Spesifikasi Yamaha Tricity 300 2020 Terbaru
- 08/11/2019
537 views
Yamaha resmi mengumumkan beberapa motor keluaran 2020 terbaru di Eropa tanggal 4 November 2019 lalu. Selain XSR900 yang dibalut kelir baru RZ dan TMAX650 yang mendapat tambahan kapasitas mesin, motor roda tiga Tricity 300 juga patut untuk dipertimbangkan.
Yamaha TMAX 560 Muncul dengan Kapasitas Mesin Meningkat dan Desain Lampu Belakang Terbaru
Mesin dan output sama seperti XMAX300, berat bertambah 60kg
Tricity 300 sebelumnya pernah diliput oleh Young Machine di Tokyo Motor Show 2019 tanggal 23 Oktober silam (lihat video di bawah ini). Namun, saat itu belum ada detail lebih lanjut mengenai motor ini. Akhirnya, Yamaha mengumumkan detail spesifikasi Tricity 300 saat press release-nya 4 November silam.
Tricity 300 memiliki mesin 292 cc satu silinder sama seperti XMAX300. Output maksimumnya pun sama, yakni 20,6kW (28ps)/7.250rpm dan torsi maksimumnya berada di angka 29Nm (2,9 kg-m)/5.750rpm. Jika membandingkan beratnya dengan XMAX300, Tricity 300 lebih berat 60kg. XMAX300 memiliki berat 179kg, sedangkan Tricity 300 239kg. Kapasitas tangkinya 13L. Pertambahan berat seperti itu wajar karena meningkatnya beban LMW pada bagian depan, seperti halnya Yamaha Niken yang beratnya bertambah 70kg dibandingkan MT-09 dengan mesin yang sama. Namun, ketika Young Machine melakukan test ride Niken, hampir tidak ada perbedaan dalam hal kecepatan dan kelincahan saat berbelok. Malah, Niken dicatat lebih cepat dibanding MT-09.
Tricity 300 didesain untuk memiliki distribusi berat depan dan belakang sebesar 50:50 ketika dikendarai, tekniknya sama seperti Niken. Persamaannya dengan Niken tidak berhenti di situ. Tricity 300 juga menggunakan geometri Ackermann agar mencapai performa dan kestabilan tingkat tinggi. Selain itu, Tricity 300 mengadopsi traction control XMAX300.
Sumbu roda depan Tricity 300 memiliki lebar 470mm, lebih lebar daripada Niken
Tricity 300 spek Eropa mengantongi lisensi untuk kendaraan roda empat, sehingga dikabarkan bahwa Tricity 300 memiliki lebar sumbu roda 470mm, lebih lebar 60mm daripada Niken yang sama-sama dilengkapi LMW. Dual fork yang dipasang di bagian dalam roda depan membuat pergerakan motor menjadi lebih stabil bahkan di jalanan licin atau tidak rata sekalipun. Motor ini dibekali dengan mekanisme tilt lock assist yang membantu motor agar tetap tegak saat berhenti.
Tricity memiliki tinggi jok 795mm dan Anda tidak perlu khawatir jika joknya terlalu tinggi karena Anda tak perlu menapakkan kaki untuk menahan motor. Kesimpulannya, Tricity 300 muncul sebagai motor yang menjawab semua kebutuhan dengan gaya sporty seperti Niken dan kepraktisan yang setara atau lebih tinggi dari Tricity 155.
Sumber [ Young Machine ]