Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

  • 13/03/2020
  •  846 views

Test Ride Honda ADV 150 test ride honda adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Detail dan Test Ride Honda ADV150

Honda ADV150 menjadi motor yang paling banyak dibicarakan dan ditunggu-tunggu peluncurannya sejak tampil di Tokyo Motor Show 2019.

Test ride khusus media digelar sebelum ADV150 resmi dirilis di Jepang. Webike Japan langsung mengambil kesempatan ini!

Dari segi penampilan, ADV150 terlihat seperti X-ADV yang memiliki mesin dua silinder segaris 745cc dan DCT. Untuk urusan jantung pacu, ADV150 dilengkapi dengan mesin eSP milik PCX150 yang terbukti membuat performa motor lebih ngacir.

Kami juga akan membandingkannya dengan PCX150.

[Baca Juga]
Perbandingan ADV150 dengan PCX150, Mana yang Lebih Unggul?

Motor yang Lincah dengan Mesin yang Mudah Dikendalikan

Begitu ADV150 digeber, posisi berkendaranya terasa berbeda dari PCX150. Karena joknya lebih tinggi dari PCX150, jarak pandangan menjadi lebih luas. Stangnya adalah tipe fat bar berukuran lebar dan panel meternya menyediakan informasi yang cukup lengkap dan mudah dibaca.

Motor ini benar-benar memiliki penampilan motor adventure, namun masih termasuk ranah skutik. ADV150 mengadopsi windshield khas X-ADV dan memakai ban pola block. Ketika ADV150 coba dikendarai dalam posisi berdiri layaknya motor adventure, motor ini mampu melibas jalanan dengan lincah.

Lalu, ketika dikendarai dalam posisi duduk dengan kedua kaki ditempatkan di pijakan, ADV150 lumayan nyaman karena tubuh bagian bawah Anda dapat ditopang dengan baik sehingga stabil.

ADV150 memiliki suspensi yang dirancang khusus dengan ban pola block berukuran lebar sehingga performa larinya lebih baik dari PCX. Selain itu, ADV150 memakai mesin eSP sama seperti PCX, namun dengan intake dan drive system yang lebih baik serta putaran rendah dan sedang yang kualitasnya sudah ditingkatkan.

Kami membandingkan akselerasi antara ADV150 dan PCX150 dari awal dipacu. Hasilnya, ADV150 mampu mencapai kecepatan 50km/jam ke atas dengan lebih cepat. Jadi, bisa dibilang performa berkendara ADV150 tergolong top di kelas 150cc. Berikutnya, kami akan menjelaskan tiap bagiannya secara mendetail.

Gayanya mirip PCX150

Panjang, Lebar, Tinggi:
ADV150: 1.960mm, 760mm, 1.150mm
PCX150: 1.925mm, 745mm, 1.105mm

Berat:
ADV150: 134kg
PCX150: 131kg

Rangka dan mesin ADV150 berbasis PCX150, namun ada beberapa perbedaan seperti desain dan performance part. Dari sisi desainnya, perbedaan terletak di penggunaan windshield tipe variable seperti yang dipakai X-ADV, panel meter digital dengan visor layaknya motor adventure. Walau ukurannya tidak terlalu berbeda dari PCX150, bagian depan ADV150 nampak lebih gahar sehingga kesannya lebih besar.

Suspensinya diubah untuk meningkatkan performanya. Tidak hanya lebih panjang, namun juga dipasangkan tabung. Suspensi yang lebih panjang ini selanjutnya membuat jok lebih tinggi sehingga lebih mampu saat dikendarai di jalanan yang tidak rata. Velg belakang ADV150 memakai velg 13 inci (1 inci lebih kecil dari PCX150), namun lebarnya lebih besar dari PCX (120 menjadi 130). Ban pola block-nya berukuran standar. Karena ada perubahan pada velg belakangnya, maka remnya juga diganti ke tipe cakram (PCX150 memakai rem tromol).

