan 1,7 juta Rupiah. Pelindung ini dipasang di bawah lampu depan, sehingga hasil akhirnya akan mirip dengan gambar render digitalnya.

Hand Guard Touratech ADV150 hand guard touratech adv150 - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

[Hand Guard] Tentu saja Young Machine juga berencana akan memasang hand guard yang sangat esensial untuk imej adventure.

Di artikel selanjutnya akan diceritakan bagaimana proses pemilihan dan instalasinya secara lebih mendetail.

TOURATECH JAPAN touratech japan - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

Touratech Japan
988, Nakano, Midori-ku, Sagamihara-shi, Kanagawahttps://www.touratechjapan.com/

Kontes Custom ADV150 di Thailand

Kontes custom ADV150 diselenggarakan di acara “Motor Expo 2019” di Bangkok, Thailand bulan Desember 2019. Coba kita cek bagaimana hasil customnya.

Kontes Custom ADV150 di Motor Expo 2019 Thailand kontes custom adv150 di thailand - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

ADV150 Custom CBR1000RR-R adv150 custom cbr1000rr r - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

CBR1000RR-R style: ADV150 ini bergaya CBR1000RR-R yang dilengkapi dengan duct wing di bagian depannya. Bodynya didominasi oleh tiga warna dan bernuansa sporty. Knalpot tipe up-nya juga mengundang decak kagum. Banyak ADV150 custom yang memakai winglet.

ADV150 Custom H2R adv150 custom h2r - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

H2R style: ADV150 ini dilengkapi dengan wing berdesain runcing di bawah lampu depan. ADV150 ini dimodif bergaya Kawasaki H2R.

ADV150 Custom Touring adv150 custom touring - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

ADV150 touring style: Ada juga yang memodif ADV150 menjadi bergaya touring dengan box pannier kapasitas besar. Dilengkapi pula dengan crash guard. Partnya diproduksi oleh brand lokal di Thailand.

ADV150 Custom CRF Africa Twin adv150 custom crf africa twin - Modifikasi ADV150 Rally Hasil Kolaborasi Young Machine dengan Touratech

CRF style: ADV150 ini nampaknya terinspirasi dari gaya Africa Twin dengan pemakaian velg jari-jari diameter besar dan ban dengan model tapak block/kotak.

[Baca Juga]
Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan
[Webike Indonesia]
Cek sparepart ADV150 di sini

Sumber [ Young Machine ]

Related post

Return Top