Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

  • 15/03/2019
  •  499 views

000 3 - Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

Diluncurkan pertama kali di tahun 2014, Yamaha YZF-R25 sudah memiliki tempat di hati para pecintanya. Di Eropa varian ini dinamakan YZF-R3 karena menggunakan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 321.

Hiroshi Maruyama, seorang jurnalis dari Young Machine akan membagikan pengalamannya melakukan review test ride pada YZF-R25 spesifikasi Indonesia. Simak ulasannya berikut ini:

Model barunya terasa ringan, namun tetap solid

Empat motor yang dipersiapkan adalah motor-motor yang sebagian besar masih dilengkapi dengan part bawaan atau standar. Ban dan suspensi dari Ninja 250 merupakan part standar kecuali shock depan yang memakai preload adjuster. Sedangkan untuk YZF-R25 lama, bannya diubah menjadi ban Michelin dan sudah terlihat tidak mulus lagi. CBR250RR seluruhnya memakai part standar, jarak tempuhnya 5.000 km, dan masih dalam kondisi yang baik. YZF-R25 baru masih terlihat mulus dengan part standar dan jarak tempuh 657 km. Namun sayangnya, spionnya sudah dihilangkan! Test ride kali ini juga akan mengulas perbandingan antara YZF-R25 lama dan baru.

Ada empat motor super sport 250 cc yang disiapkan. Uji coba dilakukan oleh sang penguji coba utama dari Young Machine, Hiroshi Maruyama, dan Kazuma Mochizuka dari SS Mochizuka Racing Service Shop yang membantu mempersiapkan motor-motor tersebut. 001 3 - Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

Ada empat motor super sport 250 cc yang disiapkan. Uji coba dilakukan oleh sang penguji coba utama dari Young Machine, Hiroshi Maruyama, dan Kazuma Mochizuka dari SS Mochizuka Racing Service Shop yang membantu mempersiapkan motor-motor tersebut.

Uji coba dilakukan di sirkuit Sentul, Indonesia

Penguji coba sudah menyadari bahwa lintasan sirkuit Sentul ini cukup kasar. Namun, ada hal lain yang ditemukan selama test ride dilakukan, yakni ada orang yang sedang menyiangi rumput di pinggir perlintasan!

Ada enam orang yang terlihat sedang bekerja di area perlintasan. 003 2 - Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

Ada enam orang yang terlihat sedang bekerja di area perlintasan.

Perbandingan posisi berkendara

Mesinnya masih terasa sama, namun sasisnya sangat tenang. Terutama saat dilakukan pengereman dengan kuat ditambah dengan pemakaian shock depan upside down. Generasi sebelumnya memiliki posisi berkendara yang cukup nyaman untuk dipakai harian, tapi tidak untuk dipakai di lintasan balapan karena posisi badan akan lebih banyak bergerak. Untungnya, generasi terbaru YZF-R25 dapat mengatasi permasalahan tersebut karena terasa sangat solid. Selain itu, YZF-R25 juga terasa sangat nyaman dibandingkan motor-motor saingannya.

Memakai shock depan upside down yang baru, handling-nya terasa sangat sporty  005 2 - Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

Memakai shock depan upside down yang baru, handling-nya terasa sangat sporty

Ada ketidaksesuaian angka yang tercatat pada speedometer

Gambar di bawah ini memperlihatkan perbandingan posisi yang dicapai di tikungan pertama menggunakan YZF-R25 lama dan baru. Posisinya kurang lebih sama dan YZF-25 lama terlihat sedikit lebih di depan. Namun nyatanya, yang sampai terlebih dahulu di tikungan tersebut adalah YZF-R25 baru. Hal itu tidak sesuai dengan angka yang dicatatkan pada speedometer. Butuh analisis data lebih mendalam mengenai hal ini setelah test ride dilakukan.

YZF-R25 generasi terbaru ditunjukkan dengan warna biru, sedangkan YZF-R25 generasi sebelumnya ditunjukkan dengan warna merah. Perhatikan posisi pepohonan dan garis pembatas yang terlihat dan bandingkan. Terlihat bahwa YZF-R25 baru pada gambar sisi bawah berada lebih di depan YZF-R25.  006a - Review dan Test Ride New Yamaha YZF-R25

YZF-R25 generasi terbaru ditunjukkan dengan warna biru, sedangkan YZF-R25 generasi sebelumnya ditunjukkan dengan warna merah. Perhatikan posisi pepohonan dan garis pembatas yang terlihat dan bandingkan. Terlihat bahwa YZF-R25 baru pada gambar sisi bawah berada lebih di depan YZF-R25.

Sumber [ Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

Lihat Laman Indeks Motor Yamaha
Lihat Aksesoris dan Sparepart untuk Yamaha YZF-R25

Related post

Return Top