Tinggi Jok dan Posisi Duduk

Tinggi Jok
ADV150: 795mm
PCX150: 764mm

Posisi Duduk
Jok ADV150 lebih tinggi sekitar 30mm dari PCX150. Ketika salah seorang staf Webike dengan tinggi badan 173cm mencoba menaiki PCX150 dan ADV150, ia dapat menjejakkan kaki dengan pas dari PCX150. Namun, ia harus sedikit berjinjit saat duduk di atas ADV150.

Lampu ala Motor Adventure

Semua lampu ADV150 menggunakan lampu LED. Lampu senjanya hadir dengan desain terbaru yang terlihat sangat keren! Dikombinasikan dengan lampu belakang yang mengeluarkan cahaya berbentuk huruf X sehingga makin unik.

Terdapat lampu tanda bahaya yang menyala ketika motor rem mendadak untuk memberi peringatan kepada pengendara yang ada di belakang agar berhati-hati.

Lampu Depan

Lampu Depan Honda ADV150 lampu depan honda adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Lampu Belakang

Lampu Belakang Honda ADV150 lampu belakang adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Panel Meter yang Menyuguhkan Banyak Informasi

Tata letak panel meternya memungkinkan informasi disuguhkan lebih banyak dengan memisahkan informasi speedometer dan indikator lainnya.

Bagian tengah (paling dominan) menampilkan speedometer lalu bagian atasnya menampilkan informasi sistem bahan bakar, tanggal, jam, indikator penggantian oli dan odometer. Bagian kiri bawahnya memperlihatkan sistem efisiensi bahan bakar, suhu dan voltmeter, sedangkan indikator sisi kanan bawah menunjukkan angka penghitung konsumsi bahan bakar instan.

Stang Lebar Fat Bar untuk Skutik

ADV150 mengadopsi stang lebar fat bar yang umumnya dijumpai di motor adventure. Tidak ada perubahan signifikan pada bagian saklarnya. Saklar ON/OFF ADV150 juga ditempatkan di sisi kanan sama seperti PCX150.

ADV150 menggunakan smart key system, jadi Anda tidak perlu memasukkan kunci untuk menyalakannya. Dengan smart key ini, Anda juga bisa membuka kunci jok dan tutup pengisian bahan bakar.

Perlengkapan yang Membuat Berkendara Menjadi Nyaman

Windshield ADV150 bisa diatur ketinggiannya hingga dua tingkat dengan selisih 71mm. Anda tidak perlu menggunakan alat khusus untuk mengatur ketinggian windshield ini karena sudah dilengkapi dengan mekanisme sliding yang baru dikembangkan.

Jika diatur dalam posisi rendah, hembusan angin akan mengenai dada Anda, sehingga posisi windshield ini lebih disarankan ketika Anda berkendara di dalam kota. Sebaliknya, jika Anda tengah melaju pada kecepatan tinggi atau ketika angin sedang berhembus kencang, Anda sebaiknya mengatur windshield ke posisi tinggi agar tubuh bagian atas tidak terkena paparan angin terlalu kuat yang mengakibatkan tubuh Anda cepat lelah.

Kompartemen atau ruang penyimpanan di sisi kirinya memiliki kapasitas 2L. Di dalamnya, terdapat socket ACC sehingga Anda bisa charge smartphone Anda sambil berkendara. Kompartemen ini tidak terlalu dalam, jadi botol minum ukuran 500ml tidak bisa masuk.

Suspensi yang Dirancang Khusus

Shock depan ADV150 memiliki panjang stroke 130mm walau berjenis teleskopik. Shock depan tersebut membuat berkendara lebih nyaman, tidak hanya di jalanan perkotaan namun juga di jalanan dengan permukaan tidak rata. Shock belakangnya mengadopsi tipe twin shock yang dilengkapi tabung. Dengan panjang stroke 120mm dan per dengan tiga tingkat kekerasan, shock belakang ADV150 memperlihatkan performa yang mumpuni bahkan jika dinaiki dua orang di atas jalanan yang menantang.

Berbeda dari PCX150 yang memakai rem tromol, ADV150 menggunakan rem cakram di depan dan belakang. Tenaga pengeremannya jauh lebih baik dengan rem cakram. Selain itu, ADV150 dilengkapi dengan ABS tipe single channel di bagian depan.

