Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

  • 19/10/2018
  •  697 views

20181019 featured - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

Pada tahun 2016, diadakan event uji coba motor kelas 250cc di Twin Ring Motegi. Meski cuaca buruk, penulis berkesempatan mengendarai seluruh motor model tahun 2016 dalam waktu yang cukup lama. Artikel ini merupakan edisi kedua dari seri artikel test ride dan kali ini penulis akan membahas mengenai motor naked satu silinder. Dalam artikel ini, penulis akan membandingkan tiga motor satu silinder yang banyak menyita perhatian orang, yakni Z250SL, CB250F, dan 250DUKE.

KAWASAKI Z250SL
Bodi Slim dan Ringan

Motor satu silinder keluaran Kawasaki ini memiliki bobot yang ringan dan mantap, salah satu yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan motor dua silinder.

Kapasitas Mesin: 249cc
Konsumsi Bahan Bakar: 39,0 km/L (60km/h ketika Dinaiki 2 Orang)
Kapasitas Tangki: 11L
Daya Maksimum: 29ps/9700rpm
Tinggi Jok: 785mm
Berat Kosong: 148kg

Z250SL 20160408 tokushu vol71 1 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

HONDA CB250F
Motor Nomor 1 di Jalanan Perkotaan

Dikarenakan CB250F lebih baru dibandingkan pendahulunya Honda VTR, CB250F memiliki design yang lebih modern terutama di bagian indikatornya.

Kapasitas Mesin: 249cc
Konsumsi Bahan Bakar: 50.1 km/L (60km/h) 2 Orang Penumpang
Kapasitas Tangki: 13L
Daya Maksumum: 29ps (21 kw)/9000rpm
Tinggi Jok: 780mm
Berat Kosong: 158kg

CB250F 20160408 tokushu vol71 9 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

KTM 250DUKE
Motor Bergaya Individual dengan Sentuhan Off-road

Motor dengan dapur pacu 250cc ini menggunakan basis motor 125cc, membuat bodinya lebih terlihat padu dan memukau. Tampilannya pun terlihat powerful dan menarik.

Kapasitas Mesin: 248cc
Konsumsi Bahan Bakar: –
Kapasitas Tangki: 11L
Daya Maksimum: 23KW (31,3HP)/9000rpm
Tinggi Jok: 800mm
Berat Semi-kering: Kurang Lebih 139kg

250DUKE 20160408 tokushu vol71 17 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Posisi Berkendara]

Tinggi Pengendara: 176cm
Berat Badan: 69kg

Z250SL
Seperti motor 125cc, Z250SL memiliki bodi yang ramping dan compact. Selain memiliki desain tampilan yang oke, motor ini memiliki posisi stang yang agak rendah sehingga sangat cocok untuk sporty riding.

CB250F
Dengan letak stang yang dekat, motor ini memungkinkan Anda untuk berkendara dalam posisi yang agak tegak, membuat Anda lebih nyaman menggunakannya untuk aktivitas berkendara sehari-hari di jalanan perkotaan.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 2 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
CB250F 20160408 tokushu vol71 10 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE
Motor ini mampu memberi Anda sensasi mengendarai motor off-road dikarenakan stangnya yang lebar dan memungkinkan Anda untuk berkendara dalam posisi tegak, menjadikannya berbeda dari motor-motor Jepang lainnya.

250DUKE 20160408 tokushu vol71 18 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Pengalaman Berkendara]

Z250SL
Berbekal karakteristik istimewa layaknya Ninja250SL, Z250SL memiliki performa putaran mesin yang bertenaga di range bawah dan menengah. Namun meski putaran mesin motor ini tidak begitu baik di putaran atas, torsi mesin yang mantap tetap mampu menghasilkan akselerasi yang cepat.

