Spesifikasi dan Review XSR155: Motor Bergaya Klasik yang Irit Bahan Bakar
- 13/12/2019
1,288 views
Spesifikasi dan Review XSR155
Selain gayanya yang menyuguhkan tampilan klasik, ada banyak poin keunggulan dari XSR155, termasuk konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Artikel kali ini akan membahas mengenai XSR155 secara komprehensif lengkap dengan spesifikasi dan ulasannya.
Desain XSR series memang klasik dan keren!
Motor ini memiliki kapasitas mesin yang agak kecil, yakni 155cc. Namun, XSR155 memiliki pancaran aura yang serupa dengan XSR700 dan XSR900. Ini yang menjadikan XSR155 sebagai motor yang patut diperhitungkan. Gayanya neo-klasik dan terlihat keren.
Mari kita bandingkan ukuran dan berat XSR155 dengan Suzuki Gixxer yang memiliki kapasitas mesin hampir sama.
Panjang, Lebar, Tinggi
・XSR155: 2.000mm, 805mm, 1.080mm
・Gixxer: 2.005mm, 785mm, 1.030mm
Berat
・XSR155: 134kg
・Gixxer: 135kg
Jika dilihat dari data di atas, XSR155 dan Gixxer memiliki spek yang hampir sama dari segi kuantitas. XSR155 memiliki ukuran yang serba nanggung; sedikit lebih kecil dari motor 250cc dan lebih bongsor dari 125cc.
Pijakan ke tanah
Tinggi Jok
810mm
Joknya lumayan tinggi. Jika dibandingkan dengan Gixxer yang memiliki tinggi jok 785mm, ZXR155 memang memiliki jok yang agak tinggi di kelasnya.
Jika tinggi badan Anda 155cm, mungkin Anda akan kesulitan menjejakkan kedua kaki ke tanah. Namun, setidaknya Anda masih bisa bertumpu pada satu kaki.
XSR155 tergolong motor yang ringan, jadi tidak masalah!
Jika Anda memiliki tinggi badan kisaran 165-170cm, maka Anda dapat menaiki dan menjejakkan kedua kaki Anda ke tanah dengan sangat mudah.
Sudah dilengkapi dengan lampu LED
Lampu depan dan lampu belakangnya dilengkapi dengan LED, sehingga motor ini memiliki sistem penerangan yang baik. Lampu seinnya masih menggunakan bohlam, namun memakai mika bening yang cocok dengan keseluruhan tampilan motor ini.
Lampu Depan
Saat low beam, hanya bagian bawahnya saja yang menyala. Jika diubah ke high beam, bagian atas dan bawah akan menyala. Penerangannya sangat baik.
Lampu Belakang
Lampu belakangnya tipe bulat dan berukuran kecil yang juga menyala di bagian luar lingkarannya sebagai lampu senja. Lampu di bagian tengahnya akan menyala ketika Anda mengaplikasikan rem. Cahayanya cukup menyilaukan.
Dudukan lampu seinnya memiliki tampilan yang mewah dan memberikan kesan mendetail.
Panel meter dengan visibilitas sempurna dan informasi lengkap
Panel meternya dapat dibaca dengan mudah baik saat siang maupun malam hari. Anda dapat melihat informasi seperti indikator posisi gigi, fuel meter, odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, dan jarak tempuh.
Tingkat pencahayaan pada bagian backlight-nya dapat diatur dalam tiga tingkatan. Urutannya adalah bL-01 →bL-02 → bL-03 (semakin tinggi semakin terang).
Stang dan Footstep
Stangnya model naik, namun rasanya sedikit kurang nyaman karena bentuknya yang mengharuskan Anda untuk melebarkan lengan Anda.
Saklarnya memakai model saklar pada umumnya, namun jenisnya adalah cell switch dengan built-in kill switch dan tampilannya cukup kekinian. Selain itu, saklar lampu seinnya sangat mudah digerakkan untuk menghidupkan dan mematikan lampu.
Footstep-nya terbuat dari aluminium yang kokoh. Daya cengkram footstep motor ini cukup kuat ketika Anda meletakkan kaki Anda di atasnya.
Suspensi yang membuat motor dapat bergerak dengan lincah
XSR155 memakai shock depan tipe upside down. Kaliper remnya memiliki power pengereman yang mumpuni dan rasanya cukup stabil walau motor dijalankan seharian.
