Satu Angka, Satu Cerita — 8 untuk Bolliger Team Switzerland

  • 03/04/2020
  •  111 views

8 Jadi Angka Hoki Bolliger Team Switzerland bolliger team switzeland fim ewc - Satu Angka, Satu Cerita — 8 untuk Bolliger Team Switzerland

Angka keberuntungan Bolliger Team Switzerland adalah 8: simbol infinity atau keberuntungan yang tiada akhir. Selama lebih dari 25 tahun, tim independen ini disegani oleh tim-tim pabrikan FIM Endurance World Championship berkat performanya.

Bolliger Team, tim veteran asal Swiss yang berbasis di Bern, didirikan pada tahun 1975 oleh pembalap Hanspeter ‘Hampu’ Bolliger. Ia memulai debutnya di balapan ketahanan pada 1982 di Imola dan Barcelona. Ia berhasil finish di posisi ke-10 di 24 Hours of Imola dan ke-7 di 24 Hours of Montjuic. Sejak saat itu dimulailah kecintaannya pada balapan ketahanan.

‘Hampu’ –yang dikenal lewat kumis khasnya– membalap untuk pertama kalinya di Bol d’Or pada 1992, tetapi terpaksa harus pensiun karena cedera dan memilih untuk berfokus dalam perannya sebagai manajer tim. Dengan sekumpulan awak relawan, Bolliger Team Switzerland mulai meniti karir di kejuaraan dunia dan mendapatkan hasil yang cukup membanggakan seperti posisi ke-5 di 24 Heures Motos 1994. Mereka pun akhirnya meraih podium pertama di posisi ke-2 dalam ajang Oschersleben 24 Hours 1999. Waktu itu balapan yang diadakan di Jerman ini masih relatif anyar karena baru masuk dalam kalender FIM EWC tahun sebelumnya. Pada tahun 2000, Bolliger Team Switzerland memutuskan untuk turun satu musim penuh di FIM EWC.

Bolliger Team Switzerland hingga kini masih terus bertarung dan bahkan mengungguli performa tim pabrikan yang memiliki sumber daya yang lebih besar. Hasil tidak pernah berbohong. Mereka terus melaju sebagai salah satu tim independen terbaik sejak awal tahun 2000-an, dan berhasil menjadi runner up FIM Endurance World Championship di tahun 2005 dan 2010. Mereka kembali merengkuh podium di tahun 2014 dan menduduki posisi ke-3 di klasemen. Pada 2015, mereka kembali mengibarkan bendera Swiss di podium ketiga 24 Heures Motos.

Sepanjang karir mereka di FIM EWC, Bolliger Team Switzerland tetap loyal dengan motor Kawasaki yang mereka beri nomor 8 — nomor yang diberikan oleh penyelenggara ketika mereka bergabung sebagai tim tetap di tahun 2000. Angka 8 telah menjadi jimat Bolliger Team Switzerland; angka ini kini identik dengan tim asal Swiss yang masa depannya penuh kejayaan.

Hanspeter Bolliger, yang baru-baru ini merayakan 45 tahun keterlibatannya di dunia balap, sekarang dibantu oleh sang putra yang bernama Kevin. Walaupun Kevin tidak mewarisi kumis Hampu, ia mewarisi kecintaan ayahnya terhadap balapan ketahanan dan akan terus berusaha membuat Bolliger Team Switzerland berjaya.

Baca lebih lanjut tentang Bolliger Team Switzerland

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top