Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

  • 13/03/2020
  •  1,298 views

Review Helm Arai Rapide Neo review helm arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Rapide-Neo bukanlah sekedar helm Arai terbaru. Di artikel ini, kami akan membahas mengenai desain, kesan ketika memakai dan apa saja perbedaan helm Rapide-Neo ini dibandingkan helm lainnya.

[Baca Juga]
Evolusi Teknologi Helm Arai RX-7X

Apa daya trik helm Arai Rapide-Neo yang memiliki desain khas ini?

Pertama-tama, mari bahas desainnya. Hal yang paling menarik perhatian adalah model cover kaca helm di sisi kanan dan kiri. Umumnya, helm Arai memiliki cover atau sidepod yang berbentuk seperti cangkang kerang.

Sidepod Cover Arai Rapide-Neo sidepod cover arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Kesan pertama melihat helm ini, terlihat jelas Arai membuat desain baru khusus untuk helm ini. Bagi Arai yang mengutamakan bentuk batok helm yang mulus atas dasar faktor keselamatan. Seperti yang diperlihatkan bentuk batok R75, desain helm Rapide-Neo ini sangatlah revolusioner.

Helm Arai Rapide Neo helm arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Desain helm ini lebih menekankan pada kesan liar dan macho. Tenang saja, aspek keamanan tetap menjadi nomor satu.

Detail Helm Arai Rapide-Neo

Sticker standarisasi SNELL di bagian belakangnya memberikan kesan tersendiri pada helm ini.

Arai Rapide Neo Snell Sticker arai rapide neo snell sticker - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Jenis hurufnya tegas dan bernuansa urban. Sayang kalau dilepas, jadi biarkan saja tetap menempel.

Tiga saluran udara dan garis rahangnya yang tegas dengan kesan vintage

Helm Rapide Neo Arai helm rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Ciri khas Rapide-Neo adalah tiga saluran udara di bagian mulut dan garis rahangnya yang tegas. Desain bagian rahangnya terinspirasi dari model helm sebelumnya, XD. Namun, garisnya terlihat lebih tegas di Rapide-Neo.

Rapide-Neo adalah helm yang berkesan solid dan unik di antara helm Arai lainnya. Gaya vintage juga sangat kental di helm ini.

Promosi dengan menggandeng ROARS ORIGINAL

Helm Arai Rapide-Neo x Roars Original helm arai rapide neo roars original - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Arai berkolaborasi dengan brand apparel ROARS ORIGINAL yang dikenal di kalangan para rider sebagai brand yang memiliki selera fashion yang tinggi. Promosi Rapide-Neo terasa lebih fresh daripada promosi helm Arai lainnya. Helm ini ditujukan untuk mereka yang menginginkan helm stylish yang mengutamakan faktor keamanan.

Rapide-Neo: Helm full face bergaya urban dengan kesan vintage

Desain helm seperti ini pasti disukai masyarakat perkotaan yang menggemari perpaduan antara gaya modern dan jadul. Rapide-Neo adalah helm yang membawa angin segar bagi Arai.

Helm Arai Rapide Neo Merah helm arai rapide neo merah - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Saat ini gaya neo klasik tengah digemari di industri motor. Banyak motor dan aksesorisnya yang mengusung tema neo klasik, tak terkecuali helm. Tren tersebut menjadi landasan Arai untuk menciptakan helm Rapide-Neo.

Model grafis yang akan dirilis memiliki desain stylish yang tentunya sangat sesuai untuk motor neo klasik seperti Z900RS dan XSR900. Cek sekarang juga!

[Webike Shopping]
Beli Helm Arai Rapide-Neo

Review helm Arai Rapide-Neo saat dipakai berkendara

Sudah cukup kami berbicara mengenai desain Rapide-Neo. Sekarang, mari bahas kesan ketika dipakai. Sama saja bohong jika desain helmnya sudah keren, tapi tidak nyaman dipakai, bukan? Mari kita coba helm Arai Rapide-Neo!

Kesan pertama dari awal pemakaian

Kami mencoba ukuran 57,58cm. Sama seperti helm Arai pada umumnya, Rapide-Neo tidak terasa ketat di kepala. Busa pipinya terasa kaku karena baru, namun jika sering dipakai akan terasa lebih nyaman.

