Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

  • 21/09/2020
  •  402 views

Tips Mencegah Tangki Motor Mudah Karatan tips mencegah tangki motor mudah karatan - Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

Apakah Anda tahu bahwa tutup tangki yang digunakan di motor on-road memiliki fungsi draining atau pembuangan untuk mengeluarkan bahan bakar yang tumpah dan air hujan yang berhasil masuk ke motor?

Jika selang pembuangan itu tersumbat, air dapat mengendap di tangki dan menyebabkan karat yang dapat menimbulkan masalah pada motor Anda.

Cek apakah selang pembuangan dapat berfungsi dengan baik sebelum terjadi kerusakan yang serius.

Sistem pembuangan pada tutup jenis “airplane cap”

Tutup Tangki Motor tutup tangki motor - Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

Tutup tangki jenis airplane cap seperti ini tidak menonjol seperti tutup yang lain sehingga permukaan tangki dapat berbentuk datar, namun mulut pengisiannya ada di posisi lebih rendah.

Selang pembuangan adalah bagian berfungsi penting mencegah air menggenang di sekitar tutup tangki dan berpotensi merembes ke dalam. Tangki pada gambar di atas sudah karatan di area mulut pengisiannya.

Tutup tangki bahan bakar memiliki fungsi yang menyeimbangkan tekanan di dalam dan di luar tangki sekaligus mencegah bahan bakar untuk bocor ke luar. Itulah mengapa semua tutup tangki motor memiliki ventilasi kecil.

Selain itu, ada selang pembuangan di tutup tangki jenis airplane cap yang permukaannya didesain datar. Lubang pengisian di tutup jenis ini bertempat lebih rendah dari permukaan tangki sehingga permukaan atas tangki bisa berbentuk datar.

Di sekitar bagian pengisiannya, ada lubang masuk ke selang pembuangan yang mengeluarkan bahan bakar yang tumpah dan air hujan yang masuk. Selang pembuangan ini masuk ke dalam tangki dan membuka ke bagian bawah body motor.

Poin Penting

・Tutup tangki bahan bakar memiliki ventilasi kecil
・Terdapat pula selang pembuagan untuk tutup tangki jenis airplane cap
・Sistem ventilasi dan pembuangan ini mengeluarkan air hujan dan bahan bakar yang tumpah

Air hujan dapat masuk ke dalam tangki akibat selang pembuangan yang sudah tidak berfungsi dengan baik

Selang Pembuangan Tangki Motor selang pembuangan tangki motor - Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

Selang pembuangan terbuat dari karet dan dimasukkan ke dalam pipa logam yang dilas di bagian bawah tangki. Selang pembuangan ini memanjang dari inlet di sekitar mulut tangki ke outlet di bagian bawah body motor.

Namun, jika selang ini jalannya tidak mulus alias tersumbat, itu akan menimbulkan masalah. Untuk motor dengan selang yang terhubung ke bagian belakang tangki, selang ini kemungkinan tergencet saat jok dibuka dan ditutup sehingga tidak ada jalan keluar bagi air hujan yang masuk. Hal ini menyebabkan air hujan menggenang di sekitar tutup tangki dan masuk ke dalam tangki.

Selain itu, air hujan yang membawa serta debu atau kotoran lainnya dapat mengendap di mulut tangki sehingga selang pembuangan menjadi tersumbat. Karena selang pembuangan yang tidak berfungsi, air hujan yang masuk tidak dapat dikeluarkan dan akhirnya berakumulasi di tangki sehingga menyebabkan karat.

Poin Penting

・Jika selang pembuangannya tersumbat, air hujan dapat masuk ke dalam tangki
・Air hujan yang masuk ke tangki dapat menyebabkan karat

Mari cek fungsi dan kondisi selang pembuangan dengan membuka tutup tangki

Cek Kondisi Selang Pembuangan Tangki Motor cek kondisi selang pembuangan tangki motor - Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

Baut yang mengencangkan tutup tangki dipasang dan dilepas menggunakan kunci yang sangat akurat.

Untuk mengecek kinerja selang pembuangan, tuangkan air ke area tutup tangki dan lihat apakah air itu keluar dari selang yang ada di bagian bawah body motor.

Jika air itu tidak keluar, serap air yang berkumpul di mulut tangki dengan kain lap lalu lepas baut di lingkaran luar tangki dengan kunci. Setelah tutup tangki dilepas, Anda akan melihat bagian selang pembuangan di luar mulut tangki.

Jika Anda punya kompresor angin, Anda bisa pakai ini untuk memberi tekanan di bagian ini untuk membuang kotoran yang menyumbat dan membuka jalannya kembali.

Jika udara tidak tembus, lepas selang untuk mengecek apakah itu tersumbat dengan pipa logam di dalam tangki atau dengan selang karet di luar tangki dan beri tekanan pada masing-masing bagiannya.

Jika selang karet di luar tangki tersumbat, tergencet atau bengkok, lebih baik menggantinya dengan selang yang baru.

Tangki Motor Karatan tangki motor karatan - Tips Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Mudah Karatan

▲ Di model ini, lubang di atas mulut tangki adalah jalan masuknya selang pembuangan. Karena posisinya lebih rendah dari mulut tangki, bahan bakar dan air hujan yang mungkin tumpah saat proses pengisian akan dikeluarkan melalui pipa yang ada di dalam tangki.

Sangat merepotkan jika pipa logam di dalam tangki ini tersumbat. Agar mencegah hal ini terjadi, cek area di sekitar mulut tangki saat proses pengisian bahan bakar di motor yang memakai tutup tangki airplane cap ini. Jika Anda tidak pernah berkendara kala hujan tapi bagian belakang tutup terasa basah, segera cek kondisi selang pembuangannya.

Poin Penting

・Cek kinerja selang pembuangan dengan mencoba memasukkan air ke tutup tangki
・Kotoran yang menempel dapat dikeluarkan dengan kompresor angin
・Jika kondisi selang karetnya sudah tidak bagus, lebih baik menggantinya dengan yang baru

Selang pembuangan penting untuk mengeluarkan bahan bakar yang tumpah dan air hujan yang masuk di mulut tangki

Cek apakah selang pembuangan tangki tersumbat atau tergencet jika motor Anda dilengkapi dengan tutup tangki jenis airplane cap. Kontaminasi air ketika tutup tangki dibuka dan ditutup dapat menyebabkan karat di tangki.

Selang pembuangan yang mengeluarkan air hujan atau bahan bakar yang tumpah saat proses pengisian biasanya tidak terlalu sering dicek, namun bagi Anda yang memiliki motor dengan tutup tangki jenis airplane cap ini harus rajin mengecek apakah selang ini berfungsi dengan baik untuk mencegah timbulnya karat di bagian tangki.

Poin Penting

・Sistem pembuangan pada tangki biasanya jarang dicek, namun sistem ini sangatlah penting
・Pastikan Anda juga rajin memeriksa area di sekitar mulut tangki saat proses pengisian bahan bakar

Related post

Return Top