Motor ini mengadopsi ban pola block sehingga performa larinya sangat oke. ADV150 memakai velg depan 14 inci dan velg belakang 13 inci, berbeda dari PCX150 yang memakai 14 inci untuk kedua velgnya. Ternyata, handling dan kenyamanan berkendaranya lebih enak ADV150.

Suspensi Belakang Twin Shock ADV150 suspensi belakang twin shock adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Suspensi Belakang Twin Shock ADV150

Mesin dengan Putaran Rendah dan Sedang yang Lebih Baik

Output maksimum: 15ps/8.500rpm
Torsi maksimum: 14Nm/6.500rpm


ADV150 dilengkapi dengan mesin eSP yang terkenal akan semburan tenaganya yang yahud namun irit bahan bakar. Intake dan drive system telah dioptimalkan untuk meningkatkan performa torsi dan akselerasi pada putaran rendah dan sedang. Dibandingkan PCX150, akselerasi ADV150 jauh lebih mantap. Adanya idling stop system pada ADV150 menjadikan motor ini ramah lingkungan dan irit bahan bakar serta tidak menyebabkan polusi suara.

Selain itu, ADV150 menggunakan knalpot desain terbaru tipe up yang meningkatkan performa berkendara layaknya motor adventure.

Kapasitas Tangki yang Cocok untuk Touring Jarak Jauh

Kapasitas tangki bahan bakar: 8L

Tangki bahan bakarnya berlokasi di depan jok dengan penutup seperti yang ada di PCX150. Untuk membukanya, Anda bisa gunakan smart key. Dengan kapasitas tangki sebesar 8L dan efisiensi bahan bakar 44,1 km/L dalam mode WMTC, Anda bisa terus mengendarai ADV150 hingga jarak lebih dari 300km. ADV150 tidak hanya cocok digunakan sehari-hari, namun bisa juga untuk touring jarak jauh.

Bagasi Bawah Jok yang Bisa Memuat Banyak Barang

Kapasitas bagasi bawah jok: 27L

Posisi duduk saat berkendara di atas ADV150 terasa sangat stabil karena jok dapat dicengkram dengan nyaman dengan kedua paha. Selain itu, joknya ramping ke depan sehingga mudah untuk mengeluarkan kaki saat hendak turun dari motor.

Kapasitas bagasi bawah jok adalah sebesar 27L. Bagasi ini dapat menyimpan helm full face di bagian depannya dan masih ada sisa ruang di bagian belakang yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan jas hujan atau perlengkapan lainnya. Jok ADV150 dapat dibuka tegak lurus 90 derajat sehingga Anda dapat dengan mudah menaruh dan mengambil barang di bagasi. Pijakan kakinya juga bisa diatur tergantung situasi.

Honda ADV150 Sudah Ada Versi Custom-nya!

Pada saat test ride ini dilakukan, ADV150 dengan part OEM opsional ditampilkan sebagai referensi.

ADV150 Custom adv150 custom - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Tersedia part OEM opsional untuk ADV150
Tidak seperti ADV150 model luar Jepang, ADV150 yang dipasarkan di Jepang memiliki part yang berguna saat berkendara di daerah yang dingin. Contohnya, grip heater.

Tersedia pula bracket box dirancang khusus dan juga top box-nya. Top box ADV150 memiliki kapasitas 35L yang cukup memuat banyak barang keperluan touring.

Grip Heater ADV150 grip heater adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

Tersedia pilihan custom part untuk ADV150
Custom part yang serasi dengan warna motor. Custom part termasuk handle, jalu stang, tutup dan klem master rem dan tutup baut. Selain itu, terdapat pula custom part seperti side bar, lampu kabut, fender eliminator dan knalpot full system Moriwaki dengan warna burned titanium.

ADV150 diproyeksikan akan memiliki sparepart dan aksesoris yang lebih banyak lagi. Jadi, selain merupakan skutik city adventure kelas wahid, ADV150 juga asyik untuk di-custom!

Knalpot Moriwaki ADV150 knalpot moriwaki adv150 - Test Ride dan Detail Lengkap Honda ADV150, Skutik Adventure yang Jempolan

[Baca Juga]
ADV 150 Rally Kolaborasi Touratech dan Yoshimura

Related post

Return Top