Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 5 – Pengecatan dengan Cerakote (Ceramic Coating)
- 16/05/2019
726 views
Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 tersebut!
Artikel kali ini akan membahas tahap kelima proses pembuatan Special Monkey, yakni pengecatan part berbahan logam. seperti swing arm, dengan Cerakote yang lebih tahan lama daripada cat biasa.
Mengulik keajaiban Cerakote yang anti gores dan tahan panas
Proyek Custom Monkey 125 telah melalui proses pengecatan tangki dan cover serta pelapisan fork depan dengan aluminium anodisasi. Tahap berikutnya adalah proses pengecatan part berbahan logam, yakni swing arm, segitiga, dudukan stang, plat lampu depan, dan berbagai part berbahan logam lainnya.
Untuk proses ini, kami bekerja sama dengan Suzutomo Co., Ltd. sebagai aplikator Cerakote tersertifikasi pertama di Jepang. Mengapa kami memilih Cerakote untuk melapisi berbagai part yang berbahan logam? Karena part berbahan logam tersebut sering kali terkena batu dan benda lainnya di jalan atau tergores gantungan kunci sehingga memerlukan lapisan Cerakote yang lebih tahan lama daripada cat biasa.
Suzutomo Co., Ltd. (2-3-11 Taito, Taito-ku, Tokyo Tel: 03 3834 3571): Suzutomo Co., Ltd. adalah perusahaan yang sudah lama berdiri dan kini berlokasi di Taito-ku, Tokyo. Sebelumnya, bisnis utama mereka adalah plating process, namun mulai berkecimpung sebagai aplikator Cerakote di Jepang dari tujuh tahun yang lalu. Selain Cerakote, mereka juga bergerak di bidang konstruksi seperti powder coating dan produsen serta sales berbagai produk di bawah brand SGT. Foto pertama memperlihatkan Mr. Suzuki (kiri) sebagai Presiden Suzutomo Co., Ltd. dan Mr. Okamoto (kanan) sebagai Manager Pabrik.
Sebenarnya, Cerakote juga digunakan untuk knalpot dan mesin motor balap Yoshimura yang performanya tidak perlu diragukan lagi. Selain Yoshimura, Cerakote juga digunakan oleh tim F.C.C. TSR yang memenangkan kejuaraan World Endurance Championship 2018 lalu. Motor balap tim F.C.C. TSR dipacu selama 24 jam penuh tanpa henti pada kejuaraan tersebut. Beruntung, mesin motor dilapisi oleh Cerakote yang memiliki fitur untuk mengatasi panas sehingga dapat mencegah berbagai masalah serius, seperti panas yang terkumpul karena putaran ban di under cowl.
Apa itu Cerakote (Ceramic Coating)? Cerakote adalah cat pelapis berbahan dasar keramik. Ada banyak jenis Cerakote untuk berbagai material seperti logam, plastik, resin, kayu, dan lain-lain. Cerakote tahan terhadap goresan, korosi, benturan, suhu tinggi, cairan kimia, cuaca ekstrim, dan kondisi-kondisi lainnya. Kami memilih Cerakote H series dengan 100 pilihan warna tersedia.
Cerakote mengandung keramik, sehingga tahan goresan dan suhu tinggi. Pada awalnya tim mengira bahwa proses pengecatan Cerakote akan rumit, namun ternyata dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat dan lebih mudah daripada proses pengecatan dengan cat biasa. Proses pengecatan Cerakote tidak memerlukan primer coat dan clear top coat sehingga waktu pengerjaan dapat dipangkas 1/3 dari waktu pengerjaan dengan cat biasa. Alasan pengecatan Cerakote tidak memerlukan primer dan top coat adalah dua hal tersebut memiliki tingkat ketahanan yang lebih rendah daripada Cerakote, sehingga akan berdampak pada kerusakan atau pudar. Biaya pengecatan Cerakote setara dengan pengecatan cat biasa satu warna.
Cerakote tidak memerlukan top clear coat dan primer coat
Part berbahan logam lainnya yang harus dicat
Base treatment sudah selesai
Langsung proses pengecatan?
Warna hitam eksklusif Jepang
Selanjutnya adalah pengecatan segitiga
Coating-nya sangat tipis
Dikeringkan dalam suhu 120°C
Cerakote juga bisa digunakan untuk knalpot
Lepas masking tape, lalu selesai
Sebelum dan sesudah
Tahap terakhir adalah pemasangan part yang sudah selesai dicat. Nah, semoga bisa menambah wawasan kalian yang ingin melakukan pengecatan pada motor kalian ya Webikers!
Jangan lewatkan artikel berikutnya!