Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

  • 06/12/2019
  •  451 views

test ride suzuki gixxer 250 sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Suzuki telah memperkenalkan motor full fairing Gixxer 250 SF versi India untuk kelas 250cc, yang terkenal akan popularitas dan persaingan antar pabrikan, dengan inovasi terbaru mesin berpendingin oli. Suzuki menilai bahwa sudah banyak motor berpendingin cairan sehingga mereka ingin sesuatu yang berbeda. Terbukti, mesin berpendingin oli ini sukses menjadi fitur spesial dan menarik perhatian banyak pihak. Motor ini akan ditampilkan di Tokyo Motor Show dan mari kita lihat bagaimana spesifikasi versi Jepangnya. Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai Suzuki Gixxer 250 SF lengkap dengan test ride-nya.

hiroshi maruyama - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Test Rider Hiroshi Maruyama: Ahlinya dalam test ride motor full fairing 250 cc, seperti YZF-R25 dan CBR250RR. Tentu saja, ia juga familiar dengan motor yang dilengkapi dengan mesin berpendingin oli.

[Berita Terkait]
Suzuki Gixxer SF 250 dan Gixxer 250 Hadir di Tokyo Motor Show 2019

Mesin berpendingin oli yang dihidupkan kembali setelah 11 tahun dengan teknologi mutakhir!

Tahun ini, Suzuki merilis motor berpendingin oli untuk kelas 250cc yang penuh dengan barisan motor populer. Ditambah, Gixxer 250 SF ini full fairing pula. Lengkap sudah.

Bagi rider sepuh, Suzuki memiliki imej “berpendingin oli” yang kuat. Motor generasi pertama Suzuki yang memakai mesin berpendingin oli adalah GSX-R750 1985 dan selang itu beberapa motor mulai dari motor 4 silinder hingga 1 silinder terus dikeluarkan untuk membentuk lini motor legendaris. Namun, produksi final edition dari GSX1400 2008 sempat dihentikan dan kembali lagi ke mesin berpendingin cairan.

Keuntungan dari mesin berpendingin oli sebenarnya sangat banyak. Sama dengan mesin berpendingin udara, mesin berpendingin oli bisa dirancang dengan ringan dan tingkat pertukaran panasnya sebanding dengan berpendingin cairan. Selain itu, mesin berpendingin oli juga memiliki tenaga dan durabilitas yang tinggi. Suzuki berpikir bahwa banyak yang masih dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dari sistem mesin berpendingin olinya, sehingga memutuskan untuk menghadirkannya kembali ke masa sekarang ini.

Suzuki Gixxer 250 SF SOCS.  suzuki gixxer 250 sf socs - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Suzuki Gixxer 250 SF

Gixxer 250 SF pertama kali dirilis di India. Dengan mesin 249cc berpendingin oli single-cylinder SOHC 4 katupnya yang baru dikembangkan ini, Gixxer 250 SF dapat menyemburkan tenaga sebesar 26,5ps dengan teknologi low-friction dari MotoGP. Ini menandakan Gixxer 250 SF memiliki output 2,5ps lebih besar dari GSX250R yang bermesin 2 silinder berpendingin cairan.

Bobotnya yang ringan juga menjadi nilai tambahnya. Selain mesin berpendingin cairan yang ringan, bobot motor ini hanyalah 161kg menggunakan sasis Gixxer 150 sebagai basisnya. Ini artinya, Gixxer 250 SF bahkan lebih ringan dari GSX250R yang memiliki berat 178kg dan motor teringan sebelumnya Ninja 250 seberat 166kg. Bodi motor ini juga dibuat semakin kekokohannya dan suspensi depan belakangnya juga mengalami peningkatan performa.

Harganya juga murah! Gixxer 250 SF dijual sekitar 56 juta Rupiah (setengahnya dari CBR250RR dan lebih murah dari Ninja 250 dan YZF-R25 Bahkan, motor ini juga lebih murah dari GSX250R yang dinilai memiliki performa yang mumpuni). Jadi, banyak keuntungan yang diperoleh dari Gixxer 250 SF.

Di Asia, 250cc adalah kelas motor top, sedangkan kelas 150cc dianggap mainstream dan realistis dari segi finansial. Dan, rasanya agak nanggung jika hanya membeli motor 150cc jika dengan tambahan sedikit lagi, Anda dapat membeli Gixxer 250 SF ini.

