Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

  • 23/08/2019
  •  451 views

Kawasaki Ninja H2 Tercepat di Dunia kawasaki ninja h2 motor komersil tercepat dunia - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

KAWASAKI Ninja H2, yang memenangkan vote penggemar sebagai “Mesin Terbaik 2018” versi Young Machine, mengikuti ajang Bonneville Speed Week 2018 di mana motor ini memecahkan rekor dunia dengan melaju secepat 337,064km/jam dalam kelas P-PB1000 dengan regulasi modifikasi yang sangat ketat. Young Machine berbincang dengan Satoaki Ichi dari KAWASAKI Heavy Industries Motorcycle & Engine Company mengenai tantangan pada Bonneville 2018 dan Ninja H2 2019.

Satoaki Ichi dari KAWASAKI Heavy Industries satoaki ichi ketua tim pengembangan ninja h2 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

KAWASAKI Heavy Industries Motorcycle & Engine Company

Satoaki Ichi

Team leader proyek Ninja H2/H2R. Ia adalah orang paling penting di KAWASAKI yang dapat menyatukan keunggulan teknis dan teknologi Kawasaki Heavy Industry ke dalam H2 dengan berkolaborasi bersama perusahaan pesawat terbang dan mesin turbin gas.

Model jalanan H2 menjadi yang tercepat di dunia berkat tenaganya yang juara

“Model H2 terbaru yang rilis 2019 mengalami kenaikan output yang cukup drastis menjadi 231 tenaga kuda, 4 tahun setelah debutnya pada 2015. Ninja H2R sebenarnya dapat mengeluarkan tenaga 310 tenaga kuda, tetapi hanya dalam tes jarak dekat, sehingga Ninja H2 sebenarnya dapat dikatakan model bawahan H2R dengan perubahan spesifikasi yang cukup signifikan. Motor ini sebenarnya diadopsi dengan berbagai perangkat dari Ninja H2 SX yang rilis setelah H2.
Model tourer Ninja H2 SX tidak hanya harus unggul dari sisi power, tetapi juga dari sisi efisiensi bahan bakar. Mesin SX memiliki teknologi yang canggih dengan penggunaan yang praktis, sehingga dapat diterapkan di H2 yang memiliki mesin supercharged.

Intake chamber aluminium adalah salah satu komponen yang mengalami perubahan. Intake chamber terdahulu memiliki tingkat efisiensi tinggi karena bentuk kipasnya. Model tahun ini memiliki tambahan berupa diffuser berbentuk tanduk yang dapat membuat udara di dalamnya menjadi lebih halus. Udara melebar dengan cepat di dalam chamber dan menyebabkan turbulensi yang mengurangi efisiensi intake. Turbulensi ini kemudian dikontrol dengan menggunakan diffuser yang baru sehingga powernya pun bertambah. Fakta bahwa torsinya dapat melampaui 7000rpm menunjukkan perubahan sesungguhnya yang memberikan kesempatan pada rider untuk merasakan sensasi sejati Supercharger. Ninja H2 mengalami peningkatan tenaga yang signifikan saat torsi tinggi, yang memberikan akselerasi yang luar biasa.”

Kawasaki Ninja H2 Pecahkan Rekor di Bonneville Speed Week 2018 kawasaki ninja h2 bonneville speed week 2018 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Ninja H2 di Bonneville Speed Week 2018 pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama dengan model pasar tahun 2019 kecuali tampilan display meter, setting limiter, dan ban. Perubahan yang cukup normal. Rasanya seperti mimpi bagi para rider untuk menunggangi market model H2 yang hampir sama seperti Bonneville H2.

“Kami memutuskan untuk mengikuti Bonneville Speed Week pada Agustus 2018 sebagai in-house Team 38 untuk membuktikan kemampuan H2. Sebelumnya kami mengikuti Bonneville untuk menguji kemampuan brilian H2R untuk ranah balap, kemudian kami mengikutinya lagi tahun ini dan H2 kembali menjadi motor jalanan tercepat. Kami memasuki kelas P-PB1000 dengan ruang yang sangat terbatas untuk modifikasi, dan berhasil mencetak rekor dunia 209,442mph (337,064km/jam). Rekor pada hari pertama berhasil melewati angka 210 tenga kuda, tetapi di hari kedua hanya mencapai 207mph karena embun yang membuat ban licin. Kami cukup frustasi dengan hasil rata-ratanya. Walaupun kecepatan yang mutlak itu harus diraih dalam durasi acara ini, tetapi trek Bonneville sangatlah sulit ditaklukkan karena permukaannya dan juga hembusan angin danau garam. Walaupun demikian, pencapaian tahun ini memuaskan bagi saya sebagai pengembang untuk mencatat rekor dunia dengan motor jalanan ini.”

