JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Test Ride New Honda Rebel 250 ABS 2019

yamaha-Rebel250-main-1024x576

Sejak dirilis pada bulan April 2017, total penjualan motor Honda Rebel 250 terus meningkat. Lalu, pada tahun 2018, motor yang berhasil mencapai breakthrough di kelas motor berkapasitas kecil dengan mengalahkan PCX 150 ini menghadirkan sajian warna yang berbeda untuk model 2019-nya.

Honda Rebel 250 ABS 2019. Spesifikasi utama: 2190 mm, lebar keseluruhan 1090 mm, tinggi keseluruhan 1090 mm, jarak sumbu roda 1490 mm, ketinggian jok 690 mm. Berat: 170 kg, mesin: DOHC 4 katup silinder tunggal 4-tak berpendingin cair, kapasitas: 249cc, output power: 26ps/9.500 rpm, torsi: 2,2 kg-m/7.750 rpm, transmisi: 6-gear tipe return, kapasitas tangki bahan bakar: 11 L. Rem depan: cakram, rem belakang: cakram. Ban depan: 130/90-16, ban belakang: 150/80-16. Harga sekitar 72 juta Rupiah. Warna: Silver, Brown, Gray, Black

Honda Rebel 250 ABS 2019. Spesifikasi utama: 2190 mm, lebar keseluruhan 1090 mm, tinggi keseluruhan 1090 mm, jarak sumbu roda 1490 mm, ketinggian jok 690 mm. Berat: 170 kg, mesin: DOHC 4 katup silinder tunggal 4-tak berpendingin cair, kapasitas: 249cc, output power: 26ps/9.500 rpm, torsi: 2,2 kg-m/7.750 rpm, transmisi: 6-gear tipe return, kapasitas tangki bahan bakar: 11 L. Rem depan: cakram, rem belakang: cakram. Ban depan: 130/90-16, ban belakang: 150/80-16. Harga sekitar 72 juta Rupiah. Warna: Silver, Brown, Gray, Black

Rangkanya terbuat dari bahan baja model diamond dengan high tensile strength steel. Swingarmnya juga terbuat dari baja yang dikombinasikan dengan twin shock. Selain itu, motor ini memakai velg depan dan belakang berukuran 16 inci dan ban tebal yang dipilih untuk menciptakan penampilan berkelas tinggi. Lampu depan bulat mika kacanya juga terlihat menawan.

Rangkanya terbuat dari bahan baja model diamond dengan high tensile strength steel. Swingarmnya juga terbuat dari baja yang dikombinasikan dengan twin shock. Selain itu, motor ini memakai velg depan dan belakang berukuran 16 inci dan ban tebal yang dipilih untuk menciptakan penampilan berkelas tinggi. Lampu depan bulat mika kacanya juga terlihat menawan.

Ketinggian jok yang dibuat menjadi 690 mm dan rangka model rampingnya membuat grounding lebih nyaman. Tubuh bagian atas sedikit dicondongkan ke depan (test rider memiliki tinggi badan 175 cm dan berat 62 kg).

Ketinggian jok yang dibuat menjadi 690 mm dan rangka model rampingnya membuat grounding lebih nyaman. Tubuh bagian atas sedikit dicondongkan ke depan (test rider memiliki tinggi badan 175 cm dan berat 62 kg).

Silencer chamber dual (kiri) dengan tampilan solid dan suara yang dihasilkan terdengar nyaman di telinga. Sistem masuk/buang dan pengaturan FI (kanan) dioptimalkan berdasarkan mesin single-cylinder berpendingin cair yang dipakai di CB250R dan motor lainnya.

Silencer chamber dual (kiri) dengan tampilan solid dan suara yang dihasilkan terdengar nyaman di telinga. Sistem masuk/buang dan pengaturan FI (kanan) dioptimalkan berdasarkan mesin single-cylinder berpendingin cair yang dipakai di CB250R dan motor lainnya.

Shock depan tipe upright dengan diameter fork 41 mm dan lebar 230 mm diatur ke sudut 30 derajat untuk sudut caster 28 derajat. Selisih dua derajat tersebut untuk mengoptimalkan trail (110mm).

Shock depan tipe upright dengan diameter fork 41 mm dan lebar 230 mm diatur ke sudut 30 derajat untuk sudut caster 28 derajat. Selisih dua derajat tersebut untuk mengoptimalkan trail (110mm).

Motor ini juga memiliki tampilan panel indikator yang mudah dilihat. Dilengkapi dengan layar LCD sederhana berdiameter 100 mm dan backlight berwarna biru. Stangnya memakai ukuran inci.

Motor ini juga memiliki tampilan panel indikator yang mudah dilihat. Dilengkapi dengan layar LCD sederhana berdiameter 100 mm dan backlight berwarna biru. Stangnya memakai ukuran inci.