Lalu, bagaimana dengan performa larinya? Simak test ride Suzuki Gixxer 250 SF yang dilakukan Hiroshi Maruyama.

[Berita Terkait]
MT-09 vs Speed Triple S: Mana Motor 3 Silinder yang Lebih Unggul?

Lebih cepat dari GSX series. Rotasi tinggi, kualitas tinggi.

Motor ini memiliki desain yang bagus. Tekstur dari detail seperti pada bagian inner cowl-nya patut diperhitungkan. Motor ini juga menyajikan tampilan yang sporty dan keren. Dari awal motor ini dinyalakan, kualitas mesinnya sudah terasa sangat baik. Mesinnya dapat bergerak dengan akurat dengan suara mekanis yang tidak bising. Suara knalpotnya terdengar dengan jelas dan mantap.

Ketika coba digas, rotasinya terasa halus dan responsif dari 3.000 hingga 4.000rpm. Karena memiliki torsi penuh mulai dari kecepatan rendah, motor ini juga memiliki kontrol yang baik saat dikendarai di jalanan yang banyak lampu merahnya.

Tenaganya lebih menggetarkan saat dibawa pada kecepatan tinggi 8.000 rpm lebih. Bahkan saat tachometer menunjukkan skala 10.000rpm yang mulai memasuki zona merah pun tenaga yang dikeluarkan motor ini amatlah dahsyat. GSX250R memiliki stroke yang panjang dan karakteristik output yang luar biasa, power-nya juga mencapai puncaknya pada 8.000rpm, namun Gixxer 250 SF lebih terasa kesan sporty-nya pada rotasi tinggi.

Aksi di Tikungan Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF aksi di tikungan test ride suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Posisi berkendaranya juga nyaman karena motor ini ramping dan ringan seperti halnya motor kelas 125cc. Karena karakteristik output yang tinggi dan bodi yang ringan, maka berbelok kanan kiri dan di persimpangan pun terasa lincah. Karena kedua kaki dapat mencengkram footstep-nya dengan baik, putar balik pun tidak masalah dan dapat dieksekusi dengan mulus. Dengan kata lain, handling Gixxer 250 SF unggul dibandingkan dengan rivalnya.

Saat memasuki jalan bebas hambatan, berkendara dengan Gixxer 250 SF tambah mengasyikkan. Mesinnya sangat baik dan motornya terasa sunyi saat dipacu pada kecepatan 100km/jam. Kualitas mesin berpendingin oli ditunjukkan di sini. Shock depan model upright yang bergerak dengan soft spring rate walau bertipe rigid ditambah dengan jok yang tebal membuat berkendara menjadi sangat nyaman. Bodi motor memang kecil, namun motor ini termasuk stabil saat kecepatan tinggi. Dengan mesin yang bertenaga dan kaki-kaki yang solid, motor ini dapat berlari dan berpindah haluan tanpa masalah.

Windshield-nya juga menghadirkan perlindungan yang oke. Tidak hanya dapat menghalau angin dari depan, namun juga dapat menghalau angin yang bergerak ke arah bawah motor. Selain itu, karena bodi atasnya dinaikkan, berkendara jarak jauh juga tidak mudah lelah.

Memang GSX yang berukuran besar terasa lebih stabil dan cocok untuk berkendara jarak jauh dan touring. Namun, jika Anda lebih mementingkan motor yang dapat berlari pada kecepatan tinggi, Gixxer 250 SF adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda.

Motor sporty dengan harga terjangkau plus mesin berpendingin oli terbaru

Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF oleh Hiroshi Maruyama test ride gixxer 250sf hiroshi maruyama - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Keseimbangan Gixxer 250 SF saat berbelok cukup stabil.

Performa motor ini di tikungan lebih lincah dibandingkan GSX karena didukung dengan mesin berpendingin oli yang berputar pada 10.000 rpm ditambah dengan bodi ringan dan kaki-kaki yang empuk. Ban depan belakangnya juga menyempurnakan handling motor ini.

Tangkinya berukuran sedang dan untungnya tidak menghalangi kenyamanan berkendara. Remnya sangat pakem, jelas karena remnya memakai produk ByBre. Walaupun agak sulit mengaplikasikan rem hingga ABS diaktifkan, panic brake-nya bekerja dengan baik.

