Test Ride Royal Enfield INT650 dan Continental GT650
- 19/07/2019
432 views
Toshihiro Wakayama melakukan test ride motor baru Royal Enfield dengan mesin 2 silinder berpendingin udara. Motor ini diperlihatkan pertama kalinya di Jepang di ajang Tokyo Motorcycle Show dan dirilis bulan Juni lalu. Inilah review test ride Royal Enfield INT650 dan GT650 oleh Toshihiro Wakayama yang diadakan di Phuket, Thailand.
Motor yang sangat nyaman ketika dikendarai
Test ride Royal Enfield INT650 dan Continental GT650 diadakan di Phuket, Thailand. Kala itu, Wakayama sangat bersemangat untuk mencoba test ride dua motor baru tersebut. Namun, ada kekhawatiran baginya tiap kali ia hendak melakukan test ride; ia takut tidak dapat memperlihatkan daya tarik dan performa motor dengan baik. Lalu, ia berpikir bahwa motor ini akan mengeluarkan daya tariknya sendiri seiring dengan perjalanannya dengan motor tersebut sambil menikmati alam tropis Thailand.
Ternyata benar, kemampuan INT650 dan GT650 memang tidak perlu diragukan lagi.
Foot grounding terasa normal dan standar samping dapat dihentakkan dengan mudah dari atas motor. Keseimbangannya juga baik sehingga menunjang keamanan saat berkendara. Motor ini memakai mesin 4-valve SOHC berpendingin udara yang terasa ringan.
Motor ini juga sangat halus saat dipacu pada kecepatan rendah. Dengan memakai kruk as 270 derajat, kenyamanan saat berkendara pun dapat dirasakan.
Selain itu, ukuran motor ini juga ideal untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Sekarang ini banyak motor dengan mesin dua silinder yang berkapasitas besar dan berpendingin cair, sehingga motor ini dapat dinilai sebagai pengingat akan tampilan motor dua silinder yang sejati. Sudut belok 37 derajat yang dimiliki motor ini juga memungkinkan dilakukannya belokan-belokan tajam seperti yang dapat dilakukan dengan motor-motor model lama.
Wakayama menilai bahwa motor ini sangat cocok sebagai motor yang dapat dikendarai ke mana saja ia sukai.
Mesinnya menunjukkan performa yang baik di jalanan umum. Belokan-belokan tajam dengan kecepatan menengah sangat mudah dilakukan dengan adanya 90% torsi maksimum yang dikerahkan pada rentang perputaran 3.000 sampai 7.000 rpm. Output maksimum yang dimiliki motor ini adalah sebesar 47ps dan dapat dipacu hingga kecepatan 120-130 km/jam tanpa masalah.
Getarannya mungkin tidak sehalus motor kelas menengah dengan mesin dua silinder lainnya, namun Wakayama menilai bahwa getarannya tidak terasa mengganggu.
Cornering-nya terasa mantap dan mudah dikendalikan. Memang terasa agak goyah ketika melakukan cornering pada kecepatan 120 km/jam, namun tidak terlalu buruk dibanding motor retro twin lainnya.
Tidak terlalu banyak perbedaan yang signifikan antara motor INT650 yang memiliki model standar dan GT650 dengan model cafe racer-nya. Posisi stang, footstep, bentuk tangki bahan bakar, dan posisi berkendaranya bagi Wakayama sama-sama sangat baik sehingga kedua motor ini memiliki keunggulannya masing-masing.
Bagi Wakayama, GT650 lebih mudah dipakai untuk cornering, namun INT650 terasa lebih nyaman. Meski demikian, GT650 juga tidak membuat tubuh merasa cepat lelah karena tubuh bagian atas tidak diharuskan untuk terlalu membungkuk sehingga berkendara 3 jam pun tidak terasa melelahkan. Hal yang terpenting adalah membuat rider senyaman mungkin berada di atas motor.
Dilengkapi dengan kruk as 270 derajat plus balancer
CEO Royal Enfield
Royal Enfield Continental GT650 dan INT650
Posisi berkendara (test rider memiliki tinggi badan 161 cm dan berat 56 kg)
Spesifikasi
[Royal Enfield Continental GT650 2019] Spesifikasi utama ■ Keseluruhan panjang 2.119 mm, lebar 745 mm, tinggi 1.067 mm, ketinggian jok 820 mm, berat 208 kg ■ 4-stroke berpendingin udara 2 silinder SOHC 4 katup, 648 cc, 47bhp/7.250 rpm 5,3 kg-m/5.250rpm, transmisi 6-speed, kapasitas tangki 12,5 L ■ Rem depan= cakram diameter 320 mm, rem belakang= cakram diameter 240 mm ■ Ukuran ban depan= 100/90-18, ukuran ban belakang= 130/70-18. Harga: 839.000 – 889.000 Yen.
[Royal Enfield INT650] Spesifikasi utama ■ Keseluruhan panjang 2.119 mm, lebar 788 mm, tinggi 1.120 mm, ketinggian jok 805 mm, berat 213 kg ■ 4-stroke berpendingin udara 2 silinder SOHC 4 katup, 648 cc, 47bhp/7.250 rpm 5,3 kg-m/5.250rpm, transmisi 6-speed, kapasitas tangki 12,5 L ■ Rem depan= cakram diameter 320 mm + kaliper 2 pot, rem belakang= cakram diameter 240 mm + kaliper 1 pot ■ Ukuran ban depan= 100/90-18, ukuran ban belakang = 130/70-18. Harga: 839.000 – 889.000 Yen.