Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

  • 15/10/2020
  •  578 views

Test Ride Aprilia RS660 aprilia rs660 test ride - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Penjualan sportsbike menurun dalam sepuluh tahun terakhir dan alasannya mudah sekali ditebak. Banyak dari kita yang sebenarnya ingin sekali punya satu, tapi kenyataannya sportsbike zaman sekarang memiliki karakteristik yang lebih ekstrim, bertenaga, memiliki body yang lebih kecil, dan harganya yang sulit dijangkau. Aprilia RS660 ternyata dibanderol dengan harga yang diperkirakan, tetapi apa yang didapat jauh berada di atas ekspektasi.

Motor ini memiliki seluruh ketentuan sportsbike top; cepat, menggugah, dan rasanya seperti versi mini RSV4. Komponen elektroniknya oke punya dan yang terpenting mudah dioperasikan.

Powernya oke, posisi riding nyaman dan sangat mengakomodasi untuk rider baru maupun kawakan yang ingin kebut-kebutan tanpa encok.

Kualitas riding & pengereman (4/5)

Test Ride Aprilia RS660 2020 aprilia rs660 ride - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Motor terasa lebih jinak dari yang diperkirakan, dan sensasi keseruannya tidak datang dari top speed, melainkan saat digeber di bawah 160 km/jam karena begitu luwes dan konsisten. Saat memasuki tikungan manuvernya begitu mulus dan memiliki karakteristik khas RSV4 dan Tuono.

RS660 terasa sangat ringan dan tajam dibawah kendali. Motornya nurut saja dengan kemauan dan ekspektasi rider. Tenaganya tidak terpusat di roda belakang sehingga seluruhnya terasa seimbang.

Suspensinya memang tidak secanggih dari Ohlins, tetapi sifatnya adjustable dan shock depan dari Kayaba berfungsi dengan sempurna di berbagai tipe jalan, baik dalam kecepatan tinggi ataupun lambat.

Komponen pengereman dari Brembo memang bukanlah jenis yang terbaru dan tercanggih, tetapi kinerjanya sangat memuaskan untuk superbike ukuran ini. Ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II yang digunakan mencengkram aspal dengan baik.

Hal yang paling menonjol dari RS660 adalah posisi ridingnya yang sangat nyaman. Terinspirasi dari RSV4, posisi ridingnya memadukan gaya khas superbike dan sports tourer sehingga pergelangan tangan, lutut, punggung, dan leher tidak mendapat tekanan secara terus menerus.

Joknya sangat nyaman, posisi injakan kaki agak ke bawah (tidak berpengaruh terhadap ground clearance) dan posisi lutut bisa mengapit motor dengan baik sehingga mampu memberikan kendali ekstra. Posisi lutut berada di bawah wing tangki sehingga menyeimbangi posisi stang jepit yang agak tinggi.

[Baca Juga]
Versys 1000 Dapat Perombakan Besar untuk 2021

Swingarm Aprilia RS660 2020 swingarm aprilia rs660 - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Komponen lainnya juga tidak luput dari perhatian seperti knalpot, light control, windshield tinggi yang menguntungkan rider tinggi dan tinggi jok yang sedang sehingga tidak merepotkan rider berpostur pendek.

Demi membuat rangkanya sesederhana mungkin, Aprilia menggunakan mesin parallel-twinnya sebagai stressed member dan terhubung langsung dengan swingarm. Mesinnya keturunan RSV4, sehingga bisa digunakan untuk mentenagai motor-motor Aprilia 600 cc lainnya.

Untuk membuat motor tetap ringan, Aprilia menggunakan aki lithium, roda yang ringan (depan 3,56 kg/belakang 5,38 kg), subframe yang lebih ramping 16 mm dari milik RSV4 dan memiliki berat hanya 1,98 kg, cukup untuk menjadi tumpuan box motor. Bahkan dudukan plat nomornya juga mengalami diet, dan kini hanya memiliki berat 210 gram saja berkat penggunaan bahan carbon fiber.

