Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

  • 03/01/2020
  •  3,196 views

Tips Standar Tengah Motor tips standar tengah motor - Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

Standar motor adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi motor Anda. Semua orang pasti tahu kegunaan standar motor. Selain standar samping, beberapa motor juga dilengkapi dengan standar tengah. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa sudah cukup menggunakan standar samping saja yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan standar tengah.

Sebenarnya, standar samping dan standar tengah masing-masing memiliki peran dan karakteristik yang berbeda tergantung dari situasi. Ada beberapa situasi saat pemakaian standar tengah dinilai lebih tepat dibandingkan standar samping. Artikel kali ini akan membahas peranan standar tengah dan kapan saja Anda disarankan untuk memakai standar tengah.

[Baca Juga]
Tips Bagi Anda yang Ingin Mengganti Filter Oli Motor

Apa itu standar tengah?

Penggunaan Standar Tengah pada Motor penggunaan standar tengah pada motor - Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

Kebanyakan orang tidak memandang standar tengah memiliki peranan yang begitu penting karena sehari-harinya mereka cukup menggunakan standar samping, terutama jika Anda hanya mengendarai motor Anda untuk pergi ke tempat kerja, sekolah atau keperluan sehari-hari lainnya.

Standar tengah sebenarnya memudahkan Anda untuk memarkir motor dalam posisi berdiri. Dan, karena ban belakangnya terangkat, ini juga memudahkan Anda untuk mengganti ban belakang dan melumasi rantai motor Anda.

Namun, motor memang lebih stabil jika diparkir dengan standar samping yang memungkinkan beban motor ditahan dengan standar dan ban depan belakang. Jika dengan standar tengah, yang menahan beban hanyalah standar dan ban depan saja.

Kapan saja waktu yang tepat untuk menggunakan standar tengah?

Standar Tengah Motor standar tengah motor - Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

Inilah tiga situasi yang tepat untuk menggunakan standar tengah.

  1. Saat Anda tidak ingin menggunakan motor Anda untuk waktu yang lama
  2. Saat Anda sedang ingin servis motor Anda
  3. Saat Anda ingin mencegah maling dengan mudah mencuri motor Anda

Saat Anda tidak ingin menggunakan motor Anda untuk waktu yang lama

Jika Anda menyimpan motor Anda dalam waktu yang lama, ban Anda akan terkena dampak beban dan juga gaya gravitasi yang dapat menyebabkan ban motor Anda perlahan-lahan berubah bentuk.

Beban yang ditopang oleh ban belakang akan bertambah. Oleh sebab itu, standar tengah berfungsi agar menjaga ban belakang motor Anda berada dalam posisi tidak menyentuh tanah yang dapat menghilangkan beban ditopang seluruhnya oleh ban motor Anda.

[Baca Juga]
Panduan Lengkap Brembo dalam Memilih Kampas Rem yang Tepat untuk Motor Anda

Saat Anda sedang ingin servis motor Anda

Servis Motor servis motor - Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, penggunaan standar tengah dapat memudahkan penggantian ban belakang dan pelumasan rantai. Selain itu, kemudahan dalam melepas ban belakang berarti suspensi belakang dan mesin dapat diatur ke posisi yang lebih rendah.

Jika Anda ingin mengganti ban dan suspensi depan, Anda juga dapat menggunakan tali yang terpasang di bagian depan motor setelah Anda memarkirkan motor dengan standar tengah. Jadi, bisa dikatakan bahwa standar tengah ini sangat membantu Anda ketika ingin servis dan mengganti beberapa komponen pada motor Anda.

Saat Anda ingin mencegah maling dengan mudah mencuri motor Anda

Standar tengah mengharuskan Anda untuk mengangkat dan mendorong motor agar dapat dinaiki dan dikendarai. Hal ini juga dapat menyulitkan orang yang ingin mencuri motor Anda.

Jika Anda memarkir motor dengan standar tengah, orang yang berniat jahat akan lebih susah mencuri motor Anda ketimbang jika Anda memarkirkannya dengan standar samping. Orang yang ingin mencuri motor Anda akan berpikir dua kali untuk melakukannya.

Dengan standar tengah, Anda dapat menambah keamanan motor Anda dan menurunkan angka curanmor.

Kesimpulan

Motor dengan Standar Tengah motor dengan standar tengah - Kenapa Lebih Baik Menggunakan Motor Standar Tengah Dibandingkan Standar Samping?

Begitulah peranan standar tengah bagi motor Anda. Jangan anggap remeh standar tengah hanya karena Anda merasa sudah terbiasa memakai standar samping. Ada situasi di mana penggunaan standar tengah dinilai lebih tepat dibanding standar samping.

Sekali lagi, inilah tiga situasi yang tepat dalam menggunakan standar tengah.

  1. Saat Anda tidak ingin mengendarai motor Anda dalam waktu yang lama
  2. Saat servis motor
  3. Saat Anda ingin mencegah motor Anda dicuri

Silakan memanfaatkan standar tengah yang terpasang pada motor Anda untuk ketiga situasi tersebut. Selain menjaga performa motor Anda, standar tengah juga berfungsi untuk menambah keamanan pada motor Anda. Sekian tips kali ini dari kami, jangan lupa untuk membaca tips-tips lainnya, ya!

[Webike Shopping]
Beli Standar Tengah

Sumber [ ForRide ]

Related post

Return Top