Satu Angka, Satu Cerita — 55 untuk National Motos

  • 13/05/2020
  •  107 views

National Motos 55 FIM EWC national motos fim ewc1 - Satu Angka, Satu Cerita — 55 untuk National Motos

Motor tim National Motos dapat dengan mudah dikenali di atas lintasan. Warna biru dan kuning Honda dengan nomor 55 tercetak di atasnya telah menjadi tampilan khas tim juara 24 Heures Motos ini sejak 2006.

National Motos adalah tim Prancis tertua di ajang balapan ketahanan. Pipo Baldit, seorang dealer Honda di Paris, mendirikan tim ini pada 1971. Sejak saat itu, National Motos terus berkompetisi setidaknya di salah satu dari dua balapan Prancis (24 Heures Motos dan Bol d’Or) tiap tahunnya, kecuali pada 2016.

Tim dengan kru yang terdiri atas berbagai relawan ini pertama kali menorehkan prestasi membanggakan di 24 Heures Motos 1992 dengan meraih podium di posisi ketiga berkat kerja keras Guy Bertin, Adrien Morillas, dan Arnaud de Puniet (ayah mantan pembalap MotoGP Randy de Puniet). Saat itu National Motos sering sekali menggunakan nomor 5 yang merupakan angka keberuntungan Pipo. Sejak saat itu mereka semakin sering mengakhiri balapan di posisi 10 besar, termasuk posisi ke-4 di 24 Heures Motos dan ke-5 di Bol d’Or 2005.

Pada tahun 2006, National Motos harus merelakan nomor 5 berpindah tangan ke tim tetap FIM EWC. Untuk mengakalinya, mereka menambahkan satu lagi angka 5 di belakang sehingga nomor 55 pun kini lekat dengan mereka. Pada awal memakai nomor 55, mereka berhasil memenangkan 24 Heures Motos dengan rider Frédéric Protat, Olivier Four dan Dani Ribalta.

Sejak tahun 2006, Honda National Motos terus menggunakan nomor 55 dan telah menjadi tim tetap FIM Endurance World Championship.

Pipo meninggal dunia pada akhir 2012, dan sejak saat itu sang putra Stéphane dan kru National Motos terus melanjutkan kiprah melawan tim-tim pabrikan serta menyediakan fasilitas pelatihan untuk rider muda.

Dealer National Motos baru-baru ini memasuki usia ke-50 dan sang penerus dari generasi ketiga sudah siap mengambil alih. Stéphane dan saudara tirinya Eric mengambil alih komando dari Pipo, dan sekarang kedua putra Stéphane bernama Luc (20) dan Nicolas (23) juga sudah bergabung dengan National Motos.

Baca informasi selengkapnya tentang National Motos

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top