Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

  • 24/05/2019
  •  143 views

img00 29 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 tersebut!

Artikel kali ini akan membahas mengenai tahap keenam, yakni tahap pemasangan kembali bagian yang telah selesai diproses dan dicat.

Tahap reassembling bagian yang telah selesai dicat

Proyek Custom Monkey 125 telah melalui proses pengecatan tangki dan cover, pelapisan shock depan dengan aluminium anodisasi dan pengecatan Cerakote pada bagian motor yang berbahan logam. Tinggal menunggu pemasangan knalpot Yoshimura yang baru dikembangkan. Tahap keenam ini adalah tahap reassembling atau penyatuan kembali bagian-bagian yang dilepas sebelumnya.

Pada tahap kelima, swingarm dan segitiga motor dicat dengan Cerakote. Sebelum itu, tahap kedua dan ketiga merupakan tahap pengecatan tangki dan tutup aki. Lalu, tahap keempat merupakan proses anodisasi shock depan. Tahap pertama adalah pembongkaran bagian-bagian motor oleh bengkel Garage Attractive dan pada tahap keenam ini mereka muncul kembali untuk menyatukan bagian-bagian yang mereka bongkar tersebut.

img02 26 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

GARAGE ATTRACTIVE (2-5 Haramachi, Shinjuku-ku, Tokyo TEL:03-6302-1719). Untuk memasang bagian-bagian yang sudah dicat, kami meminta bantuan bengkel yang sama yang melakukan pembongkaran pada tahap pertama.

Proses pembongkaran dan pemasangan kembali berjalan dengan mulus karena Garage Attractive memahami struktur motor Monkey. Bagian shock depan Monkey memiliki desain yang cukup simpel, namun sebenarnya lumayan rumit untuk dibongkar dan dipasang. Untunglah semuanya berjalan mulus selama tidak lupa untuk menuangkan oli shock depan.

Alih-alih menggunakan part bawaan Monkey, Monkey 125 custom ini menggunakan stang dan spion berwarna hitam dari GROM (MSX125). Stang dibuat lebih tinggi untuk menciptakan tampilan yang solid.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap proses pemasangan kembali bagian-bagian Monkey 125 projek kolaborasi Young Machine dan Yoshimura, lengkap dengan gambar!

Papan nama baru di atas pintu belakang bengkel Garage Attractive

Ada papan nama baru di pintu belakang Garage Attractive yang tidak ada saat terakhir kami mengunjungi bengkel ini. Papan namanya bergaya retro dan terlihat sangat keren. img08 9 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Ada papan nama baru di pintu belakang Garage Attractive yang tidak ada saat terakhir kami mengunjungi bengkel ini. Papan namanya bergaya retro dan terlihat sangat keren.

Bagian-bagian yang dicat

Bagian-bagian yang sebelumnya dilepas untuk proses pengecatan akan dipasang kembali. Pada proses pemasangan, torque control memegang peranan penting.  img14 5 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Bagian-bagian yang sebelumnya dilepas untuk proses pengecatan akan dipasang kembali. Pada proses pemasangan, torque control memegang peranan penting.

Angkat frame motor

Berat frame motor adalah sekitar 10 kg, sehingga perlu bantuan crane untuk mengangkatnya. Jika diangkat pakai tenaga manusia, dilakukan oleh dua orang pun akan tetap terasa berat. img07 11 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Berat frame motor adalah sekitar 10 kg, sehingga perlu bantuan crane untuk mengangkatnya. Jika diangkat pakai tenaga manusia, dilakukan oleh dua orang pun akan tetap terasa berat.

Mulai dari swingarm

Pertama-tama, pasang bagian-bagian kecil seperti chain guide dan adjuster pada swingarm. Kemudian, pasangkan ke bodi motor dan diikuti dengan velg serta shock belakang. img09 8 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Pertama-tama, pasang bagian-bagian kecil seperti chain guide dan adjuster pada swingarm. Kemudian, pasangkan ke bodi motor dan diikuti dengan velg serta shock belakang.