Aprilia bisa memasang dua header knalpot ukuran besar yang sudah diberi konverter katalitik untuk memenuhi standar emisi Euro 5 plus silencer yang diletakkan di bawah mesin. Beratnya hanya 6,2 kg saja.

Dari sisi piranti elektronik, RS660 menggunakan ECU Marelli 11MP generasi terbaru yang menggantikan 7SM yang digunakan oleh RSV4 dan Tuono. Seluruh fungsi throttle ride-by-wire, rider lean aids, lampu cornering depan, dan lampu sein self-cancelling dikendalikan oleh ECU ini.

RS660 punya tiga riding mode standar, yakni Commute, Dynamic, dan Individual yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, ada tiga peta mesin, rem mesin, dan settingan cornering ABS, kontrol traksi 8 step, wheelie control (yang bisa dimatikan), cruise control, dan pitlane limiter, dan dua riding mode tambahan (Challenge dan Time Attack).

Mesin (4/5)

Mesin Aprilia RS660 2020 mesin aprilia rs660 - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Mesinnya menggunakan jenis parallel twin-cylinder 659 cc yang mengeluarkan tenaga 99 bhp. Setengah silinder depannya memang menggunakan miliki V4 RSV 1100 dengan bore 81 mm dan stroke 63,93 mm.

Tenaganya sangat terasa saat menyentuh 10.500 rpm dan saat di tikungan terasa sangat mulus dalam 4000 rpm.

Anda tidak perlu repot berganti gigi untuk menambah tenaga karena tanpanya power motor yang tersisa bisa dimanfaatkan dengan baik, dan karena beratnya yang hanya 138 kg Anda bisa mengendalikannya dengan mudah.

Quickshifter up/down dan cruise control berfungsing dengan mumpuni.

Warna dash kini lebih cerah dan informasi yang tertuang lebih mudah dibaca dan diatur, namun switchgear kiri agak mengganggu mata. Lampu high beamnya memancar jauh sehingga rider bisa lebih awas.

Kecanggihan piranti elektroniknya memang bisa mengurangi sensasi riding para rider kawakan, namun bagi rider pemula justru inilah titik kesenangannya.

Aprilia RS660 2020 Black-Red aprilia rs660 - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Reliabilitas & kualitas body (4/5)

MCN baru menjajal motor contohnya saja yang sebenarnya punya sedikit masalah saat start dan kilauan lampu warning mesin, tetapi Aprilia berkata hal ini hanya sedikit error pada software saja dan akan diperbaiki sebelum motor masuk ke produksi massal.

[Baca Juga]
Multistrada V4 Jadi Motor Pertama yang Pakai Radar Depan-Belakang!

Perlengkapan (5/5)

RS660 datang dengan kontrol traksi adjustable, wheelie control, engine braking control, power maps, quickshifter up/down, cruise control, riding mode, dan colour dash.

Selain itu, disematkan pula ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II, shock depan adjustable Kayaba, kaliper Brembo, lampu cornering depan LED, DRL LED, dan self-cancelling indicator.

Dash Aprilia RS660 2020 dash aprilia rs660 - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Sama seperti motor flagship Aprilia lainnya, RS660 juga menggunakan knalpot full system Akrapovic, single seat cowl, software untuk pitlane limiter, piranti elektronik untuk merekam pola pergantian gigi saat balapan, handle aluminium billet, dudukan plat nomor carbon, dan sticker velg.

Terdapat wing yang mirip milik RSV4 yang sebenarnya tidak perlu digunakan di jalanan biasa, tetapi berfungsi untuk menjaga hawa tetap sejuk dikala panas.

RS660 hadir dengan tiga warna pilihan: hitam dengan velg merah menyala, biru Cadbury’s dan merah gloss, serta acid gold.

Aprilia RS660 2020 Acid Gold aprilia rs660 acid gold - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Aprilia RS660 2020 Purple-Red aprilia rs660 purple - Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

[Baca Juga]
Sangarnya Penampilan Perdana R1250GS dan GS Adventure 2021

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top