Maruyama berkendara seputar Hakone, Jepang, dan ia sangat menikmati pemandangan yang disuguhkan sepanjang Ashinoko Sky Line dan Nagao Pass. Ia pun terus berganti-ganti kecepatan antara mid hingga high speed corner. Gixxer 250 SF dirancang untuk mengurangi beban pada suspensi dan ban saat berbelok.

Mesin, bodi motor, suspensi, dan remnya berdesain agak menonjol dan tidak ada yang berdesain rendah. Akibatnya, motor dapat terkena dampaknya saat berbelok dengan kemiringan tajam sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

Kecepatan menunjukkan angka 152km/jam pada 10.000rpm 6-speed. Fungsi limiter akan menyala di sini, namun masih ada ruang untuk lebih memaksimalkannya dan potensi yang dimiliki mesin berpendingin olinya sangatlah tinggi.

Selain itu, Gixxer 250 SF termasuk motor sporty yang dapat berbelok dengan mulus pada kecepatan tinggi. Motor ini memang dirancang untuk sporty riding di jalanan umum, jadi jika Anda tertarik memacunya di sirkuit, motor ini masih kalah dengan CBR series. Namun, Gixxer 250 SF memiliki daya tarik dalam aspek harga murah dan perlengkapan tinggi, sehingga masih masuk perhitungan.

Mesin berpendingin oli terbarunya memungkinkan untuk sporty riding dengan motor ini tanpa masalah yang berarti. Ini adalah esensi dari sistem berpendingin oli terbaru Suzuki dan ini juga menunjukkan keseriusan Suzuki dalam mengembangkannya. Luar biasa.

Bagi Anda yang ingin memiliki motor sporty dengan harga murah, motor ini dapat menjadi pilihan yang terbaik. Motor ini sangat direkomendasikan pula untuk para rider pemula karena handling-nya yang baik.

Harga Suzuki Gixxer 250 SF

Harganya sekitar 56 juta Rupiah. Untuk motor sekaliber ini, harganya termasuk murah.

Tampilan Sporty Suzuki Gixxer 250 SF tampilan sporty suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Tampilan dari Gixxer 250 SF yang mirip GSX-R series. Karakter sporty yang keren.

Panel Meter Suzuki Gixxer 250 SF panel meter suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Full digital meter dengan visibilitas sempurna. LCD-nya merupakan desain terbaru yang berbeda dari versi 150cc. Selain indikator posisi gigi dan fuel gauge, panel meternya juga dilengkapi dengan lampu shift timing di bagian tengah atas. Ada kata “GO” saat kunci kontak dalam posisi ON.

Lampu Depan Suzuki Gixxer 250 SF lampu depan suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Berbeda dari Gixxer 150, Gixxer 250 SF ini memakai lampu depan LED. Desainnya juga eksklusif dan ada dua mata vertikal yang khas GSX-R dan Gixxer 250 SF memiliki bagian samping yang lebar.

Lampu Belakang Suzuki Gixxer 250 SF lampu belakang suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Lampu belakang LED. Lampu seinnya memakai lampu bohlam, namun kesannya dipertegas dengan penggunaan mika bening. Jok belakangnya dilengkapi dengan behel.

Kaliper Rem Depan ByBre kaliper rem depan bybre - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Kaliper depannya bertipe one-piece push-up dari ByBre. Diameter cakramnya lebih besar dari Gixxer 150, yakni dari 266mm menjadi 300mm yang menambahkan performa pengeremannya.

Kaliper Rem Belakang ByBre kaliper rem belakang bybre - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Kaliper belakangnya juga dari ByBre dengan tipe single pot. Bagian depan dan belakangnya dilengkapi ABS 2-channel. Velgnya yang menawan menyempurnakan keseluruhan penampilan motor ini.

Suspensi Belakang Suzuki Gixxer 250 SF suspensi belakang suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Suspensi belakangnya tambah kokoh. Selain itu, swingarm, pipa tengah sasis, dan steering head-nya juga ditingkatkan durabilitasnya.

Ban Suzuki Gixxer 250 SF ban suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Ban depan dan belakangnya bertipe radial dengan ban belakang ukuran lebar 10mm. Memakai brand MRF asal India.

Silencer Suzuki Gixxer 250 SF silencer suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Silencer-nya dirancang secara khusus untuk mesinnya. Bagian ujungnya berbentuk kotak yang lebih mewah ketimbang sebelumnya yang berbentuk bulat.

