Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

  • 27/12/2019
  •  255 views

Test Ride ADV150 test ride adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

Pada bulan Juli 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia memproduksi ADV150, skutik terbaru tipe adventure yang sensasional. Artikel ini akan membahas test ride ADV150 yang dicoba di segala trek mulai dari berkendara di dalam kota, jalanan bebas hambatan, jalanan berkelok, hingga berpasir dan berbatu! Mari kita lihat ketangguhan dan kebolehan dari motor ini.

Mesin berkualitas tinggi dari PCX memiliki power yang signifikan bahkan saat motor dibawa ngebut

Posisi berkendara saat menaiki ADV150 sedikit berbeda dari PCX150. Stangnya berjenis stang motor off-road dengan sudut yang kecil. Pijakan kakinya terasa mantap dan Anda dapat dengan mudah bermanuver dengan lincah di atas motor ini. Ini yang membuat ADV150 berbeda dan lebih unggul dari PCX.

Pertama-tama, mari bahas mesinnya. ADV150 dibekali mesin 149 cc silinder tunggal SOHC berpendingin cairan. Outputnya adalah 14,5ps untuk spek Indonesia (PCX spek Jepang memiliki output 15ps). Ada beberapa hal yang serupa dengan PCX, seperti getaran rendah yang ditransmisikan ke bodi motor, gas yang responsif, dan pengoperasian saat idling stop. Mesinnya juga memiliki performa yang cukup baik, halus dan bertenaga.

Mengenai performanya yang bertenaga, motor ini berhasil dipacu pada kecepatan tinggi hingga 90 km/jam tanpa masalah di jalanan bebas hambatan. Belum diketahui apakah ADV akan ada versi 125 cc, namun test ride yang dilakukan di Jepang ini memungkinkan ADV150 masuk ke jalur bebas hambatan karena berkapasitas mesin 150 cc. Sama seperti PCX150, ADV150 juga memiliki power yang mantap saat kecepatan tinggi.

Sudut Kemiringan ADV150 Saat Berbelok adv150 saat berbelok - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

ADV150 memiliki suspension stroke 30mm lebih besar di bagian depan dan belakang dibanding PCX, sehingga sudut kemiringannya lebih rendah. Selain itu, ban depan dan belakangnya juga lebih tebal dibanding PCX sehingga Anda dapat berkendara lebih nyaman di atas jalanan berbatu dan tidak rata. Performa larinya juga mumpuni untuk ukuran motor skutik.

Handling-nya berbeda dari PCX

Handling ADV150 berbeda dari PCX karena memiliki suspension stroke yang lebih besar 30mm di bagian depan dan belakang. ADV150 memiliki suspension stroke di bagian depan sebesar 130mm, sedangkan di bagian belakangnya adalah 120mm. Ban depan dan belakang ADV150 lebih tebal satu ukuran dibanding PCX. Posisi jok yang lebih tinggi juga memungkinkan ADV150 lebih mudah dikendalikan sehingga Anda dapat bermanuver dengan lincah di atas motor ini. Sudut kemiringannya saat berbelok juga terasa nyaman.

Test Ride ADV150 di Jalanan Tanah test ride adv150 jalanan tanah - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

Honda ADV150 Indonesia ■ Panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, tinggi 1.153mm, jarak sumbu roda 1.324 mm, tinggi jok 795. Berat = 133 kg (versi ABS) dan 132 kg (versi CBS) ■ Mesin 149 cc 2 katup OHC silinder tunggal 4-tak berpendingin cairan. Output 14,5ps/8.500 rpm dan torsi 1,34 kg-m/6.500 rpm. Tipe transmisi: V-belt. Kapasitas tangki: 8L ■ Ban depan = 110/80-14 dan ban belakang = 130/70-13

Test ride ADV150 selanjutnya dilakukan di atas jalanan tanah. Ban motor ini memiliki pola tapak semi-block, namun alurnya yang dalam susah mencengkram jalanan yang berlumpur. Namun, karena bannya memiliki ukuran yang lebar, daya cengkramnya di atas jalanan berpasir dan beraspal lumayan oke. Mesinnya responsif dan halus sehingga motor dapat tetap melaju dengan mulus ditambah dengan suspension stroke-nya yang panjang. Ketika dikendarai di atas jalanan yang tidak rata, ADV150 memiliki keseimbangan dan performa lari yang baik sehingga dapat dipastikan Anda akan aman di atas motor ini.

Windshield ADV150 dapat diatur dalam dua tingkat sehingga tidak menghalangi pandangan Anda. Selain itu, windshield-nya cukup baik dalam menghalau angin. Tidak ada masalah yang berarti saat motor dikendarai di berbagai trek seperti jalanan tanah, berkendara di dalam kota, berkelok dan juga jalanan lurus pada kecepatan tinggi.

Tidak hanya soal penampilan, namun performa ADV150 juga berbeda dari PCX150. Jujur saja, ADV150 adalah skutik yang lebih menyenangkan dikendarai ketimbang PCX150.

Perbandingan Posisi Berkendara ADV150 dengan PCX150 posisi berkendara adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

Jika dibandingkan dengan PCX, posisi berkendara pada ADV150 lebih memudahkan Anda untuk bermanuver. Joknya memiliki tinggi 795mm (lebih tinggi 31mm dari PCX). Bentuk joknya juga memungkinkan Anda untuk berkendara dengan nyaman.

Honda ADV150 Indonesia

ADV150 Produksi Indonesia spesifikasi adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

ADV150 Indonesia memiliki plat nomor depan dan belakang. Plat nomor depannya dipasang di posisi yang berbeda tergantung dari model motornya. Pemasangan plat nomor depan di ADV150 terletak di depan fairing lampu depannya.

Panel Meter dan Smart Key ADV150 panel meter dan smart key adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

Panel meternya memiliki backlight berwarna biru yang dapat dilihat dan dibaca dengan mudah saat siang maupun malam hari. Penyajian data bahan bakar dan tanggalnya lumayan keren. Sama seperti PCX, ADV150 juga dilengkapi dengan smart key yang praktis.

Plat Nomor Depan dan Ban ADV150 plat nomor depan dan ban adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

ADV150 menggunakan ban besutan Federal yang diproduksi di Indonesia. Bracket plat nomor depannya mudah dipasang dan dilepas hanya dengan dua baut saja.

Bagasi Bawah Jok ADV150 bagasi bawah jok adv150 - Test Ride Honda ADV150: Skutik Penjelajah Jalanan

Anda dapat menyimpan helm Anda di bawah bagasi joknya (kapasitas ruang penyimpanannya hampir sama seperti PCX). Jok belakang ADV150 juga cukup nyaman dan penumpang dapat dengan mudah menggenggam behel motor.

Sumber [ Young Machine ]

Related post

Return Top