Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

  • 20/09/2019
  •  787 views

test ride yamaha fz25 fazer 25 test ride yamaha fz25 fazer25 - Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

Spesifikasi dan Perbandingan FZ25 dan Fazer 25

Yamaha India merilis FZ25 (versi naked) dan Fazer 25 (versi full fairing). Keduanya dilengkapi dengan mesin performa tinggi next generation “BLUE CORE Engine” yang dikembangkan oleh Yamaha. Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai spesifikasi dan perbandingan antara kedua motor tersebut.

Naked dan Full Fairing

Kedua motor ini memiliki ukuran yang hampir sama, namun versi full fairingnya, Fazer 25, lebih berat 5 kg dibanding FZ25. Fazer 25 memiliki windshield yang cukup dapat menghalau terpaan angin saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi.

Panjang, Lebar, Tinggi
FZ25: 2.015mm, 770mm, 1.075mm
Fazer 25: 2.015mm, 775mm, 1.115mm

Berat
FZ25: 152kg
Fazer 25: 157kg

Foot Grounding

Ketinggian jok adalah 795mm. Walaupun joknya tidak terlalu tinggi untuk kelas 250 cc, motor ini masih lebih tinggi daripada MT-25 yang memiliki tinggi jok 780mm. Staf Webike dengan tinggi badan 155 cm berkata, “Berat motornya ringan, sehingga saya tidak kesulitan menahannya walau memang sedikit kurang nyaman.”

Ketinggian Jok
795mm

Posisi Saat Motor Dinaiki oleh Beberapa Orang dengan Tinggi Berbeda

foot grounding fazer25 tinggi badan 173cm foot grounding fazer25 tinggi badan 173cm - Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

Tinggi jok: 795mm (tinggi staf 173 cm)

Lampu LED

Lampu depan dan lampu belakang memakai lampu LED standar. Lampu depan LED ini memiliki visibilitas tinggi sehingga membantu rider saat berkendara di malam hari.

Lampu Depan

Lampu Belakang

lampu belakang fazer 25 lampu belakang fazer25 - Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

Digital Meter dengan Fungsionalitas Tinggi

Motor ini juga dilengkapi dengan panel meter digital. Tachometer-nya dapat mencatat putaran yang banyak. Terdapat informasi bahan bakar, jam, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar instan dan konsumsi bahan bakar rata-rata.

digital meter fz2 fazer 25 digital meter fz25 fazer25 - Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

Stang

Stang berada dalam posisi sedang sehingga rider cukup nyaman dalam mengendarai motor. Saklarnya memiliki tombol umum, tidak ada tambahan lainnya.

Ban

Ukuran ban
Depan: 100/80-17
Belakang: 140/70-17

Velg depan dan belakang berukuran 17 inci, ukuran yang standar di kelas 250 cc. Ban depannya berukuran 100. Memang agak tipis, namun manuvernya bisa lebih mantap. Model ini memakai rem ABS. Terdapat pelindung yang dipasang di ban belakang untuk mencegah pakaian yang berukuran panjang, seperti pakaian tradisional India “Sari” tersangkut di roda motor.

Mesin Kapasitas Kecil dengan Performa Tinggi

・Output maksimum: 20,9 ps/8.000rpm
・Torsi maksimum: 20,0 N/6.000rpm

FZ25 dan Fazer 25 memakai mesin performa tinggi next generation bernama “BLUE CORE” yang dikembangkan Honda.

Mesinnya memiliki tiga fitur: efisiensi bahan bakar tinggi, performa high cooling, efisiensi tenaga.

Selain itu, mesinnya juga terlihat seperti mesin silinder tunggal berpendingin udara Selow, namun harap diperhatikan bahwa mesinnya juga memiliki sistem pendingin seperti oil cooler.

Motor ini dicoba di jalanan kota dengan banyak perhentian dan konsumsi bahan bakar aktualnya adalah 31-33 km/L, tergolong bagus.

Tangki Kapasitas Besar, Cocok untuk Touring

Kapasitas tangkinya adalah 14L. Konsumsi bahan bakar aktualnya diperkirakan sebesar 30 km/L dengan jarak tempuh lebih dari 400 km, sehingga tidak masalah jika Anda ingin membawanya dalam touring jarak jauh. Bahkan untuk Anda yang menggunakan motor ini untuk harian, Anda tidak perlu sering-sering mengisi bahan bakar.

tangki fazer 25 tangki fazer25 - Perbandingan Yamaha FZ25 dan Fazer 25, Dua Motor yang Dilengkapi dengan Teknologi Terkini!

Kapasitas tangki: 14L

Jok

Joknya ada dua bagian, depan dan belakang, namun kelihatannya seperti jok sambung. Terdapat behel motor sebagai perlengkapan standarnya, sehingga penumpang dapat duduk dengan cukup aman dan nyaman. Ruang bagasi bawah jok tidak terlalu besar, namun nampaknya muat untuk sistem ETC. Di bagian belakang joknya ada in-vehicle tool dan perlengkapan P3K (model motor produksi India terkenal akan hal ini).

Kesimpulan

Meskipun dua motor ini kelihatannya tampak serupa, perbedaan dan kelebihan masing-masing motor ini jelas terasa saat dijalankan. Test ride menunjukkan bahwa FZ25 terasa lebih ringan di bagian depan dibandingkan Fazer 25, sehingga handling-nya cepat dan lihai dalam bermanuver.

Di sisi lain, Fazer 25 mengurangi rasa lelah dengan adanya perlindungan dari terpaan angin yang diterima tubuh karena karakteristik fairingnya yang aerodinamis.

Kedua motor ini memiliki perlengkapan yang canggih dan performa lari yang baik. Hanya ada beberapa jajaran motor tourer di kelas 250 cc dan kedua motor ini patut untuk direkomendasikan.

Related post

Return Top