Cara termudah memasang shock depan

Bungkus as shock depan dengan plastik saat memasangkan seal untuk menghindari goresan. Ini adalah tips dari profesional. img13 7 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Bungkus as shock depan dengan plastik saat memasangkan seal untuk menghindari goresan. Ini adalah tips dari profesional.

Tuangkan oli shock depan

Masukkan ultra CO no 10 spesifikasi Honda OEM. Tingkat oli adalah 75mm, namun tidak semua oli masuk dengan mudah.  img12 6 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Masukkan ultra CO no 10 spesifikasi Honda OEM. Tingkat oli adalah 75mm, namun tidak semua oli masuk dengan mudah.

Air Removal

Pompa berkali-kali agar angin di dalam fork keluar. Pada motor Monkey, jika Anda fork dipanjangkan sampai panjang tertentu dan lubangnya terlihat, maka prosesnya pun akan lebih cepat selesai. img11 8 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Pompa berkali-kali agar angin di dalam fork keluar. Pada motor Monkey, jika Anda fork dipanjangkan sampai panjang tertentu dan lubangnya terlihat, maka prosesnya pun akan lebih cepat selesai.

Penyelesaian berjalan dengan mulus

Pemasangan harus dipasang oleh ahli yang biasa menangani motor ukuran kecil. Lalu, tak luput pula pemasangan seal-nya. Dan, pemasangan shock depan upside down pun selesai. img10 6 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Pemasangan harus dipasang oleh ahli yang biasa menangani motor ukuran kecil. Lalu, tak luput pula pemasangan seal-nya. Dan, pemasangan shock depan upside down pun selesai.

Hati-hati dalam memasang tangkinya

Untuk menghindari kerusakan pada tangki, konektor selang bahan bakarnya harus dipasang terlebih dahulu. img04 20 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Untuk menghindari kerusakan pada tangki, konektor selang bahan bakarnya harus dipasang terlebih dahulu.

Stang dan spion adalah part asli GROM (MSX125)

Stang (No. 53100-K26-B00), spion (No. 88210-K26-C21) dan jalu stang (No. 53102-K26-900) diganti dengan produk asli berwarna hitam dari GROM. Stang dan spion GROM berukuran sedikit lebih pendek daripada stang dan spion Monkey img15 4 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Stang (No. 53100-K26-B00), spion (No. 88210-K26-C21) dan jalu stang (No. 53102-K26-900) diganti dengan produk asli berwarna hitam dari GROM. Stang dan spion GROM berukuran sedikit lebih pendek daripada stang dan spion Monkey

Setelah memasang komponen shock depan, selanjutnya adalah pemasangan stang. Panjang kabelnya sangat sesuai. img03 24 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Setelah memasang komponen shock depan, selanjutnya adalah pemasangan stang. Panjang kabelnya sangat sesuai.

Dan, selesai!

Pasang jok, tutup aki, dan lain-lain. img05 16 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Pasang jok, tutup aki, dan lain-lain.

Terakhir adalah lampu depannya. img06 13 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Terakhir adalah lampu depannya.

Selesai! img01 28 - Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 6 – Pemasangan Kembali

Selesai!

Monkey 125 custom ini ditampilkan di booth Yoshimura di pameran Tokyo Motorcycle Show

Monkey 125 custom ini ditampilkan di booth Yoshimura di pameran Tokyo Motorcycle Show tanggal 22-24 Maret 2019. Pengundian dilakukan pada hari Minggu, 24 Maret 2019 pukul 12:30 siang di booth Yoshimura dan pemenang yang beruntung berhak membawa pulang motor Monkey tersebut.

Artikel selanjutnya merupakan artikel yang menampilkan kumpulan foto hasil akhir Monkey 125 custom ini. Penasaran dengan tampilan akhirnya? Jadi, jangan lewatkan!

Foto: Shin Matsui
Artikel ini bersumber dari majalah Young Machine edisi Mei 2019.

Sumber [ Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

Related post

Return Top