Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

  • 12/04/2019
  •  242 views

IMG00 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 ini! Artikel ini akan menampilkan proses modifikasi motor Monkey spesial yang tak ada duanya di dunia ini. Pertama-tama, dilakukan pembongkaran untuk proses pengecatan.

Motor ini akan didominasi kombinasi warna merah dan hitam!

Setengah tahun berlalu sejak Monkey reborn diluncurkan. Saat itu, proyek kolaborasi ini didasarkan pada ide untuk membuat motor Monkey custom. Yoshimura tengah mengembangkan knalpot full system untuk Monkey 125 dan menyetujui desain gambar render (CG) yang dibuat oleh majalah Young Machine mengenai gambar motor custom Monkey lengkap dengan knalpot Yoshimura. Lalu, proyek kolaborasi ini pun dibentuk.

Motor custom ini akan secara khusus dilengkapi dengan knalpot full system down type keluaran Yoshimura seperti yang digambarkan pada gambar render digital-nya. Selain itu, motor ini akan dilengkapi pula dengan tutup aki di sebelah kanan. Warna bodinya adalah warna spesial yang terinspirasi oleh Yoshimura Z1, sehingga tangki, swingarm, dan segitiganya akan dicat warna hitam. Shock depannya akan diproses dengan lapisan luar warna hitam yang dianodisasi. Stang dibuat lebih rendah dengan menggunakan part dari GROM yang sudah berwarna hitam, sehingga tidak perlu dicat ulang lagi. Selain itu, motor ini juga akan dilengkapi spion asli atau berwarna hitam agar sesuai dengan part yang lain.

Knalpot dan warna catnya akan dibuat persis seperti gambar render digital-nya. Kami telah mencoba memasangkan beberapa tipe knalpot lainnya yang dikembangkan oleh Yoshimura. Kami juga membuat stangnya lebih rendah dengan menggunakan part dari GROM karena kami ingin motor ini terlihat lebih sporti. Kami memilih untuk tetap menggunakan spakbornya. img01 21 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Knalpot dan warna catnya akan dibuat persis seperti gambar render digital-nya. Kami telah mencoba memasangkan beberapa tipe knalpot lainnya yang dikembangkan oleh Yoshimura. Kami juga membuat stangnya lebih rendah dengan menggunakan part dari GROM karena kami ingin motor ini terlihat lebih sporti. Kami memilih untuk tetap menggunakan spakbornya.

Kami bekerja sama dengan bengkel profesional dan juga Yoshimura untuk motor custom ini. “YF Design” bertanggung jawab atas proses pengecatannya. Pertama-tama, kami membongkar beberapa part dari motor sebagai langkah awal sebelum dilakukan pengecatan. Namun, ternyata proses pembongkaran tersebut lebih sulit dari yang dibayangkan, sehingga kami meminta bantuan bengkel yang bernama Garage Attractive.

img03 18 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Bengkel yang Bekerja Sama
GARAGE ATTRACTIVE (2-5, Haracho, Shinjuku-ku, Tokyo TEL: 03-6302-1719) Pembongkaran dilakukan di bengkel yang bernama Garage Attractive di daerah Shinjuku, Tokyo. Mereka juga menawarkan penjualan dan perawatan motor mini.

Diperlukan alat khusus untuk melepas bagian bawah arm. Footstep-nya tidak diganti, tapi Monkey memiliki plat yang terpasang ke swingarm dengan baut, sehingga jika Anda menggantinya, Anda harus melakukannya dengan menggantung motor terlebih dahulu. Mekanik profesional dapat membantu Anda dalam hal ini.

Penanggung jawab dari Garage Attractive, Ushiroda (kiri), ia juga berperan aktif di 56 Racing Team yang dikepalai oleh Shinya Nakano yang juga seorang assistant director tim inti tersebut. Terima kasih juga kepada Pak Imai selaku mekanik! img02 20 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Penanggung jawab dari Garage Attractive, Ushiroda (kiri), ia juga berperan aktif di 56 Racing Team yang dikepalai oleh Shinya Nakano yang juga seorang assistant director tim inti tersebut. Terima kasih juga kepada Pak Imai selaku mekanik!

