Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

  • 16/05/2019
  •  726 views

20190503 b featured 1024x5761 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 tersebut!

Artikel kali ini akan membahas tahap kelima proses pembuatan Special Monkey, yakni pengecatan part berbahan logam. seperti swing arm, dengan Cerakote yang lebih tahan lama daripada cat biasa.

Mengulik keajaiban Cerakote yang anti gores dan tahan panas

Proyek Custom Monkey 125 telah melalui proses pengecatan tangki dan cover serta pelapisan fork depan dengan aluminium anodisasi. Tahap berikutnya adalah proses pengecatan part berbahan logam, yakni swing arm, segitiga, dudukan stang, plat lampu depan, dan berbagai part berbahan logam lainnya.

Untuk proses ini, kami bekerja sama dengan Suzutomo Co., Ltd. sebagai aplikator Cerakote tersertifikasi pertama di Jepang. Mengapa kami memilih Cerakote untuk melapisi berbagai part yang berbahan logam? Karena part berbahan logam tersebut sering kali terkena batu dan benda lainnya di jalan atau tergores gantungan kunci sehingga memerlukan lapisan Cerakote yang lebih tahan lama daripada cat biasa.

img01 26 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Suzutomo Co., Ltd. (2-3-11 Taito, Taito-ku, Tokyo Tel: 03 3834 3571): Suzutomo Co., Ltd. adalah perusahaan yang sudah lama berdiri dan kini berlokasi di Taito-ku, Tokyo. Sebelumnya, bisnis utama mereka adalah plating process, namun mulai berkecimpung sebagai aplikator Cerakote di Jepang dari tujuh tahun yang lalu. Selain Cerakote, mereka juga bergerak di bidang konstruksi seperti powder coating dan produsen serta sales berbagai produk di bawah brand SGT. Foto pertama memperlihatkan Mr. Suzuki (kiri) sebagai Presiden Suzutomo Co., Ltd. dan Mr. Okamoto (kanan) sebagai Manager Pabrik.

Sebenarnya, Cerakote juga digunakan untuk knalpot dan mesin motor balap Yoshimura yang performanya tidak perlu diragukan lagi. Selain Yoshimura, Cerakote juga digunakan oleh tim F.C.C. TSR yang memenangkan kejuaraan World Endurance Championship 2018 lalu. Motor balap tim F.C.C. TSR dipacu selama 24 jam penuh tanpa henti pada kejuaraan tersebut. Beruntung, mesin motor dilapisi oleh Cerakote yang memiliki fitur untuk mengatasi panas sehingga dapat mencegah berbagai masalah serius, seperti panas yang terkumpul karena putaran ban di under cowl.

Apa itu Cerakote (Ceramic Coating)? Cerakote adalah cat pelapis berbahan dasar keramik. Ada banyak jenis Cerakote untuk berbagai material seperti logam, plastik, resin, kayu, dan lain-lain. Cerakote tahan terhadap goresan, korosi, benturan, suhu tinggi, cairan kimia, cuaca ekstrim, dan kondisi-kondisi lainnya. Kami memilih Cerakote H series dengan 100 pilihan warna tersedia.

Cerakote mengandung keramik, sehingga tahan goresan dan suhu tinggi. Pada awalnya tim mengira bahwa proses pengecatan Cerakote akan rumit, namun ternyata dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat dan lebih mudah daripada proses pengecatan dengan cat biasa. Proses pengecatan Cerakote tidak memerlukan primer coat dan clear top coat sehingga waktu pengerjaan dapat dipangkas 1/3 dari waktu pengerjaan dengan cat biasa. Alasan pengecatan Cerakote tidak memerlukan primer dan top coat adalah dua hal tersebut memiliki tingkat ketahanan yang lebih rendah daripada Cerakote, sehingga akan berdampak pada kerusakan atau pudar. Biaya pengecatan Cerakote setara dengan pengecatan cat biasa satu warna.

Cerakote tidak memerlukan top clear coat dan primer coat

Part berbahan logam lainnya yang harus dicat

Part berbahan logam lainnya yang harus dicat adalah swing arm, segitiga, dudukan stang, dan plat lampu depan. Semua part tersebut akan dicat hitam berlapiskan Cerakote yang tahan lama. img14 3 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Part berbahan logam lainnya yang harus dicat adalah swing arm, segitiga, dudukan stang, dan plat lampu depan. Semua part tersebut akan dicat hitam berlapiskan Cerakote yang tahan lama.