Beratnya tidak diketahui, namun sepertinya jauh lebih ringan dibanding helm full face Arai lainnya. Tidak perlu diragukan lagi, kenyamanan dan perlindungan helm Arai memang tiada duanya.

Selanjutnya, ayo kita coba cek suara angin ketika berkendara memakai helm ini!

Uji coba dengan motor DRZ400S. Lokasi di jalan raya dengan kecepatan 0 hingga 100 km/jam. DRZ400S adalah motor off-road sehingga posisi berkendaranya mengharuskan rider untuk tegak. Kami mencoba beberapa posisi, salah satunya condong ke depan.

Review Helm Arai Rapide Neo dengan DRZ400S review helm arai rapide neo dengan motor dzr400s - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Singkat cerita, tidak ada suara bising angin yang terdengar sehingga helm ini sangat nyaman dipakai. Sebelumnya, kami sempat khawatir karena bentuk cover kaca helmnya berubah, namun kekhawatiran kami sepertinya tidak terbukti.

Tidak ada tekanan akibat suara bising angin dan bahkan tidak ada masalah saat helm ini dipakai berkendara dalam waktu yang lama.

[Webike Shopping]
Beli Helm Arai Rapide-Neo

Seberapa efektif ventilasinya?

Sistem ventilasi Rapide-Neo memiliki desain yang simpel. Udara masuk melalui saluran udara yang terdapat di bagian mulut dan dahi. Udara tersebut lalu dikeluarkan melalui tiga saluran pembuangan yang terletak di belakang helm.

Ketika motor dipacu, angin berhembus melewati kepala dan helm. Efeknya sangat sempurna.

Ada cukup banyak angin yang masuk melewati saluran di bagian mulut, namun tidak sampai membuat mata kering.

Sangat mudah untuk membuka dan menutup shutter. Shutter akan menutup dengan cepat terutama jika terkena hawa dingin.

Kaca helmnya juga tidak mudah mengembun walau saluran udara di mulut dalam keadaan tertutup (tidak menggunakan pinlock sheet).

Pro Shade System di Rapide-Neo

Produsen helm lainnya mengadopsi “inner visor” atau penempatan visor di dalam kaca helm. Namun, Arai mengadopsi Pro Shade System berupa “outer visor” yang ditempatkan di luar kaca helm. Visor jenis ini sudah lolos standarisasi SNELL.

Pro Shade System Arai Rapide Neo pro shade system arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Kelebihan Pro Shade System

Kelebihan Pro Shade System Arai Rapide Neo kelebihan pro shade system arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Visor yang ditempatkan di bagian luar kaca helm ini sangat mudah untuk dinaikkan atau diturunkan. Selain itu, keselamatan Anda dapat terjamin karena visor ini sudah lolos uji coba standar SNELL.

Kekurangan Pro Shade System

Kekurangan Pro Shade System Arai Rapide Neo kekurangan pro shade system arai rapide neo - Review Helm Full Face Neo Klasik Arai Rapide-Neo

Saat berkendara menggunakan motor off-road yang mengharuskan rider untuk duduk tegak, suara anginnya dapat lebih terdengar terutama saat visor dinaikkan.

Suara angin dapat lebih diredam jika posisi badan membungkuk ke depan. Posisi berkendara mempengaruhi volume suara hembusan angin yang melewati helm.

Kesimpulan

Arai sangat serius mengembangkan helm dengan mengutamakan sisi keselamatan, desain dan kenyamanan.

Sebelumnya, kami tidak begitu tertarik membeli helm Arai. Kami paham helm Arai memiliki kualitas dan keamanan tingkat tinggi, namun tidak ada model helm Arai yang menarik perhatian kami.

Rapide-Neo memiliki desain yang keren dan bentuk yang pas di kepala. Helm ini tersedia dalam pilihan warna yang cerah dan warna solid seperti abu-abu, merah, dan putih. Menurut kami, abu-abu yang paling keren.

[Webike Shopping]
Beli Helm Arai Rapide-Neo

Webike TV: Helm Arai Rapide-Neo

Related post

Return Top