KAWASAKI Team 38 dengan Shigeru Yamashita di Bonneville Speed Week 2018 kawasaki team 38 dengan shigeru yamashita bonneville speed week 2018 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Ichi dalam Team 38 bersama Shigeru Yamashita (kanan) dan lainnya telah mengikuti Bonneville dengan Ninja H2R pada 2016 untuk membuktikan kecepatan mesin yang telah mereka buat (mereka juga berpartisi pasi dalam Mojave Mile ketika Bonneville dibatalkan pada 2015). Ichi memecahkan rekor dengan H2 pada 2018.

satoaki-ichi-ninja-h2 satoaki ichi ninja h2 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Ninja H2/H2R dilengkapi dengan mesin supercharged yang inovatif yang tidak hanya memenangkan kategori utama Machine of the Year 2018 versi YOUNG MACHINE, tetapi juga Technical Development Award pada ajang Automotive Technology Association Award dan Technical Award dari Combustion Society of Japan tahun 2018.

Fungsi yang dapat dihubungkan ke smartphone menunjukkan kemungkinan-kemungkinan di masa yang akan datang

“Salah satu topik penting mengenai model 2019 adalah penggunaan panel meter LCD full-color. Perlengkapan ini umumnya ada di Ninja H2 SX, dengan pengecualian konten yang ditampilkan. Fitur ini sekarang sudah dapat dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi RIDEOLOGY THE APP. Mungkin aplikasi ini terlihat seperti aplikasi biasa yang hanya bisa menerima telepon masuk dan email, tetapi aplikasi buatan KAWASAKI ini memiliki keunggulan dapat menampilkan dan memberikan informasi terbaru mengenai sistem kontrol elektrik motor pengguna. Aplikasi ini juga dapat masuk ke Google Maps jika GPS diaktifkan untuk merekam jejak perjalanan rider. Model 2019 memiliki kaliper rem depan BREMBO tingakatan paling tinggi untuk motor jalan raya dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan, dan aplikasi ini dapat memperlihatkan tekanan minyak rem. Fitur ini sebenarnya agak terlalu fantastis. Saat ini aplikasinya tidak dapat melihat data GPS untuk balapan di sirkuit, tetapi kami akan berusaha untuk mencapai level tersebut di masa yang akan datang.”

Walaupun model 2019 juga memiliki ECU terbaru, modifikasi utamanya terletak pada integrasi berbagai fungsi motor ke aplikasi. ECU mengambil informasi dari CAN dan mengirimkannya ke smartphone, yang akan jadi teknologi inti user interface di masa depan. Walaupun peralatan ini hanya dapat menampilkan kondisi motor paling baru, di masa depan diharapkan akan menjadi lebih baik lagi dengan majunya teknologi Kecerdasan Buatan (AI).

Ninja H2 akhirnya telah dirilis di pasar domestik Jepang. Kami meminta maaf karena waktu pengerjaannya yang cukup lama karena kami membuat tiap unit satu persatu dengans sangat hati-hati setelah pemesanan. Hanya Ninja H2 Carbon yang sudah dirilis vevas, dengan gaya ala petarung spartan dengan warna lukisan matte silver. Anda dapat mengendarainya tanpa takut dengan goresan kecil karena cat motor ini tahan lama dan dapat menutupi goresan-goresan kecil yang ada. Kami akan bekerja lebih keras lagi kedepannya untuk memberikan kepuasan berkendara dengan mesin supercharged yang sesuai dengan ekspektasi tiap orang.”

Generasi ketiga mencetak rekor 231 tenaga kuda dengan peningkatan performa intake chamber dan lainnya

KAWASAKI Ninja H2 CARBON kawasaki ninja h2 carbon 2019 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Spesifikasi KAWASAKI Ninja H2 CARBON: Mesin 998cc 4 silinder inline DOHC, 4-tak, berpendingin cairan; Tenaga: 231 ps / 11500 rpm 14.4 kg-m / 11000 rpm; Harga: 3,564,000 yen/Rp476 juta

Ninja H2 memulai debutnya tahun 2015 dengan tenaga yang luar biasa sebesar 200 tenaga kuda. Model tahun 2017 mengalami peningkatan tenaga menjadi 205 tenaga kuda, dan model 2019 mengalami peningkatan yang cukup drastis menjadi 231 tenaga kuda. Ninja H2 menggunakan mesin supercharged yang telah disempurkana dari H2 SX. Aliran intakenya memiliki desain yang sangat efisien. Ada pula beberapa perubahan detail spesifikasi seperti perubahan material filter udara dan perpanjangan elektroda busi sebesar 0,1mm.

Intake Chamber Aluminium Terbaru Ninja H2 2019 intake chamber aluminium kawasaki ninja h2 2019 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Ninja H2 memiliki intake chamber aluminium dengan bentuk yang sama milik H2 SX. Diffuser di dalamnya membenamkan turbulensi udara sehingga aliran udara lebih lancar.

Cat High Durability KAWASAKI Ninja H2 cat high durability kawasaki ninja h2 - Nilai KAWASAKI Ninja H2 yang Sesungguhnya [Interview dengan Manufaktur]

Cat dengan daya tahan tinggi ini sebenarnya sudah digunakan sejak model 2017. Cat ini dapat menutupi goresan-goresan kecil dengan sendirinya.

Text / Photo oleh Hidetoshi Kawashima

Sumber [ Young Machine ]

Related post

Return Top