Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

  • 10/01/2020
  •  1,526 views

Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor tips membersihkan dan melumasi rantai motor - Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

Rantai merupakan salah satu komponen motor yang penting. Rantai dipakai untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan dari transmisi ke roda belakang. Transmisi tenaga semacam ini telah digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Mulai dari motor Super Cub hingga motor MotoGP, memelihara rantai motor dengan baik adalah kunci menjaga performa motor jenis apapun agar tetap maksimal.

Rantai yang rutin dibersihkan dan dilumasi dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang masa pakai rantai itu sendiri. Artikel ini akan membahas dengan lengkap tips membersihkan dan melumasi rantai motor yang tepat dan efisien.

Rantai sebaiknya dibersihkan dan dilumasi tiap 500 km atau setelah terkena air hujan

Cara Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor cara membersihkan dan melumasi rantai motor - Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

Umumnya rantai dibersihkan dengan pembersih rantai. Namun, jika noda oli sudah terkumpul hingga membentuk substansi seperti liat, disarankan untuk menghilangkannya dengan cairan penetran yang tidak merusak seal karet rantai. Cara ini terbukti efektif.

Rantai kerap kali mengerahkan gaya yang besar akibat daya tarik torsi selama proses akselerasi dan deselerasi.

Pada akhir tahun 1970-an, muncul rantai dengan ring yang berfungsi sebagai seal untuk menjaga pelumas tetap berada di antara dua lempengan mata rantai. Rantai jenis ini terhitung lebih awet dibandingkan dengan rantai tanpa ring.

Walaupun memang benar adanya jika masa pakai rantai ring dapat lebih lama berkat seal rantai, ini bukan berarti Anda cukup mengandalkan seal ini saja untuk menjaga rantai Anda agar tetap bekerja dengan baik. Anda juga harus melakukan pemeliharaan secara rutin, seperti melumasi bagian luar rantai.

Anda perlu membersihkan seal karet yang terletak di antara roller yang mengenai gigi, antara roller dengan bush, dan antar sambungan di kedua sisi rantai. Bersihkan secara menyeluruh lalu aplikasikan oli ke sisi luar rantai.

Menurut produsen rantai, membersihkan dan melumasi rantai sebaiknya dilakukan tiap 500 km atau setelah rantai terkena air hujan.

Jangan sampai berpikiran, “Mungkin mesin motor tidak akan rusak.” atau, “Karena ini rantai dengan seal, maka motor aman-aman saja.”

Harap diperhatikan bahwa jika tidak ada oli di antara sprocket dengan roller, maka lempengannya akan saling bergesekan sehingga menjadi cepat aus. Inilah mengapa pemeliharaan rantai penting untuk mencegah hal itu terjadi.

POIN
・Seal yang berada di antara sprocket dan roller serta roller dan bush di kedua sisi rantai perlu dilumasi
・Pembersihan dan pelumasan dilakukan tiap 500 km atau setelah terkena air hujan.
・Pemeliharaan rantai penting untuk mencegah rantai cepat aus.

Bersihkan rantai dengan pembersih yang tidak merusak seal karet

Cara Membersihkan Rantai Motor cara membersihkan rantai motor - Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

Rantai dibersihkan dengan menyemprotkan pembersih rantai atau cairan penetran. Diamkan beberapa saat lalu sikat dengan sikat khusus atau sikat gigi sampai kotoran hilang. Semprotkan kembali rantai dengan cairan penetran. Selanjutnya, keringkan rantai dengan lap kering.

Kotoran yang menempel di permukaan rantai dan sprocket berasal dari akumulasi debu dan tanah yang menempel selama motor dipakai. Selain itu, bisa saja terdapat sisa air akibat terpaan air hujan.

Sisa oli yang diaplikasikan ke rantai juga dapat mengendap dan menggumpal. Oleh sebab itu, rantai harus dibersihkan secara berkala karena oli yang kotor dapat menjadi sarang debu dan kotoran.

Untuk membersihkan rantai tipe ring, pilih pembersih yang tidak merusak seal karetnya. Pembersih khusus rantai ini mengandung cairan kimia yang tidak merusak seal karet rantai dan mampu menghilangkan kotoran yang membandel. Jangan gunakan minyak tanah.

Anda juga bisa menggunakan cairan penetran yang disemprotkan ke rantai. Cairan ini tidak akan merusak seal karet dan dapat menghilangkan kotoran yang masuk melalui celah-celah sempit. Setelah disemprotkan, diamkan beberapa saat lalu sikat hingga kotoran hilang.

POIN
・Rantai harus dibersihkan secara berkala
・Gunakan cairan pembersih rantai khusus (jangan gunakan minyak tanah).
・Hilangkan kotoran di celah-celah sempit dengan sikat

Lumasi dengan oli rantai untuk mengurangi gesekan

Cara Melumasi Rantai Motor cara melumasi rantai motor - Bagaimana Tips Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar?

Ada beberapa bagian rantai yang perlu dilumasi, seperti roller rantai yang bergesekan dengan sprocket dan bush yang terdapat di dalam roller. Rantai ring pun perlu dilumasi juga walaupun sudah memiliki seal.

Setelah rantai selesai dibersihkan, maka langkah berikutnya adalah pelumasan. Namun, melumasi rantai juga perlu teknik sendiri karena jika dilakukan sembarangan kemungkinan akan menyebabkan kotoran di sisi lain motor juga ikut masuk ke rantai. Cukup arahkan oli rantai pada bagian yang perlu dilumasi saja.

Bagian yang perlu dilumasi adalah lempengan-lempengan yang saling bergesekan, yakni sprocket dan roller, roller dan bush serta seal karet di sisi kanan dan kiri antara dua mata rantai. Oli dengan jumlah cukup di seal karet rantai berfungsi untuk mengurangi resistensi antara plat dan karet serta menghindari aus di bagian seal karet itu sendiri.

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih oli rantai. Hindari penggunaan oli rantai yang dapat menyebabkan kerusakan pada seal karet. Amannya, gunakan oli dari produsen rantai.

Oli rantai yang bagus sekalipun tidak dapat menjamin keawetan rantai. Maka dari itu, pembersihan dan pelumasan rantai harus dilakukan pada rentang waktu dan jarak yang telah ditentukan oleh produsen rantai atau saat debu dan kotoran serta cairan sudah mengendap di rantai. Jangan sampai membiarkannya dalam waktu yang lama.

Pembersihan dan pelumasan lebih baik dilakukan begitu rantai panas setelah motor dikendarai sehingga cairan kimia dapat masuk ke celah-celah rantai secara lebih cepat. Cara ini dinilai lebih efisien.

POIN
・Lumasi bagian yang perlu dilumasi saja
・Lakukan pembersihan dan pelumasan rantai pada waktu yang disarankan oleh produsen
・Cairan kimia dapat masuk lebih cepat ke celah-celah rantai yang panas

Rantai tipe ring juga perlu dilumasi secara berkala

Rantai dan sprocket memiliki lempengan logam yang saling bergesekan satu sama lain sehingga perlu dilumasi untuk menghindari aus. Pembersihan dan pelumasan perlu dilakukan untuk kedua jenis rantai, baik rantai biasa maupun rantai ring. Lakukan pemeliharaan rantai secara rutin agar tetap awet dan tahan lama.

POIN
・Pembersihan dan pelumasan rantai dilakukan tiap 500 km atau setelah terkena air hujan
・Pemeliharaan rantai penting dilakukan secara rutin
・Lumasi bagian yang perlu dilumasi saja

Sumber [ Webike Magazine ]

Related post

Return Top