Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

  • 20/09/2019
  •  142 views

test ride kawasaki klx230 klx230r test ride kawasaki klx230 klx230r - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Kawasaki meluncurkan motor off-road terbarunya yakni KLX230 dan KLX230R yang khusus dipakai untuk jalan tanah. Artikel ini akan membahas test ride kedua motor tersebut.

Untuk pemula, namun dengan perlengkapan yang lengkap

klx230 klx230 - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!
KLX230 lahir dengan konsep motor sport ringan yang dapat dikendarai secara off-road. Tujuannya adalah agar rider tingkat pemula dan menengah dapat menikmati performa motor ini. Model street KLX230 adalah motor dual purpose dengan lampu depan ukuran besar, jok yang nyaman, dan ABS yang dioptimasi untuk off-road.

klx230r klx230r - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Di sisi lain, KLX230R lebih diperuntukkan untuk melibas tanah merah sehingga dibuat lebih ringan dan karakterisik output, suspensi depan & belakang, serta bannya telah diubah untuk lebih menyesuaikan dengan karakteristik motor sport off-road. Selain itu, mesin 232 cc 2-katup SOHC silinder tunggal 4-tak berpendingin udara tipe torsi low-medium-speed ini memiliki output maksimum sebesar 19 ps. Bodi motornya berbahan baja dengan tingkat kekokohan tinggi dan dikombinasikan dengan velg depan belakang 21 dan 18 inci.

Foot grounding dan mesin yang baik

Pertama, test rider mencoba KLX230 terlebih dahulu. Kesan pertamanya adalah motor ini nampak besar dengan bodi KLX250 sebelumnya. Desainnya mengingatkan pada Motocrosser KX series. Joknya lumayan tinggi, yakni 885mm, namun saat dinaiki, kedua kaki test rider dapat menapak dengan sempurna berkat suspensi depan dan belakangnya serta bodi motor yang ramping (tinggi motor 179 cm, berat 73 kg).

Mesinnya bertipe single cell. Koplingnya terasa halus dan saat pertama kali di-starter pun awalnya sudah baik. Motor ini lalu dikendarai di atas permukaan tanah yang tidak rata, namun kecepatannya masih mudah untuk dikendalikan.

Ketika akselerator perlahan ditambahkan di medan yang menanjak, ban dengan pola block yang dipasangkan di motor ini kuat mencengkram permukaan jalan. Sebenarnya jalanannya cukup licin, namun motor tetap melaju dengan aman tanpa selip.
test ride off-road klx230 test ride klx230 - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Motor sport yang lincah

Di jalanan yang agak basah, KLX230 mampu bermanuver dengan lincah. Pada saat dipacu pada kecepatan sedang, motor ini cukup stabil dan nyaman. Lalu, saat motor perlahan-lahan ditambah kecepatannya, barulah terasa potensi yang dimiliki motor ini dan membuat test rider sedikit “bermain-main”. Saat di tikungan, test rider membawanya pada gigi rendah, sedikit menggelincirkan roda belakang dan melakukannya dengan berdiri di atas motor. Langsung terasa bedanya; ini baru real sport. Motor ini memang tidak dapat melompat tinggi, namun terhitung masih dapat melakukan berbagai manuver di zona yang aman.

aksi test rider klx230 aksi test rider klx230 - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Motor ini juga dicoba on-road, namun bodi motornya lebih kaku dari kelihatannya dan grounding di bagian depan lumayan tinggi. Karena ban block-nya cocok untuk on-road, maka tidak ada masalah saat di tikungan. Yang mengesankan adalah sistem ABS dual-purpose terbarunya yang diaplikasikan di rem cakram depan dan belakang agar rider dapat lebih percaya diri dalam melakukan pengereman baik ketika berkendara secara on-road maupun off-road.

test ride on-road klx230 test ride on road klx230 - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Selain ABS dual-purpose, karakteristik output-dan girnya menjadikan motor ini sesuai untuk dikendarai di jalanan kota dan juga off-road. Motor ini juga dapat dipacu pada kecepatan tinggi, namun mengingat tujuan awal dari KLX230 itu sendiri, yakni motor on-road sekaligus off-road, maka sangatlah wajar jika motor ini memiliki karakteristik khas kedua tipe motor tesebut.

Perbedaannya cukup jelas, KLX230R adalah pilihan yang lebih baik untuk off-road

Selanjutnya adalah test ride KLX230R. Begitu motor ini dinaiki, tinggi motornya terasa berbeda. Suspensi depan dan belakang motor ini dibuat 30 mm lebih panjang dan dapat menahan guncangan dan beban dengan lebih baik. Dengan kata lain, KLX230R lebih berkarakteristik off-road. Berat motor ini adalah 115 kg, lebih ringan hampir 20 kg dari KLX230.
test ride klx230r test ride klx230r - Test Ride Kawasaki KLX230 dan KLX230R, Lincah Bermanuver!

Akseleratornya juga responsif dan mudah dikendalikan. Jika Anda lebih suka berkendara off-road, maka KLX230R adalah pilihan yang lebih baik. Rasakan sendiri potensi yang dimiliki motor ini, dijamin Anda takkan menyesal.

Related post

Return Top