Tangki bahan bakar (kiri) yang menjadi ciri khas Rebel 250. Tutupnya berukuran kecil dan kunci ditempatkan di bagian bawah kiri tangki. Jok belakang (kanan) dapat dilepas dengan satu baut. Spakbor belakangnya terbuat dari plat besi yang dengan proses press molding dan dudukan joknya terbuat dari aluminium dengan proses casting; keduanya dapat dilepas dengan mudah.

Tangki bahan bakar (kiri) yang menjadi ciri khas Rebel 250. Tutupnya berukuran kecil dan kunci ditempatkan di bagian bawah kiri tangki. Jok belakang (kanan) dapat dilepas dengan satu baut. Spakbor belakangnya terbuat dari plat besi yang dengan proses press molding dan dudukan joknya terbuat dari aluminium dengan proses casting; keduanya dapat dilepas dengan mudah.

Terlihat seperti motor cruiser, namun dapat berlari layaknya motor naked

Penjualan Teratas Motor Mini (lihat tabel di bawah). Rebel 250 berada di posisi teratas menunjukkan bahwa Rebel 250 merupakan motor favorit untuk dipakai sehari-hari.

Penjualan motor mini tahun 2018: PCX 150 turun satu peringkat. Mungkin alasannya adalah pengendara lebih memilih motor cruiser mini dari keempat produsen Jepang.

Penjualan motor mini tahun 2018: PCX 150 turun satu peringkat. Mungkin alasannya adalah pengendara lebih memilih motor cruiser mini dari keempat produsen Jepang.

Mesinnya tidaklah memakai mesin berpendingin udara maupun v-twin yang menandakan motor cruiser. Melainkan, motor ini memakai mesin berpendingin cair single-cylinder yang didesain secara khusus (kanan). Sistem masuk/buang dan pengaturan FI dioptimalkan berdasarkan mesin berpendingin cair single-cylinder yang dipakai di CBR250 dan motor lainnya. Hal yang mengesankan adalah mulusnya mesin saat dipacu dengan kecepatan 40-60 km/jam dan suara knalpotnya juga terdengar nyaman di telinga. Karena tidak ada tachometer, maka perhitungan rpm nya adalah jumlah perputaran top 6-gear 100 km/jam sehingga sekitar 6.200 rpm. Walaupun hanya single-cylinder, tapi cukup mulus ketika dipacu pada kecepatan tinggi dan output powernya juga lumayan besar. Dan, tak kalah penting, pengoperasian kopling dan persneling pun sangat ringan.

Handling-nya juga mudah. Motor ini mampu bermanuver dengan lincah dengan ban depan dan belakang berukuran tebal, tinggi jok yang rendah, dan shock depan upright. Karena sangat mudah bermanuver, rasanya seperti mengendarai motor naked. Steering angle dan grounding yang nyaman pun juga menjadi kelebihan motor ini. Motor berkapasitas 250 cc ini memiliki jarak sumbu rodanya 1.490 mm sehingga turning force-nya tidak terlalui tinggi. Namun, jika Anda mencoba cornering dengan kemiringan tajam, footstep motornya akan langsung menyentuh tanah.

Suspensinya cukup nyaman, begitu pula dengan ban depan belakang dan rangka baja fleksibelnya. Performa remnya bagus, terutama rem belakang yang sangat mudah dikendalikan.

Ruang untuk memuat barang lumayan kecil

Tidak ada hook untuk barang dan ukuran jok belakangnya lumayan kecil, sehingga sulit untuk memuat barang besar di motor ini. Namun, saddlebag dan bracket box termasuk part OEM dan terdapat pula opsi yang ditawarkan oleh brand-brand lain.

Kesimpulan: Honda Rebel 250 adalah motor yang sangat mudah dikendalikan dan harganya pun masih dapat dikatakan terjangkau.

Test ride ini menggunakan motor Honda Rebel spesifikasi ABS. Ban belakang terasa sangat ringan dan mudah dikendalikan. Dengan seluruh spesifikasinya yang apik dan mumpuni, maka tak heran jika motor ini cukup populer.

Terdapat pula Rebel 500 yang memakai mesin dua silinder paralel berpendingin cair 471 cc. Output maksimumnya sebesar 46 ps, 20 ps lebih besar dibandingkan Rebel 250 yang sebesar 26 ps. Rebel 500 2019 juga dihadirkan dalam warna baru. Harganya dibanderol sekirar 147 juta rupiah.

Terdapat pula Rebel 500 yang memakai mesin dua silinder paralel berpendingin cair 471 cc. Output maksimumnya sebesar 46 ps, 20 ps lebih besar dibandingkan Rebel 250 yang sebesar 26 ps. Rebel 500 2019 juga dihadirkan dalam warna baru. Harganya dibanderol sekirar 147 juta Rupiah.

Sumber [ Young Machine (Artikel Ditulis dalam Bahasa Jepang) ]

Related post

Return Top