CB250F
Motor 4 tak ini mengandalkan mesin dengan kapasitas 250cc, silinder tunggal, DOHC 4 katup, dan berpendingin cairan. Meski didesain untuk aktivitas berkendara sehari-hari, motor ini mampu menghasilkan perfoma yang bertenaga di putaran atas sama seperti CBR250R.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 3 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
20160408 tokushu vol71 11 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE
250DUKE memiliki mesin yang lebih bertenaga dibanding motor 250cc lainnya. Meski agak loyo di putaran atas, motor ini memiliki performa yang sangat baik di putaran menengah dan peak power yang setara dengan motor dua silinder.

250DUKE 20160408 tokushu vol71 19 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Handling]

Z250SL
Seperti inisial SL pada namanya yang merupakan singkatan dari Super Light, motor ini memiliki bobot yang super ringan, menjadikannya sangat gesit saat melibas tikungan.

CB250F
Dengan CB250F, Anda dapat dengan mudah bermanuver di jalanan perkotaan yang sempit. Handle-nya terasa stabil dan mantap meski motor ini terbilang ringan.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 4 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
CB250F 20160408 tokushu vol71 12 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE
Selain WP Suspension di bagian depan dan belakang dan rangka jenis truss frame, 250DUKE juga menawarkan handling yang presisi.

250DUKE 20160408 tokushu vol71 20 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Handling & Foot Grounding]

Tinggi Pengendara: 176cm
Berat Badan: 69kg

Z250SL
Z250SL memiliki bodi yang ramping dan bobot bodi yang ringan. Handling-nya pun terasa enteng.

CB250F
Motor satu silinder berkapasitas 250cc ini memiliki bodi yang ringan dan dinamis. Foot grounding-nya pun terasa nyaman, cocok dengan spesifikasinya sebagai motor satu silinder.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 5 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
CB250F 20160408 tokushu vol71 13 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE
250DUKE adalah motor satu silinder berpendingin cairan yang sangat direkomendasikan untuk rider wanita bertubuh mungil dikarenakan handling-nya yang ringan dan foot grounding-nya yang nyaman. Selain ukuran tangki yang tidak terlalu besar, posisi stang 250DUKE pun dapat dikatakan mudah dikontrol.

250DUKE 20160408 tokushu vol71 21 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Panel Indikator]

Z250SL
Z250SL dilengkapi dengan panel indikator digital yang tampak minimalis dan informatif, dikombinasikan dengan tachometer analog yang terlihat keren. (Di bawah ini merupakan foto Ninja250SL.)

CB250F
Honda membekali CB250F dengan fitur indikator yang simpel dan modern. Bagian speedometer-nya berteknologi digital dan ditampilkan dalam skala yang mudah dibaca.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 6 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
CB250F 20160408 tokushu vol71 14 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE
Pada 250DUKE, Anda akan dapat melihat panel indikator multifungsi berlatar belakang lampu oranye. Panel indikator motor ini memiliki karakteristik fungsionalitas yang simpel yang diadopsi dari panel indikator motor off-road.

250DUKE 20160408 tokushu vol71 22 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

[Area Saklar Stang]

Z250SL (Kiri) Di bawah ini merupakan foto Ninja250SL.

Z250SL (Kanan) Di bawah ini merupakan foto Ninja250SL.

Z250SL 20160408 tokushu vol71 7 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
Z250SL 20160408 tokushu vol71 8 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

CB250F (Kiri)

CB250F (Kanan)

CB250F 20160408 tokushu vol71 16 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
CB250F 20160408 tokushu vol71 15 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc

250DUKE (Kiri)

250DUKE (Kanan)

250DUKE 20160408 tokushu vol71 23 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc
250DUKE 20160408 tokushu vol71 24 - Review Perbandingan Motor Naked Satu Silinder 250cc


Lihat Laman Indeks Motor Kawasaki
Lihat Laman Indeks Motor Honda
Lihat Laman Indeks Motor KTM
Lihat Aksesoris untuk Kawasaki Z250SL
Lihat Aksesoris untuk Honda CB250F
Lihat Aksesoris untuk KTM 250DUKE

Related post

Return Top