JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Suzuki Perkenalkan V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 Terbaru di EICMA 2019

Suzuki Luncurkan V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 2020

Suzuki baru saja mengumumkan dua model baru V-Strom, yakni V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 di pameran motor EICMA 2019 yang diadakan di Italia. Dikembangkan dengan filosofi desain “The Master of Adventure”, kedua motor ini memiliki fitur utama:

  1. Desain yang terinspirasi dari Suzuki DR-Z desert racer dan DR Big yang ikonik, dengan lampu depan LED kotak yang disusun vertikal dan moncong baru
  2. Versi Euro5 yang lebih fleksibel dan penuh karakter berkat mesin V-Twin 90° yang mampu menghasilkan tenaga 107.4PS (79kW), meningkat sebesar 7% dari model sebelumnya
  3. Throttle ride-by-wire terbaru dengan tiga pilihan mode mesin dan kontrol traksi tiga mode
  4. Motor flagship V-Strom 1050XT dibekali dengan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS) yang merupakan sebuah piranti elektronik yang berisi IMU, ABS super responsif dengan dua macam pengaturan, dan alat ini juga terhubung ke rem sehingga bisa mendeteksi dan mengadaptasi rem, serta fitur hold control dan cruise control.

V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 terbaru didesain dan dibuat untuk memberi kesempatan kepada setiap rider untuk memaksimalkan petualangan mereka, apapun tantangannya.

Suzuki V-Strom 1050XT 2020

[Berita Terkait]
Honda Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade dan Fireblade SP di EICMA 2019

V-Strom 1050XT

Piranti Elektronik
V-Strom 1050XT dilengkapi dengan satu set perlengkapan elektronik canggih dan menggunakan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS), yang bertujuan untuk meningkatkan segala aspek motor mulai dari kenyamanan rider hingga ke performa motor dan kepraktisan berkendara.

Throttle ride-by-wire terbaru memberikan sensasi berkendara yang natural dan lurus, dan saat melaju dalam kecepatan rendah pun dibantu dengan langsam atau idle yang lebih stabil. Ride-by-wire throttle sendiri merupakan bagian dari Controller Area Network (CAN), yakni sebuah jaringan informasi yang saling terkait sebagai pengganti pengkabelan standar, dengan kelebihan menggunakan kabel yang lebih sedikit dan transmisi data yang lebih cepat. Inertial Measurement Unit (IMU) Bosch dengan 6 aksis juga merupakan bagian dari jaringan ini. IMU berfungsi untuk mengontrol gerakan pitch, roll, dan yaw motor berdasarkan sudut kemiringan dan akselerasi motor.

Informasi yang didapatkan dari IMU membantu rider untuk mengatur Motion Track Brake System, dengan ABS yang sangat sensitif terhadap kemiringan motor menjadi salah satu bagiannya. Sistem ini juga secara otomatis memberikan tekanan pada rem belakang untuk mengatur deselerasi ketika tekanan rem depan meningkat hingga beberapa derajat. Sistem ini membantu rider jika sewaktu-waktu mereka harus mengerem di tengah tikungan dan membantu mereka melanjutkan perjalanan dengan lebih sedikit tekanan pada handle.

Rider dapat memilih salah satu dari dua mode ABS yang ada tergantung dari permukaan dan kondisi berkendara.

Tampilan Depan Suzuki V-Strom 1050XT 2020

Motion Track Brake System milik V-Strom 1050XT juga memiliki slope-dependent control yang berfungsi untuk mengoptimasi tekanan di rem depan dan belakang untuk menjaga kontrol dan menghindari roda belakang terangkat tiba-tiba saat mengerem di jalanan menurun, dan load-dependent control, di mana ABS secara terus menerus mempelajari perubahan selama deselerasi berdasarkan input tekanan hidrolik saat beban naik dan turun selama berkendara dengan bagasi maupun dengan penumpang. Sistem ini mengingat settingan paling optimal antara deselerasi dan tekanan hidrolik.

Sistem ini juga memiliki fitur hold control yang berfungsi untuk menghidupkan rem secara otomatis saat rider harus berhenti di tanjakan untuk menghindari rollback atau mundur dan memberikan starter yang lebih mudah, terlebih ketika berkendara dengan penumpang dan bagasi serta kenyaman berkendara rider semakin meningkat dengan adanya cruise control.

Tiga mode kontrol traksi menggantikan versi sebelumnya yang hanya memiliki dua mode. Sistem ini juga dapat dinonaktifkan. Rider dapat memilih satu dari tiga pilihan mode yang akan mengubah respon gas, tetapi tetap menghasilkan output yang sama. V-Strom terbaru ini juga akan dilengkapi dengan low RPM assist terbaru dari Suzuki dan fungsi easy-start.

Desain Body Suzuki V-Strom 1050XT 2020

Desain
Sekilas motor ini memiliki tampilan khas V-Strom, tetapi desain barunya benar-benar terlihat modern dengan model ala motor balap DR-Z dan mesin DR Big yang legendaris. Bagian depan atau moncongnya sekarang lebih mirip dengan milik motor petualang lainnya–pertama kali muncul di DR-Z–dan desain barunya ini juga terkesan lebih garang dan menonjol. Bentuk tangkinya juga terinspirasi dari milik DR-Z.

Pilihan warna dari V-Strom 1050XT memiliki kesan “desert express” dan motor-motor balap dan petualang Suzuki lainnya. Hadir dalam warna oranye dan putih seperti DR Big dan versi warna kuning memiliki kemiripan dengan motor offroad Suzuki.

Handguardnya didesain ulang sehingga terlihat lebih aggresif dan spionnya juga baru. Tampilan mesin V-Twin motor ini juga sangat diperhitungkan, dengan aksen baut yang menghiasi kepala silinder, tutup kopling, cover alternator, dan tutup pompa cairan yang semuanya berwarna perunggu mewah.

