Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

  • 08/01/2021
  •  650 views

Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik kawasaki w800 motocross modif - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Keunikan W800 adalah salah satu nilai plusnya. Walau kebanyakan owner lebih memilih tidak mengutak-atik tampilannya yang klasik, bukan berarti motor ini tidak cocok dimodifikasi ke model lain. Kali ini kita akan lihat modifikasinya dalam wujud motocross dan hampir menghilangkan seluruh tampilan aslinya.

Butuh imajinasi, skill, dan dedikasi untuk mewujudkan W800 gaya motocross ini, dan Mário Raphael Soares. Ia sudah menjalankan MRC Oficina di Paris selama beberapa tahun terakhir dan baru saja memindahkan workshopnya kembali ke kampung halaman di Chaves, Portugal.

Body Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross mrs oficina - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Kawasaki W800 ini adalah kolaborasi keempatnya dengan Kawasaki France, dan yang terakhir dikerjakannya di Paris.

Idenya adalah untuk membuat scrambler retro dengan aksen motocross, sepenuhnya diperuntukkan untuk jalanan off-road dengan beberapa kebolehan.Tampilan body keseluruhannya merujuk pada satu era tertentu, dan jika tanpa suspensi modern dan cat baru, motor ini bisa saja dianggap motor antik atau vintage.

Tampak Depan Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross tampak depan - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

[Baca Juga]
Elegannya Modifikasi CB750 Terinspirasi dari Kereta Vintage

Butuh waktu pengerjaan yang tidak sebentar untuk menyelesaikan modifikasi ini. Pertama-tama, Mário harus memendekkan dan mengecilkan tangki bawaan agar proporsional. Hal ini memberikan ruang yang terbatas bagi pompa dan cairan bahan bakar, jadi ia membuat tangki tambahan di bawah jok sebagai dudukan pompa.

Mário membuat sedikit perubahan pada tangki, namun tetap mempertahankan bagian belakangnya yang khas dan kemudian memberikan bracket untuk spakbor belakang. Joknya baru, berikut dengan tutup aki aluminium yang berhias nomor balap di sisi kanan dan kiri. Spakbor khas motor trail gaya vintagenya juga custom.

Spakbor Belakang Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross spakbor - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Bodywork classic W800 disandingkan dengan berbagai part modern. Di bagian depan, Mário menggunakan stem dan shock upside-down Showa hasil copotan dari KX450F.

Untuk komponen belakang, ia menggunakan swingarm aluminium aftermarket yang kemudian diperpendek beberapa inci dan dilas ke mounting shock terbaru. Langkah selanjutnya adalah pemasangan shock Ohlins custom yang lebih panjang dari ukuran OEM.

Swingarm Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross swingarm - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Rodanya terdiri atas velg Excel 21F/18R yang dipasang bersama hub roda Talon, yang kemudian dibalut dengan ban trail Bridgestone. Mário menggunakan komponen pengereman dari Beringer, selaku sponsor, yang meliputi piringan rem, kaliper, dan master silinder, serta plat khusus untuk kaliper belakang.

Sparepart Beringer juga ditemukan di bagian kontrol, bersanding dengan stang dan grip Renthal. Dan karena motor ini tidak perlu dipacu di jalan biasa, pengkabelannya dibuat sesederhana mungkin dan hanya menyisakan tombol start dan kill switch.

Stang Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross stang - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Total 400 jam waktu pengerjaan W800 motocross ini dan tiap jengkalnya sudah dicek baik-baik. Jika Anda jeli, Anda bisa lihat ada skid plate custom dan penempatan guide selang rem di bawah segitiga.

Terpasang pula footstep KX450F dan chain guide di ujung belakang untuk menyesuaikan sudut swingarm yang baru.

Knalpot Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross knalpot - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

[Baca Juga]
5 Rekomendasi Sparepart Best Seller KLX250

Knalpot twinnya full stainless steel dan dibuat langsung oleh Mário. Unitnya sudah memiliki dB killer untuk meredam kebisingan dan sensor O2 OEM, sehingga mesinnya akan berjalan dengan mulus. Sepasang filter busa disematkan di bagian intake.

Mesin parallel twin W800 boleh dibilang sebagai fiturnya yang palin cantik. Namun dalam modifikasi kali ini, keindahannya harus mengalah kepada tampilan body yang gagah.

Plat Nomor Balap Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross tangki - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Mário mengatur dan mengerjakan semuanya sendiri, kecuali pembuatan jok dan pengecetan. Palet warna bodynya meminjam dari KX500 keluaran tahun 80-an dan memiliki tambahan aksesoris berbahan aluminium dengan finishing warna biru yang samar.

Seluruh detail part kecilnya juga terpasang dengan sangat teliti; mulai dari motif ‘W’ di jok hingga emblem tangki CNC machinin ‘MRS Oficina’ yang mirip dengan emblem original W800.

Tampak Belakang Modifikasi Kawasaki W800 Motocross kawasaki w800 motocross ban - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

Tak lupa Mário menambahkan papan nomor yang merujuk ke rider Kawasaki Eli Tomac yang tampil dominan di AMA Supercross 2020.

Sekarang kita tunggu seberapa handal aksinya di atas medan yang menantang.
kawasaki-w800-motocross-ride kawasaki w800 motocross ride - Modifikasi W800 ala Motor Trail Antik

[Baca Juga]
Gold Wing 2021 Lebih Ngebass dan Nyaman

Sumber [ BIKEEFIX ]

Related post

Return Top