Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

  • 18/10/2019
  •  588 views

Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

K-Speed adalah salah satu bike shop paling sibuk di Thailand. Selain mengerjakan modifikasi motor tanpa henti, mereka juga berperan sebagai salah satu supplier produk aftermarket terbesar di negara tersebut, sehingga mereka juga paham satu atau dua hal mengenai produksi.

Saking sibuknya mereka, rasanya K-Speed belum pernah mengerjakan kustomisasi atau modifikasi jenis motor yang sama. Mereka sebelumnya mengerjakan Honda Monkey dengan gaya mini cafe racer yang apik dan sekarang mereka baru saja menyelesaikan modifikasi Gorilla.

Tampilan Depan Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 tampilan depan gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Eak, boss K-Speed, memiliki sisi lembut terhadap motor Monkey karena ia tumbuh bersama motor itu. Ia berkata bahwa mayoritas order untuk membuat Monkey custom adalah dari teman-temannya sendiri. Selain itu, perusahaannya juga menyediakan suku cadang custom untuk Monkey.

Monkey 125 keluaran terbaru memberikan saya banyak ide modifikasi,” katanya. “Rasanya seperti merakit mainan baru.”

Tampilan Samping Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 tampilan samping gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

“Gorilla Racer” yang mereka buat kali ini bukanlah atas pesanan seseorang. Motor ini adalah proyek internal K-Speed dengan basis motor Monkey 125 2019 (Rp60 jutaan). Bengkel ini ingin memperlihatkan katalog produk mereka sendiri dan menggunakan proyek ini sebagai tes atas konsep-konsep terbaru yang mereka punya.

Sama seperti modifikasi Monkey cafe racer sebelumnya, Gorilla juga menggunakan velg 14 inci. Menurut para montir, proyek kali ini tergolong mudah. Mereka menggunakan velg aftermarket yang dibuat untuk Honda Grom yang pas untuk motor ini tanpa harus melakukan perubahan apapun. Dop berbahan alloy mempertegas tampilan ban yang terlihat garang.

Roda Depan Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 roda depan gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

K-Speed memutuskan untuk merendahkan shock depannya dan memakaikan shock belakang YSS. Sejujurnya mereka agak berlebihan dalam modifikasi Monkey kali ini. Motor ini juga menggunakan swingarm aluminium yang ringan, dan satu set rem Brembo yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Bagian atas subframe telah dibuat lebih pendek dan bulat dan dilengkapi dengan handle ala cafe racer. Bagian belakangnya menggunakan spakbor gaya klasik dan lampu belakang LED. Di bagian depan juga ada spakbor tetapi ukurannya mini dan telihat menyatu dengan berbagai panel di sekelilingnya.

Jok Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 jok gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Walaupun kebanyakan perubahan yang dilakukan oleh K-Speed membuat Monkey ini terlihat semakin kecil, mereka melakukan hal yang sebaliknya dalam urusan tangki. Mereka menggunakan tangki berukuran super besar berkat cover plastik ABS di atasnya.

Kapasitas tangkinya tidak perlu dinaikkan sehingga untuk menggati tampilannya tidaklah sulit. Covernya juga dirancang agar telihat kembar dengan tutup tangkinya, sehingga mereka memutuskan untuk mengganti tutup aslinya dengan yang lebih telihat gaya dari RMZ racing.

Tangki Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 tangki gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Bagian terakhir dari bongkahan bodywork adalah belly spoiler yang terlihat agresif yang juga terbuat dari plastik ABS. Untuk menambah kesan kecil tapi siap perang motor ini, K-Speed juga menambahkan knalpot model street-fighter.

Knalpot Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 knalpot gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Untuk Monkey cafe, K-Speed lebih condong ke gaya retro dengan menghilangkan lampu depan LED dan menambahkan speedometer analog. Kali ini, mereka mempertahankan speedometer digital Honda dan memasang lampu depan LED yang besar (6,5 inci) yang dipasang menggunakan bracket kustom dan disempurnakan dengan grill aftermarket.

Lampu Depan Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 lampu depan gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Motor ini dilengkapi dengan stang jepit, box saklar mini, dan grip stang baru. K-Speed juga menambahkan dua buah plug untuk menutup lubang raiser stang dan memindahkan kunci ignition ke panel samping.

Velocity stack dan rearsetnya dibuat dengan metode CNC-machined khusus untuk proyek ini. Rearsetnya sendiri mempunyai plat pijak carbon fiber. Lampu sein depan belakangnya memakai tipe LED serta menggunakan satu set rantai dan sprocket yang baru.

Velocity Stack Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 velocity stack gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Skema warna akhir Gorilla Racer terlihat sangat harmonis dan saling melengkapi: warna Lambo grey, dengan berbagai komponennya dicat warna hitam legam.

K-Speed berhasil melampaui diri mereka sendiri dan janganlah kaget jika model Monkey kustom ini akan membanjiri permintaan modifikasi di waktu yang akan datang. Dan sejujurnya, jika mereka memproduksi motor yang istimewa ini dalam sekala besar, kami sangat mendukungnya!

Tampilan Belakang Gorilla Racer oleh K-Speed 2019 tampilan belakang gorilla racer k speed 2019 - Modifikasi Monkey 125 Menjadi Gorilla Racer yang Tangguh

Sumber [ BIKEEXIF ]

Related post

Return Top