Lampu depan LED yang sekarang terlihat seperti susunan kotak vertikal, ditambah lampu belakang dan indikator LED, semakin melengkapi tampilan sempurna V-Strom yang satu ini.

Tutup Mesin Suzuki V-Strom 1050XT 2020

[Baca Juga]
Yamaha TMAX 560 Muncul dengan Kapasitas Mesin Meningkat dan Desain Lampu Belakang Terbaru

Mesin dan performa
Mesin V-Twin 90° 1037 cc yang lolos standar emisi Euro5 milik 1050XT ini memiliki performa yang lebih besar dari V-Strom 1000 dengan peak power meningkat sebesar 7% hingga 107PS, dan berhasil menjaga motor lebih mudah dan fleksibel saat dibawa dan linear drive yang lebih kuat.

Hal ini dapat tercapai berkat katup masuk dan buang cam yang didesain ulang sehingga durasinya meningkat dan overlapnya berkurang. Busi twin juga masih tetap digunakan bersama dengan piston model ring forged. Radiator yang baru meningkatkan kapasitas pendinginan sebesar 15% dan pendingin olinya juga diganti dengan yang baru. Slipper clutch membantu menurunkan gigi dengan lebih halus dan mengurangi tekanan pada handle kopling.

Sasis Suzuki V-Strom 1050XT 2020

Sasis
Sasis V-Strom 1050XT adalah rangka twin-spar aluminium yang dihubungkan ke swingarm yang terbuat dari bahan yang sama sehingga terasa lebih ringan dan ramping sehingga mudah dikendalikan dalam situasi apapun. Bodi rampingnya membuat rider dapat menapakkan kaki dengan mantap dan berkontribusi dalam membuat V-Strom ini menjadi lebih lincah.

Shock depannya menggunakan model upside down 43mm yang bisa disetel dari KYB. Shock belakangnya memiliki preload dan rebound yang dapat disesuaikan. Rem depan radial mount datang dari Tokicos dengan piringan cakram twin 310mm.

Stang tapered yang digunakan kokoh nan ringan dengan perhitungan ergonomis yang mengedepankan kenyamanan rider saat duduk maupun berdiri. Footstep barunya memiliki desain yang lebih kokoh dan dapat dengan mengakomodasi kaki di jalanan berbatu dan terjal.

V-Strom menggunakan velg DID jari-jari bahan aluminium dengan ukuran ban depan 19 inci dan belakang 17 inci untuk memudahkan motor dalam melibas berbagai medan dalam berbagai kondisi cuaca. Suzuki memutuskan untuk menggunakan ban radial A41 Battlax Adventure dari Bridgestone.

Port USB Suzuki V-Strom 1050XT 2020

Utilitas
Kepraktisan merupakan hal yang sangat diperhitungkan saat proses perancangan V-Strom 1050XT. Tinggi jok dapat diatur (plus opsi perendah dapat juga tersedia sebagai aksesoris untuk pengaturan lebih lanjut) dan ada juga windshield yang telah teruji yang bisa disesuaikan ketinggiannya tanpa harus menggunakan bantuan alat apapun. Satu set instrumen multifungsi menampilkan seluruh informasi penting motor lewat layar LCD berpenampilan simple, jelas, dan intuitif. Port USB juga dipasang di bagian kiri instrumen yang memudahkan rider untuk mengisi ulang baterai gadget. Ada juga outlet 12V DC di bagian bawah jok belakang.

Tambahan lain yang membuat motor ini lebih praktis adalah tangki berkapasitas 20 liter yang dapat digunakan untuk menempuh jarak 400 km sekali jalan dengan rata-rata penggunaan bahan bakar 4,9 liter per 100 kilometer.

Standar tengah, handguard, engine bar dan bracket mounting box motor bawaan membuat pemasangan dan pelepasan box motor V-Strom 1050XT menjadi lebih mudah.

Suzuki V-Strom 1050 2020

V-Strom 1050

V-Strom 1050 memiliki banyak fitur yang mirip dengan motor flagship atau unggulan V-Strom 1050XT dengan sedikit perbedaan untuk menyesuaikan harganya yang lebih murah. Mesin dan sasis V-Strom 1050 sama dengan milik model XT, tetapi velgnya menggunakan model palang berbahan aluminium. V-Strom 1050 memiliki kontrol traksi dan power mesin tiga mode, motor ini tidak dilengkapi dengan Suzuki Intelligent Ride System, cruise control, maupun Motion Track Brake System.

Desain motor ala DR-Z memiliki skema warna putih dan hitam maupun abu-abu dan hitam, lampu belakang LED dengan mika lampu merah, berbeda dengan milik XT yang transparan, serta lampu indikator LED-nya diganti dengan item yang lebih tradisional. Spionnya juga menggunakan model baru.

Engine bar standar, standar tengah, handguard, dan cowl bawah milik XT juga tidak tersedia di V-Strom 1050.

Lampu Depan Suzuki V-Strom 1050 2020

[Berita Terkait]
Honda Menghadirkan CB4X Concept di EICMA 2019

Aksesoris Original
Sebuah katalog lengkap aksesoris original Suzuki akan tersedia untuk kedua model ini, yang meliputi grip stang dengan penghangat, sambungan standar samping, box motor aluminium dan plastik plus dua tas tangki, sump guard, engine bar, lampu kabut, sambungan spion, dan stiker body motor.

Ketersediaan
V-Strom 1050XT dan V-Strom 1050 akan hadir di seluruh dealer Suzuki pada musim semi mendatang.

Sumber [ SUZUKI UK ]

Return Top