Apakah proses pembongkarannya sulit?

Langkah pertama

Mulai dari sisi kiri. Karena bagian ini juga berfungsi sebagai tutup aki, maka silinder kuncinya harus dilepaskan dari belakang. img11 3 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Mulai dari sisi kiri. Karena bagian ini juga berfungsi sebagai tutup aki, maka silinder kuncinya harus dilepaskan dari belakang.

Agar aman

Lepas jok yang dipasang dengan baut dan tutupi aki yang ada di bawahnya agar aman. Hilangkan terminal negatif untuk mencegah arus pendek. img12 2 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Lepas jok yang dipasang dengan baut dan tutupi aki yang ada di bawahnya agar aman. Hilangkan terminal negatif untuk mencegah arus pendek.

Lepas tangkinya

Tidak seperti motor karburator, tangki bensin motor ini terhubung oleh coupler dengan selang bensin ke FI. Anda harus hati-hati dalam melepasnya. img13 2 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Tidak seperti motor karburator, tangki bensin motor ini terhubung oleh coupler dengan selang bensin ke FI. Anda harus hati-hati dalam melepasnya.

Hati-hati ketika melepas fuel pump-nya

Fuel pump-nya menempel di bagian tangki. Anda harus melepasnya karena akan mengganggu proses pengecatan, namun Anda harus hati-hati jangan sampai merusak sensornya. img14 1 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Fuel pump-nya menempel di bagian tangki. Anda harus melepasnya karena akan mengganggu proses pengecatan, namun Anda harus hati-hati jangan sampai merusak sensornya.

Knalpot

Knalpotnya memiliki struktur 2-piece. Pertama-tama, kerjakan dari sisi silencer. Karena knalpotnya akan diganti dengan knalpot full system, maka pipa knalpot bagian depannya akan dilepas. img15 2 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Knalpotnya memiliki struktur 2-piece. Pertama-tama, kerjakan dari sisi silencer. Karena knalpotnya akan diganti dengan knalpot full system, maka pipa knalpot bagian depannya akan dilepas.

Terlihat mewah dengan proses casting

Shock depan dan segitiganya juga dilepas. Proses casting akan membuat hasil pengecatannya terlihat mewah. img16 2 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Shock depan dan segitiganya juga dilepas. Proses casting akan membuat hasil pengecatannya terlihat mewah.

Cat juga di sini

Stang, dudukan stang dan segitiga atas juga dilepas menggunakan alat khusus. img17 1 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Stang, dudukan stang dan segitiga atas juga dilepas menggunakan alat khusus.

Agar lebih mudah, proses pembongkaran juga mengharuskan motor untuk digantung dengan alat khusus

Alat khusus digunakan untuk menggantung motornya img18 1 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Alat khusus digunakan untuk menggantung motornya

Tidak disangka-sangka cukup sulit

Pelepasan swingarm. Karena plat footstep dipasang dengan baut, footstep juga dilepaskan pada saat yang bersamaan. img19 1 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Pelepasan swingarm. Karena plat footstep dipasang dengan baut, footstep juga dilepaskan pada saat yang bersamaan.

Shock depan

Setelah melepaskan shock depannya, saya juga melepaskan segitiga bawah untuk proses pengecatan dan pekerjaan pun selesai. Bearing disimpan agar tidak rusak. img20 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Setelah melepaskan shock depannya, saya juga melepaskan segitiga bawah untuk proses pengecatan dan pekerjaan pun selesai. Bearing disimpan agar tidak rusak.

Pembongkaran selesai!

Pembongkaran telah selesai dilakukan oleh Ushiroda dan Imai. Total prosesnya adalah kurang dari 2 jam! img21 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Pembongkaran telah selesai dilakukan oleh Ushiroda dan Imai. Total prosesnya adalah kurang dari 2 jam!

Setelah selesai dibongkar, lalu apa langkah selanjutnya? img22 - Proyek Custom Monkey 125 Hasil Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura – Langkah #1 Pembongkaran

Setelah selesai dibongkar, lalu apa langkah selanjutnya?

Related post

Return Top