JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Sejarah Monkey yang Sudah Eksis Selama 60 Tahun

Inilah Sejarah Honda Monkey

Zaman sekarang siapa sih yang tidak tahu Honda Monkey? Ya, motor mini yang harganya tidak semini wujudnya ini sangatlah populer di kalangan pecinta motor Indonesia. Kepopulerannya dimulai pada tahun 1968 ketika pertama kali diimpor ke Amerika yang tentunya membuat orang-orang heran, apa menariknya sih motor ini?

Nama Monkey sendiri mengacu pada posisi rider saat duduk di atasnya. Posisi tangan dan kaki yang menekuk dan punggung yang bungkuk membuat siapapun yang menaikinya terlihat seperti hewan primata tersebut. Sebenarnya agak jahat ya, tetapi nama Monkey sudah begitu melekat dengan motor mini ini.

Desain originalnya datang dari motor yang muncul di Tama Tech Park di Tokyo yang sebenarnya bukan bertipe Z50, melainkan Z100. Model ini lekat dengan warna frame merah cerah, jok empuk, tangki putih, dan gaya body yang boxy.

Honda Monkey 1961

[Baca Juga]
Deretan Sparepart G-Craft Honda Monkey 6-Inch

Tama Tech Park adalah taman bermain milik Honda yang bertema motosport. Orang-orang yang datang ke sana adalah yang pertama menaiki Z100 yang kemudian lekat dengan imej monyet. Pengunjung pun berduyun-duyun datang ke Tama Tech Park untuk mencoba motor ini.

Honda pun melihat peluang besar di balik kepopuleran Z100. Pada 1964, model CZ100 pun diluncurkan yang merupakan versi rombakan si pendahulunya. Tiga tahun berselang, Z50M pun hadir di pasaran dan menjadi model motor pertama Honda yang diimpor besar-besaran ke Eropa dan dilirik oleh pecinta motor di seluruh dunia. Daya tariknya antara lain mudah ditaruh dan murah, baik dari segi harga beli maupun maintenance. Jalanan Eropa sebenarnya tidaklah ramah terhadap mobil, tetapi dengan sepeda mini yang ringkas semua problem terselesaikan.

Honda Monkey CZ100

Z series akhirnya masuk ke pasar Amerika pada 1968 dengan nama Z50A atau juga dikenal sebagai “Mini Trail” dengan tangki dua warna, grip stang putih, velg 8 inci, dan suspensi depan. Tampilan keseluruhannya seperti sepeda anak-anak dan sebagai catatan motor ini tidak memiliki legalitas untuk dikendarai di jalanan umum karena tidak mempunyai lampu dan spion. Setahun kemudian, Monkey sudah bisa menjamuri jalanan perkotaan Amerika usai Honda melengkapi persenjataannya.

Sebenarnya ada satu hal yang tidak disangka jadi nilai plus Honda Monkey, yakni bisa jadi alternatif hiburan keluarga. Memang terdengar kurang lazim jalan-jalan sekeluarga pakai motor mini, tetapi ternyata di Negeri Paman Sam, hal tersebut bukanlah hal yang aneh. Sebuah organisasi pemuda bernama YMCA membuat program pelatihan bagi anak-anak untuk mengendarai motor Monkey yang benar dan aman usai Honda Amerika menyumbangkan 30 unit motor Monkey demi kepentingan edukasi kepada mereka. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak untuk beraktivitas dalam kelompok dengan cara yang menyenangkan. Tak disangka, program tersebut sukses besar sehingga pada Oktober 1970, Honda Amerika kembali menyumbangkan motor Monkey. Namun, kali ini jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Mereka langsung menyumbangkan 100.000 unit Monkey yang disebar ke seluruh penjuru negeri!

Honda Monkey Z50M

Honda Monkey Mini Trail

Dalam beberapa tahun berikutnya, Honda Monkey mendapatkan beberapa upgrade. Contohnya, jenis Monkey Z50A jadi punya spakbor yang lebih besar serta rangka, jok, tangki, dan shock belakang baru. Sementara itu, Z50R yang diluncurkan pada 1979 memiliki jok baru, tangki yang lebih oke, stang BMX, dan lebih bergaya racing. Z50R juga kehilangan legalitasnya di jalan raya karena lampu-lampunya dikorbankan untuk tampilan racing yang lebih mantap.

ZB50 yang lebih sporty hadir pada 1988. Motor ini dibekali dengan rangka twin spar aluminium dan knalpot yang menukik ke atas sehingga tampilannya berbeda dari Monkey sebelum-sebelumnya, plus harganya juga lebih mahal. Karena alasan ini Honda menghentikan produksi ZB50 tak lama setelah peluncurannya.

[Baca Juga]
Keliling Dunia dengan Honda Monkey? Siapa Takut!

Honda Monkey 1975

Hampir 20 tahun berselang, usai ribuan upgrade, Monkey 49 cc akhirnya resmi dipensiunkan. Total 60 tahun sudah Honda Monkey memanjakan berbagai kalangan di seluruh dunia.

Honda MSX125 GROM

Namun, keputusan Honda untuk menghentikan produksi jenis Monkey ini tentunya dibarengi dengan peluncuran motor pengganti. Yang pertama muncul adalah Honda MSX125 atau GROM. Pertama kali mengaspal pada 2014, motor ini punya tenaga yang jauh lebih besar dari Monkey original tanpa mengorbankan sensasi otentiknya. Mesinnya berjenis 125 cc dengan single silinder 2 katup. Asyiknya, lutut rider tidak harus menekuk tajam seperti saat mengendarai Monkey 50.

Motor kedua adalah Honda Monkey125. Motor ini memiliki spek yang sama dengan GROM namun memiliki body yang lebih kecil.

Honda Monkey125

[Baca Juga]
Detail Spesifikasi dan Test Ride Yamaha Tricity 300 2020
[Webike Indonesia]
Beli sparepart Honda Monkey 50 di sini!
[Webike Indonesia]
Beli sparepart Honda Monkey125 di sini!
[Webike Indonesia]
Beli sparepart Honda MXS125 GROM di sini!

Sumber [ COOL MATERIAL ]

Related post

Return Top