Base treatment sudah selesai

Base treatment sudah selesai dilakukan sebelumnya. Lubang sekrup dan sliding part dilindungi oleh masking tape setelah blasting. Degreasing juga sudah selesai. img04 18 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Base treatment sudah selesai dilakukan sebelumnya. Lubang sekrup dan sliding part dilindungi oleh masking tape setelah blasting. Degreasing juga sudah selesai.

Langsung proses pengecatan?

Kami mengira proses awalnya adalah primer coating, tapi ternyata Cerakote langsung disemprotkan. Ini adalah salah satu fitur terbaik dari Cerakote, yakni tidak perlu primer lagi. img05 14 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Kami mengira proses awalnya adalah primer coating, tapi ternyata Cerakote langsung disemprotkan. Ini adalah salah satu fitur terbaik dari Cerakote, yakni tidak perlu primer lagi.

Warna hitam eksklusif Jepang

Warna hitam yang digunakan adalah warna "SUMI BLACK". Ini adalah warna custom-made yang hanya dimiliki oleh Suzutomo. Warna ini juga digunakan untuk motor balap Yoshimura. img06 11 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Warna hitam yang digunakan adalah “SUMI BLACK”. Ini adalah warna custom-made yang hanya dimiliki oleh Suzutomo. Warna ini juga digunakan untuk motor balap Yoshimura.

Selanjutnya adalah pengecatan segitiga

Cerakote disemprotkan berkali-kali dengan spray gun sehingga tidak perlu coating yang tebal. Setelah swing arm selesai dicat, lanjut pengecatan pada segitiga dan part lainnya. img07 9 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Cerakote disemprotkan berkali-kali dengan spray gun sehingga tidak perlu coating yang tebal. Setelah swing arm selesai dicat, lanjut pengecatan pada segitiga dan part lainnya.

Coating-nya sangat tipis

Fitur terbaik Cerakote adalah cat yang sangat tipis sehingga warnanya terlihat lebih menawan. Walaupun tipis, namun lapisan cat ini tahan gores, benturan, panas, cairan kimia, dan kondisi-kondisi ekstrim lainnya. img08 7 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Fitur terbaik Cerakote adalah cat yang sangat tipis sehingga warnanya terlihat lebih menawan. Walaupun tipis, namun lapisan cat ini tahan gores, benturan, panas, cairan kimia, dan kondisi-kondisi ekstrim lainnya.

Dikeringkan dalam suhu 120°C

Jenis Cerakote yang saat ini dipakai harus dikeringkan dalam suhu 120°C selama satu hingga dua jam di ruang pengeringan. Dapat pula dikeringkan dalam suhu 60°C, tergantung dari bahannya. img09 6 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Jenis Cerakote yang saat ini dipakai harus dikeringkan dalam suhu 120°C selama satu hingga dua jam di ruang pengeringan. Dapat pula dikeringkan dalam suhu 60°C, tergantung dari bahannya.

Cerakote juga bisa digunakan untuk knalpot

Cerakote H series tahan suhu panas hingga 260°C setelah proses pengecatan selesai. Ada juga series yang tahan hingga 1200°C yang cocok untuk knalpot dan mesin. img10 4 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Cerakote H series tahan suhu panas hingga 260°C setelah proses pengecatan selesai. Ada juga series yang tahan hingga 1200°C yang cocok untuk knalpot dan mesin.

Lepas masking tape, lalu selesai

Setelah mengeluarkannya dari ruang pengeringan, masking tape pun dilepas. Dan, selesai! Tape yang digunakan adalah tape khusus untuk pengeringan sehingga tahan panas. img11 6 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Setelah mengeluarkannya dari ruang pengeringan, masking tape pun dilepas. Dan, selesai! Tape yang digunakan adalah tape khusus untuk pengeringan sehingga tahan panas.

Sebelum dan sesudah

Pelapisan dengan Cerakote. Cerakote melindungi part motor Anda dari berbagai kondisi, seperti goresan yang disebabkan oleh batu atau gantungan kunci. img13 5 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)

Pelapisan dengan Cerakote. Cerakote melindungi part motor Anda dari berbagai kondisi, seperti goresan yang disebabkan oleh batu atau gantungan kunci.

Tahap terakhir adalah pemasangan part yang sudah selesai dicat. Nah, semoga bisa menambah wawasan kalian yang ingin melakukan pengecatan pada motor kalian ya Webikers!
Jangan lewatkan artikel berikutnya!

Sumber [ Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

Related post

Return Top