JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Sistem Keamanan Motor: Pabrikan Peduli, Gak Sih?

Sistem Keamanan Sepeda Motor

Sepeda motor mudah sekali berpindah tangan. Mobil saja yang punya jendela dan pintu mudah dibobol, apalagi sepeda motor.

Dengan ditendang agak keras saja kunci stang bisa patah dan immobilizer bisa diakali dengan printilan elektronik sederhana. Jadi, apa yang sebenarnya pabrikan sepeda motor lakukan untuk membuat produk yang mereka jual aman dari pencurian? Well, tidak banyak sebenarnya.
BMW dan Yamaha saat ini sedang berusaha keras untuk mencari cara agar sepeda motor keluarannya tidak mudah dibobol maling.

Gambar paten yang baru-baru ini diajukan oleh BMW menunjukkan sistem keamanan sepeda motor yang baru, yakni dengan mengunci gearboxnya. Solenoid akan memasukkan sebuah pin besi ke beberapa lubang yang ada di sambungan universal dalam poros penggerak di ujung gearbox.

[Baca Juga]
BMW E-Power Roadster: Motor Listrik Secepat S 1000 RR

Gambar Paten Rancangan Kunci Gearbox Sepeda Motor BMW

Untuk memastikan kerusakan tidak terjadi karena roda belakang tiba-tiba terkunci saat motor dikendarai, pin besinya dirancang khusus agar tidak bekerja dalam kecepatan lebih dari 4 km/jam.

Gambar paten tersebut sepertinya akan diaplikasikan pada motor cruiser BMW R18, tetapi ada juga desain dalam berbagai versi yang bisa digunakan untuk model motor lainnya yang menggunakan poros penggerak (Drive Shaft) dan satu variasi untuk jenis Drive Chain (rantai).

Sementara itu, beberapa versi teranyar skutik berkapasitas besar Yamaha TMAX sudah dilengkapi dengan standar tengah yang bisa dikunci, membuat maling makin susah untuk membobol motor besar ini.

Kunci Standar Tengah Yamaha TMAX

Kombinasi twist-and-go dan kapasitas besarnya membuat motor ini menjadi sasaran empuk maling-maling yang menggunakannya untuk kabur dari kejaran warga serta untuk menarik motor curian lainnya.

Dengan menggunakan gembok standar tengah, para pemilik TMAX bisa bernafas lega karena motor ini mustahil bisa dijebol dalam keadaan terkunci. Bahkan maling kelas kakap pun akan menyerah.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Inggris (MCIA) baru-baru ini menerbitkan sistem rating untuk pabrikan sehingga semua pelanggan bisa tahu seberapa mantap sistem keamanan yang mereka berikan kepada tiap model sepeda motor yang dijual.

Per bulan Desember lalu, dari sepuluh manufaktur yang ikut mendaftar, belum ada yang mendapat bintang lima. Seluruh lini motor Harley-Davidson hanya mendapat rating empat bintang, bersama dengan segelintir sepeda motor dari pabrikan lainnya.

Honda saat ini bahkan belum bergabung dengan MCIA, tetapi mulai tahun 2019 mereka menawarkan security tracker gratis untuk semua motor jalanannya — yang tentunya merupakan satu langkah lebih maju dalam upaya pencegahan dan pelacakan motor curian.

[Baca Juga]
Tips Menyetel Rantai dengan Tepat Langsung Dari Profesional!

Apa itu rating MCIA?
Rating keamanan MCIA menentukan berapa fitur keamanan yang Anda dapatkan saat membeli sepeda motor:
· Kunci stang yang memenuhi standar regulasi UNECE 62
· Ignition immobilizer system
· Sistem penanda kendaraan (marking system)
· Alarm
· Sistem pelacak dengan biaya bulanan

Rating Sistem Keamanan oleh MCIA Inggris

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top