Suspensi belakangnya sepertinya lebih ditujukan untuk rider Asia dan cocok untuk dipakai berkendara di jalanan biasa.
Jok
Joknya terlihat bagus, namun kurang empuk. Setelah berkendara sekitar satu jam, pinggul akan terasa sakit. Jika Anda ingin berkendala cukup lama, disarankan untuk memakai bantalan jok untuk meningkatkan kenyamanan Anda. Dan, karena permukaan joknya lumayan lebar, maka kaki Anda akan terpaksa lebih membuka ketika duduk di atas motor ini. Namun, joknya memang terlihat keren.
Ini adalah tampilan bagasi bawah joknya. Hampir tidak ada ruang yang tersisa untuk penyimpanan.
Mesin yang menyuguhkan performa bertenaga!
Mesinnya memakai mesin single cylinder 4-tak berpendingin cairan berbasis MT-15. Memiliki fitur VVA (Variable Valve Actuation) yang baru aktif saat putaran mesin mencapai lebih dari 7.000 rpm. Ketika VVA diaktifkan, akan muncul indikasinya di sebelah posisi gigi di panel meter.
Mesinnya sendiri sudah terasa bertenaga sejak kecepatan rendah, sehingga mudah dikendarai.
Idealnya, motor ini dipacu pada gigi keenam pada 6.000 rpm. Kapasitas mesinnya memungkinkan motor ini masuk jalan bebas hambatan di Jepang dan tenaga yang dimiliki motor ini juga cukup untuk memacu motor di jalanan mulus seperti itu karena motor ini dapat berakselerasi dengan baik.
Kuncinya berbentuk misterius
Ini adalah kunci dengan desain yang belum pernah ada sebelumnya. Sepertinya memang sengaja didesain agar sulit diduplikasi dan untuk mencegah pencurian.
Test rider mencoba pergi bekerja mengendarai XSR155 selama seminggu. Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?
Test rider mencoba mengendarai XSR155 selama lima hari untuk pulang pergi bekerja. Satu hari kira-kira menempuh jarak 40 km.
Sempat terhalangi banyak lampu merah dan kemacetan
Pertama-tama, motor diuji dengan dikendarai di jalanan dengan kecepatan tinggi. Hasilnya, motor ini dapat berjalan dengan mulus. Lingkungannya juga mendukung untuk berkendara tanpa stress.
Berikutnya, motor dikendarai di dalam kemacetan dengan kecepatan rendah.
Karena koplingnya ringan, pengoperasian tidak terasa melelahkan walau harus menahan dan melepas handle beberapa kali.
Mengendarai motor ini di tengah kemacetan tidaklah sulit.
Test rider beberapa kali stop & go dan ia tidak menyangka konsumsi bahan bakarnya menunjukkan angka yang mengejutkan.
Hasilnya adalah…
Konsumsi bahan bakarnya hanyalah 43,4 km/L selama lima hari penggunaan dengan total jarak tempuh sekitar 200 km.
Bagus sekali! Tidak menyangka XSR155 sangat irit bahan bakar.
Ini yang menjadikan XSR155 cocok sebagai motor yang menemani Anda berpergian ke sana ke mari.
Jika Anda mengendarainya di jalanan lengang tanpa banyak berhenti, pasti konsumsi bahan bakarnya akan jauh lebih irit lagi. Motor ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang aktif.
Harga
Di Jepang, XSR155 dijual seharga 429.000 Yen atau sekitar 54,6 juta Rupiah. Sulit membandingkannya dengan motor lain karena sedikitnya motor dengan kapasitas mesin yang sama. Namun, XSR155 dapat dipastikan lebih unggul di kelasnya.
Mengingat Anda sudah dapat memiliki motor sekaliber ini lengkap dengan perlengkapan dan performanya yang mumpuni ditambah beberapa keunggulannya, dapat dikatakan harga motor ini tergolong terjangkau dan dijamin Anda akan puas.
Kesimpulan
XSR155 adalah motor yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan Anda karena speknya yang cukup lengkap ditambah dengan penampilannya yang menarik. Selain itu, motor ini juga dibekali performa lari dan efisiensi bahan bakar yang baik sekali.
Anda juga bisa touring dengan motor ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai motor utama yang dipakai sehari-hari ke mana saja. XSR155 sangatlah dapat diandalkan!