Perlengkapan Bawah Jok Suzuki Gixxer 250 SF perlengkapan bawah jok suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Di balik jok belakangnya ada perlengkapan pertolongan pertama. Di bawah jok ada peralatan motor dan 2 hook atau kait yang berfungsi sebagai holder.

Mesin berpendingin oli adalah mesin tipe efisiensi tinggi dengan cara kerja seperti mesin berpendingin cairan

Suzuki Oil Cooling System (SOCS) suzuki oil cooling system socs - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Selang mesin berpendingin oli dipasang di sekitar silinder untuk memutarkan oli dingin. Sistemnya sama seperti mesin berpendingin cairan. Mesin berpendingin oli ini diberi istilah SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Posisi berkendara yang seimbang antara sporty dan kenyamanan

Posisi Berkendara Suzuki Gixxer 250 SF posisi berkendara gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Walaupun memakai stang jepit, posisi berkendaranya tetaplah relaks. Lutut menekuk dengan nyaman dan berkendara jarak jauh tidaklah masalah. Tangkinya memiliki ukuran yang sedang, namun tidak menghalangi Anda ketika Anda berkendara dalam posisi membungkuk. Jika Anda memiliki postur badan yang kecil, Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap dapat mencengkram motor dengan baik. (Tinggi badan test rider 168cm dan berat 61kg).

Variasi warna

Warna Suzuki Gixxer 250 SF warna suzuki gixxer 250sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Selain warna matte metallic black yang dipakai untuk test ride ini, tersedia dua warna lainnya: matte silver dan extra (MotoGP). Warna motor MotoGP = warna replika GSX-RR yang ada di SOX. Rencananya akan menjadi warna basis motor ini.

Bagaimana posisi Gixxer 250 SF dibandingkan motor lainnya?

Walaupun motor ini tergolong murah, namun kualitasnya tidak main-main

Gixxer 250 SF hadir dengan mesin berpendingin oli yang unik. Karena ini adalah motor yang mengedepankan cost-performance, ada perbedaan dari segi performa dibandingkan Ninja dan R25. Rival terdekat Gixxer 250 SF adalah GSX250R dari famili yang sama. Namun, karakternya berbeda; Gixxer adalah motor yang ringan, bertenaga, dan sporty, sedangkan GSX memiliki karakter motor tourer yang kuat. Silakan pilih karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ngomong-ngomong soal cost-performance, GSX memang menakjubkan, namun Gixxer berhasil melampauinya. Harganya lebih murah 19 jutaan dari GSX, namun Gixxer 250 SF adalah motor sport di kelas 250cc yang paling lengkap dari segi spek dan harga. Jadi, motor ini termasuk nomor 1 untuk urusan cost-performance.

Character map motor sport 250cc

Character Map Motor 250cc character map motor 250cc - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Tabel Spesifikasi Gixxer 250 SF dan GSX250R

Spesifikasi Gixxer 250 SF dan GSX250R spesifikasi gixxer 250sf gsx250r - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Sumber: Young Machine (terjemahan)

Gixxer 150 SF berpendingin udara

Test Ride Gixxer 150 SF test ride gixxer 150sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Gixxer 150 SF yang merupakan basis dari versi 250cc nya dilengkapi dengan mesin 154cc berpendingin udara. Walaupun tidak terlalu bertenaga saat putaran tinggi, motor ini memiliki torsi yang mumpuni pada putaran rendah dan sedang. Selain itu, bodinya lebih ringan dari Gixxer 250 dan lumayan kokoh. Performanya saat berbelok juga baik terutama dapat dilakukan saat kecepatan tinggi. Ukuran bodi Gixxer 150 SF sudah pas dan windshield-nya juga dapat menghalau angin dengan baik sehingga Anda tidak akan cepat lelah. Kelebihan lainnya adalah foot grounding Gixxer 150 SF lebih baik ketimbang versi 250cc nya.

Suzuki Gixxer 150 SF gixxer 150 sf - Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Gixxer 150 SF ■ 154,9cc 2 katup SOHC single-cylinder berpendingin udara. 14,8ps/8.000rpm 1,43kg-m/6.000rpm ■ Tinggi jok 780mm, berat 140kg 5-speed, kapasitas tangi 12L ■ Harga: sekitar 34,5 juta Rupiah

Sumber [ Young Machine ]

[Baca Juga]
Motor Listrik Terbaik 2019 Versi MCN

Related post

Return Top