Test Ride New Honda Rebel 250 ABS 2019
- 14/06/2019
1,386 views
Sejak dirilis pada bulan April 2017, total penjualan motor Honda Rebel 250 terus meningkat. Lalu, pada tahun 2018, motor yang berhasil mencapai breakthrough di kelas motor berkapasitas kecil dengan mengalahkan PCX 150 ini menghadirkan sajian warna yang berbeda untuk model 2019-nya.
Terlihat seperti motor cruiser, namun dapat berlari layaknya motor naked
Penjualan Teratas Motor Mini (lihat tabel di bawah). Rebel 250 berada di posisi teratas menunjukkan bahwa Rebel 250 merupakan motor favorit untuk dipakai sehari-hari.
Mesinnya tidaklah memakai mesin berpendingin udara maupun v-twin yang menandakan motor cruiser. Melainkan, motor ini memakai mesin berpendingin cair single-cylinder yang didesain secara khusus (kanan). Sistem masuk/buang dan pengaturan FI dioptimalkan berdasarkan mesin berpendingin cair single-cylinder yang dipakai di CBR250 dan motor lainnya. Hal yang mengesankan adalah mulusnya mesin saat dipacu dengan kecepatan 40-60 km/jam dan suara knalpotnya juga terdengar nyaman di telinga. Karena tidak ada tachometer, maka perhitungan rpm nya adalah jumlah perputaran top 6-gear 100 km/jam sehingga sekitar 6.200 rpm. Walaupun hanya single-cylinder, tapi cukup mulus ketika dipacu pada kecepatan tinggi dan output powernya juga lumayan besar. Dan, tak kalah penting, pengoperasian kopling dan persneling pun sangat ringan.
Handling-nya juga mudah. Motor ini mampu bermanuver dengan lincah dengan ban depan dan belakang berukuran tebal, tinggi jok yang rendah, dan shock depan upright. Karena sangat mudah bermanuver, rasanya seperti mengendarai motor naked. Steering angle dan grounding yang nyaman pun juga menjadi kelebihan motor ini. Motor berkapasitas 250 cc ini memiliki jarak sumbu rodanya 1.490 mm sehingga turning force-nya tidak terlalui tinggi. Namun, jika Anda mencoba cornering dengan kemiringan tajam, footstep motornya akan langsung menyentuh tanah.
Suspensinya cukup nyaman, begitu pula dengan ban depan belakang dan rangka baja fleksibelnya. Performa remnya bagus, terutama rem belakang yang sangat mudah dikendalikan.
Ruang untuk memuat barang lumayan kecil
Tidak ada hook untuk barang dan ukuran jok belakangnya lumayan kecil, sehingga sulit untuk memuat barang besar di motor ini. Namun, saddlebag dan bracket box termasuk part OEM dan terdapat pula opsi yang ditawarkan oleh brand-brand lain.
Kesimpulan: Honda Rebel 250 adalah motor yang sangat mudah dikendalikan dan harganya pun masih dapat dikatakan terjangkau.
Test ride ini menggunakan motor Honda Rebel spesifikasi ABS. Ban belakang terasa sangat ringan dan mudah dikendalikan. Dengan seluruh spesifikasinya yang apik dan mumpuni, maka tak heran jika motor ini cukup populer.
Sumber [ Young Machine (Artikel Ditulis dalam Bahasa Jepang) ]
Kronologis Suzuki Katana Hadir di Kemayoran, Ternyata Sudah Lama Dibocorkan
Prototipe Ducati Streetfighter V4, Versi Naked dari Panigale V4 yang Berperforma Tinggi